Perbandingan Atap Solartuff vs Solarflat, Lebih Bagus Mana?

Solartuff vs solarflat — Memiliki atap dengan kualitas yang baik tentunya sangatlah penting. Apalagi atap mulai dari rangka atap hingga genteng adalah pelindung bagi hunian Anda. Jika Anda membutuhkan atap transparan yang berkualitas, Anda bisa menggunakan beberapa jenis atap, salah satunya adalah atap polikarbonat.

Atap polikarbonat umumnya adalah atap transparan. Atap jenis ini sangat cocok untuk difungsikan sebagai pengganti atap kaca. Salah satu atap polikarbonat yang memiliki kualitas baik adalah solartuff dan solarflat.

Perbedaan Atap Solartuff vs Solarflat

solartuff vs solarflat
source: impack-pratama.com

Atap solartuff dan solarflat adalah atap berbahan dasar polikarbonat. Keduanya memiliki daya tahan yang kuat dan cukup diminati oleh masyarakat luas. Meskipun keduanya merupakan atap polycarbonate, akan tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan. Apa saja sih perbedaan atap solartuff vs solarflat? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Perbedaan Bentuk Solartuff vs Solarflat

solartuff vs solarflat
source: roofingventilation.co.uk

Hal yang paling mencolok dari perbandingan antara atap solartuff dengan atap solarflat ada pada bentuk atapnya. Atap solartuff memiliki bentuk yang bergelombang. Berbeda halnya dengan solartuff solid atau yang biasa disebut solarflat yang memiliki permukaan yang datar. Solarflat sekilas memiliki bentuk menyerupai kaca karena permukaannya yang datar.

Baca Juga  Tips Membeli Rumah Baru

Dari segi varian, Solartuff memiliki 3 varian profile, yaitu Roma, Greca, dan Trimdeck. Solartuff solid atau Solarflat hanya memiliki 2 varian profile, yaitu Plain dan Embossed.

Perbedaan Warna

solartuff vs solarflat

Pilihan warna atap tentunya cukup berpengaruh terhadap tampilan rumah Anda. Banyaknya pilihan warna untuk atap dapat memudahkan Anda untuk menyesuaikan warna dengan kebutuhan dan selera Anda. Warna yang dimiliki oleh Solartuff cukup beragam lho. Solartuff memiliki 7 varian warna mulai dari silver millenium hingga green. Berbeda dengan Solarflat yang hanya memiliki 3 varian warna, yaitu grey, bronze, dan clear atau warna bening.

Perbedaan Ukuran Solartuff vs Solarflat

Perbedaan lainnya dari atap solartuff dan atap solarflat adalah dari segi ukuran dan ketebalan. Solartuff hanya memiliki satu jenis ketebalan, yaitu 0,8 mm. Akan tetapi solarflat memiliki ketebalan yang variatif, yaitu 1,2 mm dan 3 mm.

Ukuran lebar solartuff dan solarflat pun berbeda. Solartuff profil Roma memiliki lebar 860 mm dan untuk profil Greca memiliki lebar 820 mm. Pada profil Roma dan Greca memiliki berbagai panjang, yaitu 1,8 meter, 2,4 meter, 3 meter, 3,6 meter, 4,2 meter, dan 6 meter. Khusus untuk profil Trimdeck memiliki lebar 830 mm dengan panjang 6 meter.

Solarflat untuk profil plain memiliki lebar 1,1 m dan 1,2 m, sedangkan untuk profil embossed memiliki lebar 1,2 m.

Pengaplikasian Atap Solartuff dan Solarflat

solartuff vs solarflat
source: renovationwarehouse.co.nz

Pengaplikasian solartuff dan solarflat dapat diaplikasikan sebagai roofing, atau atap kanopi seperti untuk atap garasi maupun atap di area teras rumah. Atap solartuff dan solarflat juga dapat diaplikasikan sebagai wall cladding, atap green house, atap tanaman hidroponik, hingga atap peternakan.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Atap Transparan

Untuk jenis Solarflat umumnya lebih diminati oleh masyarakat untuk diaplikasikan sebagai atap skylight. Hal ini karena bentuk atap Solarflat yang datar dan menyerupai kaca.

Keunggulan Atap Solartuff dan Solarflat

Atap solartuff dan solarflat memiliki beberapa keunggulan yang sama. Kedua atap tersebut terbuat dari bahan yang sama, yaitu polycarbonate sehingga memiliki keunggulan yang cukup sama.

Atap solartuff dan solarflat memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca dan 20 kali lebih kuat dari bahan akrilik. Tingkat kejernihan atap solar tuff dan atap solarflat lebih tinggi jika dibandingkan dengan atap berbahan polycarbonate yang lainnya. Pemasangan atap ini pun relatif mudah dan cepat hingga dapat menghemat waktu pemasangan.

Kedua atap ini dilengkapi dengan perlindungan dari sinar UV sehingga meskipun atap ini transparan, namun tetap dapat melindungi Anda dari sinar UV. Keduanya adalah atap transparan sehingga dapat digunakan sebagai penerangan alami di siang hari. Dengan begitu Anda dapat lebih hemat listrik dan juga hemat energi.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan atap polycarbonate? Apakah Anda lebih tertarik untuk menggunakan atap solartuff atau atap solarflat yang memiliki permukaan datar?

Jika Anda membutuhkan atap dengan kualitas terbaik, Anda bisa berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis atap dan juga kebutuhan rumah lainnya mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Baca Juga  Desain Pilar Pagar Minimalis Bikin Rumah Lebih Berkelas

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini