Dekorasi

Jual Stop Kontak Jogja

Stop kontak jogja — Tahukah anda bahwa stop kontak disetiap negara ternyata berbeda-beda. Pada umumnya Indonesia menggunakan stop kontak tipe C. Mungkin bagi anda yang suka travelling pasti harus membawa banyak hal ketika berkunjung ke negara lain. Salah satu yang harus dibawa adalah stop kontak.

Setiap negara yang anda kunjungi pasti mempunyai stop kontak yang berbeda. Menurut World Standards, setidaknya terdapat 15 jenis stop kontak di dunia. Dan stop kontak tersebut dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu tipe A, B, dan C dan seterusnya. Buat anda yang suka berlibur sebaiknya mengetahui tipe-tipe stop kontak.

Jenis-jenis Stop Kontak

stop kontak jogja
stop kontak jogja
source: tokyofromtheinside.com

Dan berikut ini adalah beberapa jenis stop kontak yang terdapat di dunia.

Stop Kontak Tipe A

stop kontak jogja 3
stop kontak jogja
source: www.worldstandards.eu

Stop kontak tipe A ini banyak digunakan oleh beberapa negara di dunia. Bentuk dari stop kontak ini adalah colokan dengan 2 lempeng yang bersebelahan. Stop kontak ini termasuk kelas II dengan standar yang memiliki dua cabang parallel dengan rata-rata tegangan adalah 100 sampai 127 volt serta kompatibel dengan steker tipe A.

Beberapa negara di Asia pun sudah ada yang mengadaptasi model stop kontak tipe A. Mereka adalah Bangladesh, Kamboja, China, Jepang, Myanmar, Filipina, Taiwan, Thailand, Maldives, dan Vietnam. Negara lain yang memiliki colokan listrik tipe A adalah Bahamas, Barbados, Bermuda, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Jamaika, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Trinidad & Tobago, Amerika Serikat (AS), Kanada dan Meksiko.

Baca Juga  Warna Cat Rumah yang Bagus Untuk Rumah Minimalis

Stop Kontak Tipe B

Stop kontak tipe B ini memiliki bentuk colokan berupa 2 lempeng yang saling berdekatan sebagai konektornya dan ditambah dengan bentuk U pada bagian bawahnya. Stop kontak ini memiliki ukuran voltase yang berbeda-beda disetiap negara. Mulai dari 100-200 V. Dan stop kontak ini digunakan oleh17 negara.

Stop Kontak Tipe C

stop kontak jogja 1
stop kontak jogja
source: aliexpress

Stop kontak yang satu ini adalah colokan yang digunakan di Indonesia. Tipe C sendiri memiliki 2 koneksi silindris yang dikenal sebagai europlug. Stop kontak ini memiliki 2 pin berdiameter 4mm mirip dengan colokan tipe a. Selain digunakan di Indonesia colokan tipe C ini juga banyak digunakan di negara-negara lain. Irlandia, Siprus, dan

Stop Kontak Tipe D

Stop kontak yang satu ini umum digunakan negara-negara seperti india dan nepal. Colokan tipe D sendiri memiliki 3 koneksi berbentuk bulat yang membentuk segitiga. Stop kontak ini memiliki kekuatan 5 ampere dan satu tegangan listrik tipe ini adalah 220 V sampai 240 V.

Stop Kontak Tipe E

Stop kontak tipe E mirip dengan tipe C, dan colokan ini memiliki dua koneksi berbentuk bulat yang ukurannya panjang sebesar 14mm dan diameter 4,8mm. Satuan tegangan dari colokan ini adalah 220 V dan 230 V. Stop kontak model ini banyak digunakan dinegara seperti Perancis, Monaco, maroko, dan negara-negara lainnya.

Stop Kontak Tipe F

Mungkin bagi orang Indonesia stop kontak tipe F ini sangat familiar, karena stop kontak ini ada kemiripan dengan tipe C. Stop kontak tipe F atau biasa disebut sebagai “schuko steker” yang berarti “stop kontak perlindungan”. Memiliki bentuk yang bulat dan terdapat dua klip landasan di sisi steker. Satuan tegangannya adalah 220-240 V.

Baca Juga  Kelebihan Kitchen Set Kayu untuk Dapur Minimalis

Stop Kontak Tipe G

Stop kontak yang satu ini biasa digunakan dinegara-negara seperti eropa, irlandia, malta, Malaysia dan singapura. Dan stop kontak ini memiliki bentuk persegi panjang yang membentuk seperti segitiga sama kaki. Pin netral tipe G berukuran panjang sebesar 17,7 mm dan pin pendek dengan ukuran 6,35 mm. Ukuran voltnya adalah 220, 230 dan 240 V.

Stop Kontak Tipe H

Jenis stop kontak yang satu ini eksklusif hanya digunakan di Israel, palestina dan juga Thailand. Stop kontak jenis ini memiliki tiga garpu bulat yang membentuk seperti segitiga. Ukuran dari colokan ini adalah panjang sebesar 19mm dan jarak antara satu koneksi dengan koneksi lainnya juga 19mm.

Stop Kontak Tipe I

Colokan tipe ini memiliki dua koneksi berbentuk V yang terbalik dengan kemiringan 30 derajat dan terdapat pin ditengah sebagai grounding. Colokan seperti ini biasa digunakan dibeberapa negara dunia seperti Argentina, Australia, China, Fiji, Myanmar New Zealand dan Uruguay.

Jual Stop Kontak Jogja

stop kontak jogja 4

Itulah beberapa tipe stop kontak yang bisa digunakan di beberapa negara. Jika anda hendak membeli stop kontak jogja bisa langsung mengunjungi Qhomemart dan bertanya terlebih dahulu mengenai tipe stop kontak jogja yang ingin anda gunakan.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini