IntermezoTips & Trick

Mengenal Semen Instan (Mortar) , Lebih Praktis dan Mudah di Pakai

Semen instan – pembangunan maupun renovasi tentu tidak jauh – jauh dari penggabungan beberapa tipe material pada pengalikasiannya. media perekat jadi salah satu kunci yang menghasilkan pembangunan atau perenovasian yang efektif dan juga terukur.

vitalnya bahan perekat bukan hanya pada alat perkakas maupun perkantoran menggunakan lem, hal ini juga terjadi pada area bangunan dengan menggunakan. sebut saja seperti keramik untuk area bawah bahkan hingga dinding sebagai tempat untuk berlindung dari area luar. penggunaan semen amat membantu untuk kebutuhan – kebutuhan seperti ini.

bicara semen, satu jenis semen yang perlu dipertimbangkan penggunaannya adalah tipe semen instan. lalu, apa bedanya dengan tipe semen pada umumnnya? ayo simak penjelasan dibawah.

Apa itu semen instan?

semen instan sering juga dikenal sebagai mortar, merupakan bahan bangunan yang terdiri dari campuran pasir, air, serta semen dengan tambahan kapur ( zat aditif ) guna meningkatkan daya tahan dari produk itu sendiri.

bahan bangunan satu ini dapat digunakan merekatkan berbagai kebutuhan seperti perekatan batu bata, pemasangan keramik hingga beberapa kebutuhan lain.

fungsinya sendiri masih sama yakni digunakan sebagai bahan perekat untuk berbagai bahan bangunan untuk dipakai , namun dengan penggunaan semen tipe instan seperti ini, perekatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan simpel pada pengaplikasiannya.

Baca Juga  Mengenal Kayu Usuk : Jenis , Jarak Pasang Hingga Harga

Apa bedanya semen instan dan semen biasa?

nah, barang kali anda belum mengetahui beberapa perbedaan antara semen tipe instan dengan semen umum yang biasa digunakan. terdapat beberapa point utama dari segi kegunaan dari 2 tipe bahan bangunan ini

semen instan lebih digunakan untuk sebagai bahan yang mengikat, pengunaannya hanya digunakan memerlukan air dengan campuran dari mortar (semen tipe instan ) itu sendiri. jadi , hal ini lebih simpel ketika digunakan.

sedangkan tipe semen biasa atau konvensional, memerlukan unsur pasir dengan dicampur dengan air dan semen itu sendiri. hal lain, anda juga perlu mencampurkan menggunakan cangkul sebagai alat yang mempermudah.

Tipe semen instan

semen instan
via greenbiz

beberapa semen instan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, dipecah menurut pengaplikasian pada beberapa media yang berbeda . apa saja tipe yang perlu anda tahu?

tipe semen instan bata ringan

dirancang khusus untuk bata ringan atau hebel, penggunaan semen instan tipe bata ringan dapat membuat proses pemasangan lebih praktis , tapi juga mendapatkan kualitas dinding yang baik serta kokoh.

setelah membeli bata ringan, anda perlu menggunakan mortar seperti ini guna mendapatkan dinding yang baik

tipe semen instan plester dinding

digunakan untuk menutupi bahan material pembuat dinding setelah pemasangan batu bata atau beberapa tipe material lain selesai. tentu, tanpa menggunakan plester dinding seperti ini, batu bata atau material lain masih terlihat, sehingga hal ini menguragi tingkat kerapian jika anda mencari kesan estetik dari dinding

Baca Juga  Rumah Minimalis Mewah: Terobosan Yang Unik dan 4 Desain Terbaik Untuk Anda

jadi, penggunaan plester dinding mortar atau plester tembok instan dapat digunakan sebagai bahan pelapis kedua sebelum pelapis terakhir dilakukan.

tipe semen acian

tipe mortar atau semen instan acian ini amat cocok ketika sudah memasuki bagian tahap akhir atau finishing. hal ini karena penggunana tipe semen ini dapat mendapatkan permukaan yang lebih halus.

permukaan yang halus tentu menambah sisi visual yang lebih menarik dan maksimal, sehingga lebih nyaman ketika selesai dan siap digunakan. hal lain, semen acian memudahkan ketika ingin melakukan pengecatan dan juga meminimalisir retakan – retakan kecil pada dinding seiring berjalannya waktu.

Kelebihan menggunakan tipe instan

gambar semen instan
via pinterest

beberapa kelebihan dari tipe instan tentu dapat anda jadikan pertimbangan dari pada tipe bahan bangunan perekat lain, diantaranya adalah :

  • lebih simpel digunakan, hal ini karena tipe bahan banggunan ini hanya memerlukan air ketika akan dipakai
  • dapat mencegah retakan kecil, tentu masalah ini adalah permasalahan yang sering ditemui pada dinding , terlebih untuk dinding yang berusia lebih lama.
  • menggunakan bahan khusus, sehingga daya rekat dari semen instan dapat lebih kokoh ketika diaplikasikan. hal memberikan daya rekat yang berkualitas.
  • menghasilkan visual yang lebih menarik, hal ini karena bahan yang digunakan memungkinkan untuk menghasilkan tekstur yang sama rata pada semua bagiannnya, namun tetap perlu memperhatikan pada cara meratakannya.
  • terjangkau, karena anda semua sudah tercampur dalam satu produk semen instan saja. berbeda dengan semen konvensional yang mana anda perlu membeli pasir serta beberapa bahan lain sebelum digunakan.
Baca Juga  8 Tips Dekorasi Ruang Tamu dan Keluarga, Makin Estetik!

menarik ya? tipe semen ini tentu layak anda pertimbangkan untukd digunkana. semoga bermanfaat ya!

cek juga harga semen instan hingga berbagai tipe semen lainnya  DISINI , konsultasi gratis semen instan dengan klik link whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini