Tips & Trick

Kelebihan Dan Kekurangan Seng Galvalum

Seng galvalum dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan atap selain daripada genteng maupun beberapa jenis atap lain. walau begitu, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tipe atap ini sangatlah perlu diketahui sebelum pembelian. apa saja ya?

Dewasa ini, seng galvalum menjadi produk yang kian marak digunakan. hal ini tak terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan pada beberapa aspek dibanding dengan jenis atap lain. dalam hal ini, apakah sudah tau bagaimana seluk belak tipe galvalum? jika belum, tepat sekali anda berada di artikel ini.

Apa Itu Seng Galvalum?

Merupakan salah satu tipe atap bangunan dengan bobot yang ringan, dengan bahan pembuat meliputi 43% bahan seng dan 55% bahan alumunium serta tambahan 1,5% silicon. penggunaan tipe seng ini sudah sering ditemui pada berbagai tipe bangunan, baik seperti mall, atap pabrik, atap ruko bahkan hingga atap rumah. tidak jarang pula, seng sering digunakan sebagai penutup proyek serta beberapa jenis lain.

Ukuran ketebalannya sendiri bervariasi, ada yang berukuran 0.25 mm sampai 0.50 mm, tergantung pula dari produsen pembuatnya, terkadang ada size yang diluar dari yang disebutkan tadi.

Baca Juga  7 Tips Bangun Rumah Murah dan Hemat!

Kelebihan Seng Galvalum

Seng Galvalum
via masterroofingaus.com

Mudah dipasang

Kemudahanan dirasakan ketika pengaplikasian seng galvalum. karena berbentuk lembaran, hal ini lebih simpel dari segi pemasangan dibanding tipe atap yang dipasang perbiji. memasang dalam kerangka atap mungkin hanya perlu beberapa jumlah atap saja, sehingga juga berpengaruh dalam durasi dari waktu dan proses pemasangan. akan lebih menggunakan jasa professional tukang bangunan untuk kemudahan pemasangan

Bobot yang ringan

Bobotnya tentu lebih ringan jika dibanding atap genteng beton, hal ini pula yang mendasari kemudahan ketipa dipasang. bobot yang ringan juga lebih aman untuk penghuni rumah, pasalnya ketika terjadi bencana alam ataupun angin kencang, seng dapat menurunkan tingkat resiko cedera karena bobotnya yang lebih ringan tentunya.

Termasuk tipe atap yang kuat

Seng galvalum termasuk bahan yang kuat menghadapi berbagai perbedaan cuaca. hal ini karena lapisan kandungan dari seng dapat melindungi dari polutan yang dapat menyebabkan karat. perbedaan cuaca baik dari panas dan hujan memang berpotensi menyebabkan karat. hal ini jadi langkah tepat untuk penggunaan sebagai atap rumah.

Mengurangi beban konstruksi

seng galvalum 2
via steel.com.au

Secara tidak langsung, penggunaan atap atap yang berat seperti atap genteng beton juga menambah beban dari konstruksi utama sebuah bangunan lho homeowners! tentu, beban yang timbul dari bagian atap dapat pula membuat kekuatan dari bangunan goyah. penggunaan dari seng galvalum dapat mengurangi beban dari konstruksi.

Baca Juga  6 Langkah Mudah Cara Mengatasi Springbed Kempes

Harga yang terjangkau

Tipe atap seng galvalum bisa didapat dengan harga terjangkau. melihat perbandingan dari atap lain, memakai tipe atap bangunan seperti ini dapat menghemat anggaran, apalagi jika kebutuhan atap dalam jumlah besar. tak heran jika banyak pabrik – pabrik yang menggunakan jenis atap ini, karena umumnya memiliki bentuk bangunan besar dan lebar, pun dengan kebutuhan bagian atapnya.

Kelemahan Seng Galvalum

Walau memiliki berbagai keunggulan, produk seng galvalum juga memiliki kelemahan pada beberapa aspek. hal ini perlu diketahu supaya dapat ditanggulangi secara cepat

suara cukup berisik

Terlebih ketika atap kejatuhan benda – benda kecil seperti buah yang jatuh. jika bangunan berada dibawah pohon, maka bersiap – siap jika suara berisik datang dari sini. hal lain, suara berisik juga dapat datang ketika cuaca hujan mengguyur, jika deras dan berdurasi lama, anda akan mendengar efek suara hujan ketika bertabrakan dengan atap.

menyerap panas

Atap seng dapat menyerap suhu panas lebih baik dari tipe atap lain. tak heran, jika anda berada dibawah atap seng galvalum, rasa panas dapat lebih terasa terlebih dibagian dalam rumah. hal ini perlu ditindak lanjuti dengan menambah ventilasi udara yang cukup maupun jendela supaya suhu panas dapat ditekan berkurang.

tidak banyak tersedia warna

Kalau anda melihat tipe atap seperti ini, hal yang mudah ditebak adalah dari segi warnanya. warna yang hampir semua seng memilki satu warna yang sama, memang tidak banyak pilihan warna dari tipe atap ini, sehingga penggunaannya hanya menggunakan warna yang itu – itu saja. walau begitu, anda dapat pula mewarnai sendiri sesuai kebutuhan menggunakan cat khusus.

Baca Juga  Cara Menggunakan Lem Granit, Terpasang Sempurna!

Nah, itu tadi penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan dari seng galvalum. menarik ya? sekarang saatnya mengaplikasikan tipe atap ini untuk bangunan anda. semoga bermanfaat ya! cek juga harga seng galvalum lainnya DISINI , konsultasikan secara gratis dengan klik link tautan whatsapp dibawah

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini