Jual Septic Tank Jogja

Septic tank jogja — Menjaga kebersihan rumah sangatlah penting.  Maka dari itu diperlukan pembuatan sanitasi yang sesuai standar untuk menjaga kebersihan rumah. Tapi sebelum membuat sanitasi harus juga mengetahui jenis dari septic tank yang baik digunakan pada rumah.  Jika sebuah rumah tidak memiliki saluran sanitasi yang bagus dapat membuat rumah menjadi banyak lalat.  

Apa itu Septic Tank Jogja?

septic tank jogja
septic tank jogja
source: kamar mandiku

Septic tank adalah wadah pengolahan limbah cair atau blackwater yang berasal dari kloset hunian. Biasanya sebuah septic tank diletakkan di bawah tanah pada rumah atau juga pada sekitaran rumah. Contohnya seperti dibawah garasi atau juga tumpukan tanah di depan rumah. Tangki pada septic tank yang bagus didasarkan pada material yang digunakan.

Dengan adanya sebuah tangki bisa memungkinkan bau tidak akan menyebar ke sekeliling rumah dan juga bisa mencegah berkembangbiaknya lalat dan jenis serangga lainnya. Fungsi utama dari septic tank adalah untuk menampung kotoran dari kloset atau kamar mandi.

Tugas utama dari septic tank sendiri adalah sebagai tempat peresapan kotoran ke tanah dan mencegah bau yang kurang sedap dari kotoran yang berada di kamar mandi sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Jika menggunakan septic tank yang awet maka tidak diperlu dilakukan penyedotan.

Baca Juga  Jual Meja Belajar Jogja

Namun apabila septic yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik, seperti mudah pecah dan tidak memiliki standar SNI, maka kotoran yang berada di septic tank akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya tahap pengelolaan apapun.

Septic tank akan menjadi penuh dan akan menyebabkan kotoran limbah menjadi keluar dan dapat merusak rusak air yang berada di dalam tanah jika sampai meresap ke tanah. Maka dari itu jangan sampai salah memilih jenis septic tank. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah saja namun juga harus diperhatikan kualitasnya.

Jenis-jenis Septic Tank

septic tank jogja
source: qhomemart

Berikut adalah jenis septic yang disarankan untuk membuat saluran sanitasi.

Septic Tank Jenis Tertutup

Septic tank jenis tertutup biasa nya menutup seluruh bagian atas dengan di cor beton bertulang dan juga lantainya akan dilapisi dengan adukan dari semen. Septic tank dengan jenis ini cocok untuk digunakan pada sebuah rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Septic Tank Terbuka

Jenis septic tank yang satu ini tidak ditutup dengan cor beton pada bagian atasnya. Jenis septic tank ini dibiarkan terbuka kecuali pada limbah padat. Dan biasanya digunakan pada kampung-kampung yang memiliki lahan yang luas disekitaran rumah.

Berikut ini adalah 4 jenis septic tank berdasar material yang digunakan.

Septic Tank Beton

Jenis septic tank yang satu ini terbuat dari material dasar beton. Pada umumnya jenis septic yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan juga berat. Berat dari septic tank ini bisa mencapai sekitar 2,40 kilogram yang membuat cukup kuat untuk menahan gaya apung saat ditempatkan ditanah.

Baca Juga  Kelebihan Dan Kekurangan Kompor Listrik

Septic Tank Plastik

Jenis septic tank jogja yang satu ini terbuat dari material plastik polietilen. Jenis septic tank ini lebih baik daripada jenis septic tank beton dan juga baja dikarenakan memiliki berat yang lebih ringan dan juga tahan akan karat. Berat dari septic tank ini kira-kira sekitar 0.97 kilogram.

Sebelum memasang septic tank jenis ini harus diperiksa terlebih dahulu permukaan air pada daerah terserbut. Atau juga bisa memberikan penahan pada tangki sehingga dapat mengambang atau bergesernya tangki dapat ditiadakan. 

Septic Tank Fiberglass

septic tank jogja
source: atanistank.com

Ini Jenis septic tank yang dibuat menggunakan plastik yang diperkuat oleh serat (FRP). Jenis septic tank ini mirip dengan septic tank plastik, namun kekuatan serat gelasnya lebih kuat. Septic ini juga ringan dan mudah untuk diatasi, namun karena terlalu ringan dapat menyebabkan septic tank mudah bergeser atau mengambang.

Untuk mengatasi permasalahan bergeser atau mengambang nya septic tank ini bisa diatasi dengan menjangkarkan septic tank ini ke tanah yang berada dibawahnya. 

Septic Tank Baja

Yang terakhir ada jenis septic yang terbuat dari baja. Namun jenis septic tank ini jarang sekali digunakan. Dikarenakan harga nya yang terlalu mahal dan memiliki daya tahan yang rendah. Septic tank ini memiliki masalah utama yaitu mudah berkarat dan juga korosif jika dibandingkan dengan material lain.

Baca Juga  4 Inspirasi Dapur Cantik Minimalis untuk Hunian Nyaman

Karena jika bagian atas pada tangki septik baja ini terkorosi dapat menyebabkan nya tidak dapat menahan beban apapun di atasnya dan juga dapat runtuh kapan saja. Maka dari itu saat memeriksa septic tank baja harus dilakukan perawatan sekaligus.

Itulah jenis septic tank jogja yang dapat digunakan untuk membuat saluran sanitasi. Untuk anda yang berencana untuk membeli sebuah septic tank jogja bisa langsung mengunjungi QHOMEMART. Di Qhomemart tersedia juga berbagai macam alat kebutuhan rumah tangga lainnya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini