Shop

Semen Putih: Kelebihan, Kualitas & Cek Harga Terupdate 2024

Semen putih merupakan jenis semen bermutu tinggi yang biasa digunakan untuk pekerjaan arsitektur (precast atau pekerjaan struktural lainnya).

Semen ialah bahan utama dan wajib dalam membangun bangunan. Dari rumah hingga gedung perkantoran, semua membutuhkan semen sebagai bahan baku dalam membuat struktur maupun finishing bangunan.

Dalam aplikasinya, terdapat satu jenis semen yang mungkin belum anda ketahui, itu adalah semen putih. Lalu, apa perbedaannya dengan biasa (warna abu) yang biasa kita temui? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Semen Putih

Seperti pada penjelasan diawal, bahwa semen putih ialah jenis semen bermutu tinggi yang biasa dipergunakan untuk pembangunan bangunan struktural. Jenis semen ini memberi pilihan daripada semen semen biasa sebagai alternatif, bahkan yang dapat menggantikan.

Semen putih mulai banyak digunakan di indonesia, mengingat kelebihan dan mengikuti kebutuhan bangunan yang kian beragam.

Tujuan pemakaian jenis semen ini lebih ditujukan untuk kebutuhan estetika. Penggunaannya sangat cocok untuk bangunan yang membutuhkan dekorasi, terlebih pada bagian luar.

Baca Juga  Berikut 5 Mesin Polisher Mobil Terbaik 2024

Perbedaan Dengan Semen Biasa (Abu)

Semen Acian MU 270 MORTAR UTAMA Putih

Dilansir dari concrete decor, perbedaan utama semen putih dan biasa terletak pada kandungan besi dan mengan. Semen putih memiliki kandungan besi lebih banyak serta kandungan mengan yang jauh lebih sedikit.

Itu sebabnya, semen warna putih lebih bersih dan tidak punya warna gelap. Untuk keperluan estetika, semen putih lebih diandalkan karena konturnya yang sangat halus. Warna putih yang netral danindah pada pengaplikasiannya.

Kelebihan

1) Mengatasi tembok retak dan terkelupas

Semen putih mampu mengatasi tembok retak dan terkelupas. Itu karena, semen putih sangat baik sebagai acian yang menutupi pori-pori pada plesteran tembok. Sehingga, tembok retak dapat ditutupi memakai semen ini.

Tingkat kerapatan jenis semen ini juga sangat baik, yang berpengaruh pada tembok jadi tidak gampang terkelupas.

2) Warna cerah

Seperti namanya, warna semen ini ialah putih, berbeda dengan semen pada umumnya yang berwarna abu-abu. JIka keperluan semen bersifat dekoratif, jenis semen ini sangat cocok dipergunakan.

Contohnya jika anda menginginkan tembok industrial, semen putih bisa dipilih. Anda tidak perlu mengecat ulang karena “vibes” dari industrial sudah didapat.

3) Bikin permukaan lebih halus

Kenapa? Itu karena jenis semen ini punya butiran-butiran lebih halus, jauh lebih halus daripada semen biasa yang bersifat kasar.

Tekstur yang halus, membuat semen ini sangat baik dipergunakan sebagai acian. Hasilnya akan jauh lebih rapi karena memiliki butiran yang halus.

Baca Juga  Ini 6 Keramik Tangga Tidak Licin Terbaik Untuk Tangga Rumah Anda!

4) Kemampuan anti air

Kemampuan anti air atau waterproofing ternyata dimiliki oleh semen berwarna putih. Ini bisa terjadi karena tidak ada kandungan asam dalam jenis ini. Untuk hunian dengan tingkat kelembapan tinggi, semen ini sangat bagus dipergunakan.

5) Memperkuat struktur bangunan

Jenis semen ini merupakan bahan bangunan yang memiliki kualitas tinggi. Dengan penggunaannya, struktur bangunan seperti tembok jadi lebih baik, punya daya tahan bagus, menahan beban berat dan kuat untuk jangka panjang.

Semen ini juga memperkuat bahan bangunan lainnya, seperti tembok yang dibuat dari bata merah atau bata putih.

Kedua bata ini akan cepat lapuk jika sering terkena air, semen putih dapat memperkuat material tersebut karena kelebihannya yang anti air.

semen putih

6) Punya daya rekat tinggi

Kemampuan daya rekatnya sangat baik untuk menempel berbagai material bangunan seperti granit. Jika anda ingin menempel granit di dinding, jenis semen ini dapat dimanfaatkan untuk merekatkan granit dengan kokoh.

7) Pengganti nat lantai

Nat adalah bahan yang biasa dipergunakan untuk pengisi celah lantai. Jenis semen ini dapat dipakai sebagai pengganti nat loh qhomelovers. Tekstur yang halus juga warna putihnya memberikan lantai yang alami sebagia pengisi celah lantai.

Kekurangan

Meski memiliki beberapa kelebihan, semen putih memiliki sejumlah kekurangan mulai dari harga yang lebih mahal, waktu pengeringan lebih lama juga mudah kotor.

Baca Juga  Kulkas LG VS Polytron, Lebih Bagus Mana?

1) Harga lebih mahal

Yang pertama, jenis semen ini memiliki harga lebih mahal daripada semen biasa. Hal itu wajar mengingat sejumlah kelebihan yang dimiliki, juga kualitas yang lebih baik.

Tidak semua kontruksi harus memakai jenis semen ini karena akan memakan biaya sangat banyak.

2) Waktu pengeringan lebih lama

Dibanding dengan semen biasa, jenis semen warna putih membutuhkan waktu lebih lama agar mengering sempurna. Bahkan semen biasa yang berwarna abu jauh lebih cepat soal hal ini.

Jika plesteran semen putih yang belum kering lalu diaplikasikan cat, maka dinding berpotensi jadi tidak kokoh.

3) Mudah kotor

Warna putih dari semen membuat kotoran amat mudah menempel dan terlihat. Anda perlu rutin membersihkan agar tampilannya tetap bersih dan terus terjaga.

Semen Acian JDI 500 Skim Coat Putih

Harga Terbaru 2024

SEMEN PUTIH TIGA RODA @40KGChat Kami
Semen Tiga Roda Acian Putih TR 30 40kgChat Kami
Semen instan acian DRYMIXChat Kami
Global union semen mortar acian putihChat Kami
Semen putih GresikChat Kami
Semen Acian MU 270 MORTAR UTAMA Putih 25 Kg
Semen Acian JDI 500 Skim Coat Putih 20 kg
**harga semen terakurat beserta ongkir, tinggal chat qhomemart**
Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini