Intermezo

Solar Water Heater, Cara Mandi Air Hangat Hemat Listrik

Mandi air hangat sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. Selain memiliki banyak manfaat, mandi air hangat juga dapat membuat rileks tubuh. Agar mandi air hangat lebih praktis dan nyaman, banyak orang yang memilih untuk menggunakan water heater. Yuk simak kelebihan dan kekurangan solar water heater di bawah ini!

Sebelum mulai membahas solar water heater, ada baiknya kita membahas berbagai macam jenis water heater atau pemanas air beserta kelebihannya.

Ada banyak jenis water heater di indonesia, ada 3 jenis water heater yang paling banyak beredar di masyarakat. Pertama water heater listrik, kedua water heater gas dan yang ketiga adalah solar water heater.  

Water Heater Listrik

qhomeservice 1
source: dokumentasi Qhome Service Center

Water Heater Listrik atau pemanas air elektrik ini menggunakan listrik sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan panasnya. Listrik ini diambil dari sumber energi listrik rumah yang biasa tersambung. Ada dua macam water heater jenis listrik, yaitu water heater yang menggunakan tangki air dan tanpa menggunakan tangki air.

Water heater yang tidak menggunakan tanki air biasanya memiliki temperatur air yang tidak konsisten. Hal itu dapat mempengaruhi saat Anda mandi dalam waktu yang cukup lama sehingga airnya akan lebih cepat dingin. Pemanas air tanpa tanki ini memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibanding pemanas air yang memiliki tanki. Namun, pemanas air dengan tangki dapat memiliki temperatur yang lebih stabil sehingga cukup baik dalam menyimpan air panas. Dengan begitu, jika menggunakan pemanas air dengan tangki, Anda dapat lebih lama menikmati air panas saat mandi karena panasnya tetap terjaga. Harga water heater listrik sangat beragam, tergantung dari jenisnya, ukuran tanki, dan lain sebagainya.

Water heater gas atau pemanas air bertenaga gas.

Alat pemanas air jenis ini menggunakan gas sebagai sumber pemanasnya. Water heater jenis ini dapat memanaskan tanki 50 galon dalam waktu kurang lebih satu jam. Laju pemanasan water heater jenis ini juga lebih cepat dibandingkan dengan water heater listrik. Kelebihan lainnya adalah water heater jenis ini tetap dapat digunakan meski listrik padam. Akan tetapi, jika Anda menggunakan tabung gas dan gasnya habis, Anda harus mengganti tabung gasnya untuk dapat menggunakan water heater gas.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Kayu

Solar Water Heater atau pemanas air tenaga surya

solar water heater
source: dokumentasi Qhome Service Center

Water heater jenis ini menggunakan energi dari sinar matahari yang ditangkap oleh solar cell di atas atap rumah. Energi panas ini yang ditransfer menjadi listrik lalu kemudian dapat digunakan untuk pemanas air dalam rumah. Prinsip kerjanya mirip dengan water heater listrik, hanya sumber energi listriknya berbeda. Water heater listrik menggunakan listrik rumah yang biasanya dari PLN sedangkan solar water heater ini menggunakan matahari sebagai sumber listriknya. Energi panas diolah menjadi energi listrik yang kemudian digunakan untuk memanaskan air dalam tanki.

Harga Solar Water Heater

Harga dari pemanas air tenaga surya ini sangat beragam tergantung dari jenis dan kapasitasnya. Tentunya harga pemanas air jenis ini sangat sesuai dengan kemudahan yang ditawarkan dalam mendapatkan air panas untuk mandi sekaligus dapat menghemat biaya penggunaan listrik di rumah Anda. Pilihlah solar water heater terbaik untuk rumah Anda.

Keunggulan solar water heater

Pemanas air tenaga surya terbuat dari bahan stainless steel yang sangat aman, bersih, kuat, tahan lama, dan bebas karat. Beberapa pemanas jenis ini memiliki fitur pemanas cadangan yang dapat digunakan secara otomatis maupun manual sehingga air panas tetap tersedia seperti biasa di hari-hari hujan maupun panas terik.

Hemat Energi

Menggunakan pemanas air tenaga surya terbilang lebih hemat energi jika dibandingkan dengan tenaga gas maupun listrik. Tentunya dengan menggunakan tenaga matahari, Anda dapat berhemat dalam membeli gas maupun berhemat biaya listrik untuk memanaskan air hangat untuk Anda mandi. Mandi air hangat yang nyaman dan hemat energi hanya dengan menggunakan pemanas air tenaga surya.

Relatif lebih aman

Pemanas air jenis ini relatif lebih aman jika dibandingkan dengan pemanas bertenaga gas maupun listrik. Konsleting pada pemanas air ini sangat minim terjadi. Konsleting tentunya sangat membahayakan bagi Anda dan keluarga. Dengan menggunakan pemanas air tenaga surya ini, Anda dapat merasa lebih aman terhadap kemungkinan konsleting yang sangat minim.

Baca Juga  Jasa Pasang Water Heater Jogja Terbaik

Ramah Lingkungan

Pemanas air tenaga surya lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas CO2 atau polutan negatif lainnya. Hal ini dikarenakan sumber energi dari pemanas ini adalah sinar matahari yang merupakan bahan alami. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang dapat menghasilkan asap, gas CO2, hingga polutan beracun yang memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

qhomeservice 3
source: dokumentasi Qhome Service Center

Lebih Tahan Lama

Pemanas air tenaga surya ini terbilang lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis pemanas lain. Umumnya, pemanas ini mampu bertahan hingga 7 sampai 15 tahun. Agar lebih tahan lama, sebaiknya Anda melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin terhadap water heater bertenaga matahari yang Anda miliki.

Kapasitas Besar

Kapasitas dari pemanas air jenis ini terbilang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Umumnya, kapasitas solar water heater adalah 100 liter, 150 liter, 200 liter, dan 300 liter. Pemanas air jenis ini juga cocok digunakan untuk kos-kosan agar lebih menghemat listrik namun memiliki kapasitas yang besar untuk memanaskan air.

Kelemahan Menggunakan Solar Water Heater di Rumah

Selain kelebihan, tentunya pemanas air bertenaga surya ini memiliki kelemahan. Kelemahan pada water heater jenis ini adalah sebagai berikut.

Kualitas suhu tergantung cuaca

Pemanas ini bertenaga matahari. Jika cuaca sedang cerah dan terik, pemanas air ini mampu menyerap sinar matahari dengan maksimal dan baik, sedangkan saat sedang mendung, tentunya tenaga yang didapat kurang maksimal. Akan tetapi, pemanas air jenis ini memiliki tempat untuk cadangan energi yang dapat Anda gunakan pada cuaca buruk sehingga Anda tetap dapat mandi dengan air hangat di musim hujan.

Hanya bisa diletakkan di atas atap

Pemanas air bertenaga surya ini tidak dapat diletakkan di sembarang tempat. Hal ini tentu saja untuk memungkinkan pemanas bekerja dengan semaksimal mungkin. Saat diletakkan di atas atap, pemanas air dapat mendapatkan cahaya matahari langsung dengan maksimal sehingga pemanas air ini dapat bekerja dengan baik.

Cara Pasang Solar Water Heater

Ketika Anda sudah memilih untuk menggunakan pemanas air tenaga surya, Anda dapat melihat cara pasangnya terlebih dahulu. Sebelumnya, pastikan bahwa lokasi penempatan pemanas air ini bebas dari bayangan pohon, tiang listrik, atau gedung, pastikan arah maupun orientasi solar panel tepat, juga memiliki kemiringan solar panel yang tepat.

Baca Juga  Produk Ariston Jogja Termurah 2024 di Qhomemart dan Tips Memilihnya

Menentukan arah solar panel

Solar panel dipasang menghadap arah yang bervariasi, tergantung dari letak geografis tempat instalasi. Jika Anda berada di bawah garis khatulistiwa seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan kota-kota lain, posisi sinar matahari akan berasal dari sisi utara sepanjang hari. Untuk itu, letakkan solar panel menghadap ke utara. Sebaliknya, jika Anda berada di atas garis khatulistiwa seperti Medan, Aceh, dan kota-kota lain, maka hadapkan solar panel anda ke selatan karena posisi matahari akan berasal dari sisi selatan sepanjang hari.

Pastikan solar panel Anda tidak terkena bayangan. Jika solar panel Anda terkena bayangan, solar panel hanya bisa menghasilkan 10-20% dari kapasitas maksimalnya sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal. Pastikan pula Anda menempatkan solar panel di sisi atap yang mendapatkan sinar matahari yang lebih lama.

Menentukan Sudut Kemiringan Solar Panel

Solar panel akan lebih maksimal menghasilkan energi listrik jika sinar matahari jatuh tegak lurus mengenai permukaan solar panel tersebut. Agar lebih optimal, kemiringan solar panel harus diatur sehingga sinar matahari jatuh tegak lurus (90 derajat) mengenai solar panel tersebut. Untuk wilayah Indonesia, kota-kota yang terletak di sekitar garis khatulistiwa, solar panel dapat bekerja dengan lebih optimal dan efisien jika diposisikan di sudut 20-30 derajat dari tanah.

Instalasi Pipa

Instalasi pipa adalah salah satu bagian yang penting untuk memasang pemanas Air. Anda dapat menyiapkan pipa untuk air panas dan dingin untuk air. Pipa air panas perlu menggunakan pipa khusus agar tahan terhadap suhu yang tinggi.

Instalasi solar water heater

Setelah semuanya siap, Anda dapat menginstalasi pemanas air tenaga surya pada atap rumah Anda. Setelah itu, Anda dapat menikmati mandi air hangat sekaligus menghemat listrik dengan menggunakan pemanas air tenaga surya.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam menginstalasi pemanas air tenaga surya, Anda dapat memakai jasa pasang solar water heater dari Qhome Service Center. Setelah membeli solar water heater di Qhomemart BJ Home dengan harga hemat, Anda dapat menggunakan jasa Qhome Service Center untuk memasangnya.

Dapatkan berbagai produk water heater dan solar water heater dengan berbagai jenis dan kapasitas yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda hanya di Qhomemart. Qhomemart juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah seperti bahan bangunan, atap, furniture, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini