Seluk Beluk Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran termasuk jenis pondasi yang dalam sebuah konstruksi bangunana. Berencana memakai jenis pondasi untuk bangunan anda? Simak dulu penjelasannya dibawah ini.

Setiap bangunan yang berdiri dimulai dari perencanaan pondasi. Bagaimana rancangan dasar pondasi sangatlah penting karena ini akan berdampak dari bagaimana kekuatan bangunan itu bertahan.

Dalam hal ini, perencanaan pondasi sangatlah penting. Itu meliputi dan mengamati pada berbagai aspek mulai dari bentuk bangunannya akan seperti apa ataupun bagaimana keadaan lingkungan disekitar.

Dalam kesempatannya, pondasi sumuran sering kali dipakai pada pengaplikasian untuk berbagai tipe bangunan, mulai dari bentuk rumah tangga hingga bangunan publik/komersil seperti mall, rumah sakit ataupun sejenis lain. Pada aspek lain, terdapat pula beberapa persyaratan untuk mengaplikasikan jenis pondasi ini.

Lalu, bagaimana sebenarnya seluk beluk dari jenis pondasi satu ini? Yuk, simak ringkasannya dibawah ini

Mengenal Pondasi Sumuran (Cyclop)

pondasi sumuran (juga sering disebut pondasi cyclop) ditandai dengan bentuknya yang bulat memanjan, ini mungkin lebih mirip seperti bentuk tabung atau pipa untuk gambaran simpelnya. Kenapa disebut sumuran tentu saja karena bentuknya yang mirip sumur seperti yang kita lihat di beberapa rumah sekitar.

Baca Juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper Dinding Sebelum Memasangnya

Bahan yang dipakai ialah material beton membentuk sumur. Cara pengaplikasiannya, bentuk tabung atau pipa-pipa tadi di cor ke tempat yang telah dipersiapkan yang kemudian diisikan material batuan pada bagian tengahnya.

Untuk kedalaman dari jenis ini, sering kali digunakan kedalaman yang berkisar antara 3 (tiga) sampai 5 (lima) meter. Dari segi tekstur tanah, biasanya ditempatkan untuk keadaan tanah yang keras.

Alasan Memakai Jenis Pondasi Ini

pondasi sumuran rumah
via: jasa arsitek jogja

Walaupun masih banyak beberapa jenis pondasi lain, pemakaian tipe sumuran punya beberapa kelebihan yang (mungkin) tidak bisa didapat ketika anda memakai jenis pondasi lainnya. 

Alternatif Pondasi Dalam

Jenis pondasi “cyclops” satu ini ialah alternatif terbaik terlebih untuk pondasi dalam. Apalagi jika dalam kondisi material batu yang ada punya stock lebih banyak, proses penggunaannya atau pengaplikasiannya tentu akan lebih mudah dilakukan.

-Tidak Membutuhkan Alat Berat

pondasi sumuran tidak membutuhkan alat – alat berat seperti hal nya pembangunan pada umumnya. Hal tersebut karena jenis pondasi ini dapat dikerjakan secara manual. Tentu, pengerjaannya tetap saja membutuhkan perencanaan supaya lebih terstruktur.

-Relatif terjangkau

Hal ini mungkin akan berkaitan dengan faktor nomor satu diatas. Lebih ekonomis ataupun terjangkau karena penggunaan jenis pondasi ini tidak memerlukan bantuan alat – alat berat di lapangan, yang artinya juga dapat dikerjakan secara manual. Dari sini, aspek cost akan lebih terjangkau.

Baca Juga  9 Model Meja Dapur Minimalis Paling Cocok di Rumah

Hal tersebut tinggal bagaimana berapa banyak tukang yang dipakai dan faktor daerah juga menentukan bagiamana biaya yang dibutuhkan, beberapa daerah mungkin dapat lebih murah lagi homeowners.

pondasi sumuran
via: kladembeton

Kelemahannya

Banyak kelebihan juga bukan berarti tanpa kelemahan, setiap penggunan jenis pondasi apapun tentu saja memiliki “kadar” kelemahannya masing – masing. Walau begitu, hal tersebut tidaklah masalah jika dapat diantisipasi maupun diketahui sejak dini.

Nah, beberapa penjelasan berikut dapat anda jadikan sebagai bahan acuan sebelum penggunaan pondasi sumuran :

-Kemungkinan tanah runtuh

bukan tak mungkin tanah dapat runtuh ketika proses pemasangan dilakuakan. Hal ini bisa saja terjadi ketika pengeboran pondasi sumuran yang tidak dibarengi dengan rencanan antisipasi dahulu. Pentingnya anda mengetahui medan yang akan di pakai ialah salah satunya untuk mencegah hal ini terjadi. 

Langkah antisipasi dapat dilakukan dengan pemasangan casing sebelum semua proses pengeboran dilakukan

-material yang boros

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pondasi sumuran dibuat dari material beton. Nah, ini berarti anda akan memerlukan stock material beton yang tidak sedikit bukan. Itu mungkin akan mengikuti seberapa besar ukuran yang akan dipakai , jika ukuran besar tentu saja itu akan mengikuti seberapa banyak penggunaan material.

-Pengaruh terhadap kepadatan tanah

Ganggunaannya tentu saja tidak jauh – jauh dari berubahnya kondisi tanah. Saat pengeboran dilakukan, itu mungkin saja mempengaruhi akan kepadatan dari tanah yang berbeda dari kondisi sebelumnya.

Baca Juga  21 Desain Teras Rumah Minimalis Modern Yang Bikin Betah

Jika sedari awal kondisi tanah lebih padat, ada kemungkinan kepadatan tanah akan berkurang walaupun tidak terlalu signifikan. Dalam kondisi tanah berkerikil, hal tersebut dapat diantisipasi dengan penggunaan betonite.

Itu tadi penjelasan dari pondasi sumuran beserta seluk beluknya. Anda bisa menentukan mana yang paling sesuai jenis pondasi apakah jenis ini ataupun jenis lain, semoga bermnfaat ya! Cek juga harga kebutuhan rumah seperti mesin pompa pendorong, pompa sumur dalam. pompa sumur dangkal DISINI , konsultasikan juga dengan kami lewat link tautan whatsapp dibawah. GRATIS


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini