Dekorasi

Serba-serbi Material Tangga untuk Rumah

Untuk rumah bertingkat, tangga adalah perlengkapan rumah yang mutlak dibutuhkan. Ada banyak macam tangga yang bisa digunakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak jarang, memilih material dan bentuk tangga dipertimbangkan dengan tema dan dekorasi rumah. Jika saat ini Anda sedang masuk dalam fase pembangunan rumah, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan desainer interior terkait pemilihan tangga untuk rumah Anda. Lebih baik lagi jika Anda memahami dulu beberapa jenis tangga yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah pribadi berikut ini.

 

  1. Tangga Kayu

Tangga kayu adalah pilihan material tangga yang terbilang paling murah dan mudah didapatkan. Tangga kayu ini biasanya digunakan untuk rumah yang lantai 2-nya tidak terlalu tinggi. Tangga yang material dasarnya memang dari kayu ini punya kelebihan dari sisi harga murah dan juga menonjolkan kesan yang alami di dalam rumah. Sayangnya, tangga kayu ini tidak tahan terhadap rayap dan udara yang lembap karena bisa melapukkan kayu dan merusak fungsi tangga. Mungkin jika Anda menginginkan kesan natural yang didapat dari kayu, Anda harus menggunakan kayu itu sebagai pelapis bukan material dasar sebuah tangga.

 

  1. Tangga Besi

Tangga dengan material dasar berupa besi sudah cukup sering dilirik terutama untuk hunian pribadi modern minimalis sekarang. Material besi cenderung mudah dan cepat dikerjakan untuk dibentuk sesuai desain terutama desain railing tangga yang minimalis. Untuk jenis tangga putar atau tangga spiral, biasanya juga menggunakan material besi. Tangga besi ini lebih awet terhadap air dan serangga dibandingkan tangga dari material kayu, hanya saja dari sisi estetika mungkin masih kurang bagus dibandingkan material lain.

Baca Juga  Jual Keranjang Jogja Lengkap di Qhomemart

 

  1. Tangga Beton

Alternatif selanjutnya adalah tangga dari material beton. Pilihan material beton memang dikenal sebagai material yang kuat serta tahan lama. Ini bisa menjadi pilihan bagi pemilik rumah yang ingin menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan dan penggantian tangga dalam jangka waktu yang lama. Hanya saja kekurangannya dari segi pemasangan karena membutuhkan waktu lama untuk kering serta ketika tangga akan direnovasi juga menjadi lebih susah.

 

  1. Tangga Bata

Material bata juga sering digunakan untuk membangun sebuah tangga untuk rumah modern saat ini. Biasanya, tangga dari material bata ini kemudian didesain sedemikian rupa agar menyiasakan ruang khusus di area bawah tangga yang bisa jadi ruang penyimpanan, seperti penyimpanan sepatu atau peralatan rumah tangga lainnya. Tangga dari material bata juga sering digunakan untuk kebutuhan pemasangan tangga di area luar rumah karena, sama seperti material kayu, material bata ini mampu menimbulkan kesan natural.

 

  1. Tangga Kaca

Opsi penggunaan tangga dari material kaca ini mungkin masih jarang digunakan di rumah-rumah modern dengan ukuran sedang atau kecil. Material kaca untuk kebutuhan tangga – khususnya bagian railing – lebih banyak digunakan untuk kebutuhan bangunan rumah mewah atau hotel. Memang kaca ini akan membuat kesan lega dan tidak sumpek di ruangan tempat tangga diletakkan, dari sisi estetika pun tangga kaca memang sudah tidak diragukan lagi keunikannya. Hanya saja ini memiliki konsekuensi tersendiri, misalnya ketika suhu udara berlebihan sehingga bisa membuat kaca memuai atau mudah pecah ketika terlempar sesuatu. Tangga kaca juga tidak disarankan bagi Anda yang memiliki buah hati karena cenderung tidak aman.

Baca Juga  Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket

anda dapat memberi lapisan semen instant pada tangga anda dengan AM Mortar. Am Mortar adalah semen instant berkualitas yang menahan dari kebocoran dan rembesan air. AM Mortar juga sangat bagus untuk menutup celah antar keramik dan menjadi lapisan keramik. AM Mortar dapat mdijadikan pilihan buat anda dalam membangun rumah.

Itu dia beberapa jenis material tangga untuk kebutuhan rumah tangga pada umumnya. Semoga ini bisa menjadi referensi Anda memilih tangga terbaik sesuai dengan kebutuhan rumah agar tetap optimal manfaatnya bagi Anda dan keluarga yang menempati rumah tersebut.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini