Tips & Trick

Sumur Artesis : Pengertian, Cara Membuat Hingga BIaya

sumur artesis sendiri merupakan jenis sumur yang tidak memerlukan pompa untuk keluar air, dikarenakan memiliki tekanan alami yang cukup dari dalam tanah. dalam kesempatan ini, artikel ini akan memberikan penjelasan lebih dalam tentang artesis, terkait apa yang dimaksud dengan sumur ini sampai bagaimana cara membuatnya.

setelah sebelumnya kita membahas 5 Jenis Sumur Berdasarkan Kebutuhan , yang mana membahas berbagai jenis sumur yang kerap kali dipakai masyarakat, dan tentunya berdasarkan kebutuhannya. kali ini pada artikel berikut kami akan membahas lebih dalam tentang sumur jenis artesis itu sendiri.

sumur artesis mulai banyak diperuntukkan penggunaanya. dibanding beberapa jenis sumur lain, sumur ini memiliki kelebihan lain yang tidak bisa ditemukan pada sumur lainnya. tapi, sudah tau pengertiannya secara umum? simak penjelasannya dibawah ini.

Mengenal sumur artesis

kalau anda tinggal di komplek perumahan, salah satu kemungkinan dari bagaimana sumber mata air didapat ialah memakai jenis sumur ini. sumur ini dapat memberikan air yang terus mengalir dan dalam jumlah debit air yang lebih besar.

Baca Juga  Kelebihan Kanopi Kaca Tempered di Banding Jenis Lain

tidak heran selain untuk kebutuhan perumahan, jenis sumur ini diandalkan untuk kebutuhan air yang besar seperti mengairi gedung, pabrik hingga rumah sakit.

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis sumur ini memiliki tekanan alami yang berasal dari dalam tanah, sehingga anda tidak memerlukan pompa manual untuk mengeluarkan airnya.

menembus lapisan akuifer

lapisan aquifer sumur artesis
via: nanjing-school.com

tentu anda bingung, kenapa tekanan alami bisa didapatkan? kenapa itu tidak bisa didapat pada sumur sumur lain? nah, hal tersebut karena kedalaman sumur artesis yang menembus lapisan akuifer atau zona jenuh yang ada dibawah tanah.

tekanan yang alami dimiliki jenis sumur artesis bersumber dari dari lapisan akuifer, yang mana sebuah lapisan khusus didalam tanah yang dapat menampung maupun meloloskan air.

Kedalaman

sumur artesis memerlukan kedalaman yang cukup, ini menjadi jenis sumur paling dalam yang sering kali dipergunakan. umumnya memerlukan kedalaman pada rentang 150 meter sampai 250 meter, itu juga tergantung dari berapa lama jumlah air yang dibutuhkan

Memerlukan ijin khusus dari pemerintah

hal ini karena pengeboran yang dilakukan cukup dalam, potensi untuk mempengaruhi lingkungan akan lebih besar. maka dari itu, pembuatan sumur ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

izin khusus akan ditentukan setelah studi kelayakan dan survei lapangan telah dilakukan, serta memenuhi persyaratan pembangunan dari sumur artesis pada lingkungan sekitar.

Baca Juga  6 Model Pagar Batu Alam Untuk Hunian Minimalis

letak sumur

letak sumur akan menentukan bagaimana air didapat, apapun itu jenisnya. sumur artesis memerlukan letak yang berada dilapisan akuifer bagian bawah, diantara impermeable.

disini, titik air tidak terkontaminasi limbah pembuangan.

Kelebihan

sumur artesis
via:pari-paris blog

kualitas air yang baik

air yang didapat dari artesis berkualitas sangat baik. kenapa?

hal tersebut karena air yang didapat tidak terkontaminasi dengan limbah pembuangan, bahkan kualitas dari air yang didapat dari artesis dapat dimanfaatkan sebagai sumber air minum

memberikan jumlah debit air besar

karena menembus lapisan yang dalam, jumlah debit air yang dikeluarkan dapat lebih besar dan tentu deras. tidak heran jika pengguannya sering kali digunakan untuk skala besar pula macam pabrik hingga komplek perumahan

Pengerjaan yang cepat

hal ini karena pengerjaan yang menggunakan bor canggih, sumur artesis memerlukan hal ini supaya dapat mengebor mencapai lapisan terdalam dan menembus bebatuan

mau tidak mau, alat teknologi canggih perlu dikeluarkan, serta dari penggunaan tenaga tenaga yang kompeten pada pengaplikasiannya.

Cocok semua jenis tempat

sumur artesis bisa dibuat dimana saja, baik untuk tempat tipe dataran tinggi ataupun dataran rendah.

ini menjadikan sumur ini lebih flesibel dibuat di tempat manapun yang memungkinkan.

Kekurangan

biaya mahal

hal tersebut karena memerlukan alat bor khusus yang canggih, tidak seperti bor yang digunakan pada umumnya.

biaya mahal juga dipengarahui oleh penggunaan perlu tenaga profesional, tidak sembarang orang dapat mengebor dengan aman untuk kebutuhan sumur jenis ini.

Baca Juga  Cara Pasang Pompa Pendorong Air Dari Toren

ijin khusus

ini berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, anda tidak boleh membangun sumur ini secara sembarangan. karena pengaplikasiannya apakah akan menimbulkna dampak lingkungan atau tidak, maka dari itu memerlukan izin yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

dari sini, proses yang diperlukan tentu juga berpengaruh kepada seberapa cepat izin keluar.

Bagaimana cara membuatnya

biaya sumur artesis
via: doityourself.com

tentu, proses pengeboran menjadi faktor yang penting untuk membuat jenis sumur ini. diperlukan sumur bor artesis khusus yang kuat untuk menembus hingga lapisan terdalam.

selain itu, lain tempat pembuatan lain pula medan yang dihadapi. sebabnya, cara membuat sumur artesis itu harus dikonsultasikan terlebih dahulu terkait proses pembuatan dengan jasa ahli dibidangnya.

Biaya

lalu berapa biaya sumur artesis yang dibutuhkan?

estimasi harga yang dibutuhkan untuk membayar profesional sumur, umumnya ada diharga 200 ribu hingga 400 ribu per meternya, semakin dalam maka itu akan semakin mahal.

beda tempat mungkin menentukan harga disini.

menarik ya qhomelovers?

belanja kebutuhan sumur dan tools lainnya di qhomemart.com , belanja lebih mudah langsung dari whatsapp anda di nomor 08112863773.

5/5 - (7 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini