Sumur Bor vs Sumur Gali, Lebih Baik Mana?

Dalam membangun rumah, tentunya sumber air sangatlah penting untuk dimiliki. Air adalah salah satu sumber kehidupan yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Anda bisa menggunakan sumur sebagai sumber air pada hunian Anda. Namun, terdapat dua jenis sumur yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih untuk membuat sumur galian biasa atau membuat sumur bor di rumah.

source: www.pinckneywelldrilling.com

Apa itu Sumur Gali?

Sumur gali adalah konstruksi sumur yang sangat umum untuk digunakan. Sumur ini dibuat untuk mengambil air tanah bagi masyarakat kecil dan rumah-rumah perorangan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sumur ini dibuat dengan memanfaatkan tenaga manusia untuk menggali hingga dalam. Pada umumnya, sumur galian memiliki diameter yang cukup lebar. Kedalaman sumur minimal 7 hingga 10 meter dari permukaan tanah.

Apa itu Sumur Bor?

Sumur bor atau sumur suntik adalah sumur yang dibuat dengan mengebor sumur untuk mendapatkan air tanah yang tidak berwarna dan tidak berbau. Sumur bor juga memiliki debit yang stabil dan umumnya debit air pada sumur bor atau sumur suntik tidak menurun.

Baca Juga  Jual Meja Belajar Jogja

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Gali dan Sumur Bor

Untuk membandingkan lebih baik membuat sumur gali atau sumur bor, tentu kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai sumur gali dan juga sumur bor. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis sumur tersebut.

source: offthegridnews.com

Kelebihan Sumur Gali

Mudah Dibuat

Untuk membuat sumur gali cukup mudah. Anda bisa meminta tolong tukang gali untuk menggali tanah hingga kedalaman tertentu. Umumnya penggalian sumur minimal 7-10 meter. Namun terkadang pada area yang memiliki air tanah yang cukup dalam, Anda perlu melakukan penggalian lebih dalam lagi hingga air mulai terlihat dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Memiliki Diameter yang Besar

Umumnya sumur gali memiliki diameter yang cukup besar. Hal ini karena sumur gali dibuat manual dengan tenaga manusia. Diameter sumur yang lebih besar dapat membuat debit air yang berada di dalam sumur menjadi semakin besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari di rumah.

Biaya Pembuatan Relatif Murah

Untuk membuat sumur galian, biaya pembuatannya tergantung pada penyedia jasa gali sumur. Pembuatan sumur galian tidak memerlukan berbagai macam alat dan hanya menggunakan tenaga manusia. Hal ini membuat biaya pembuatan sumur tersebut menjadi lebih murah dibandingkan dengan membuat sumur bor.

Kekurangan Sumur Gali

Mudah Terkontaminasi

Jika Anda menggunakan sumur gali di rumah, sebaiknya hindari membuang limbah rumah tangga atau sisa pembuangan manusia. Sumur gali tidak kedap air. Air limbah tersebut dapat meresap melalui pori-pori tanah dan mencemari sumber air yang masih bersih di dalam sumur tersebut. Selain itu, jika sumur tidak ditutup, air sumur juga bisa tercemar oleh air hujan dan mungkin ada benda atau kotoran yang terjatuh ke dalam sumur.

Baca Juga  8 Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Perlu Lahan Luas

Membuat sumur gali, Anda perlu memiliki halaman atau lahan yang cukup. Tentunya sumur pun harus jauh dari tempat septictank. Diameter sumur gali yang cukup besar tentunya membutuhkan ruang yang cukup. Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup di rumah, Anda bisa menggunakan sumur suntik atau sumur bor.

Kelebihan Sumur Suntik

Proses Pembuatan Lebih Cepat

Membuat sumur suntik menggunakan mesin bor canggih. Proses pembuatan sumur dengan menggunakan mesin tentunya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pembuatan sumur galian yang menggunakan tenaga manusia. Selain itu pembuatan sumur suntik juga tidak membutuhkan banyak orang untuk membuatnya.

Tak Perlu Lahan Luas

Berbeda dengan sumur galian, diameter sumur suntik atau sumur bor tergolong kecil. Lubang yang kecil membuat Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuat sumur tersebut.

Kekurangan Sumur Suntik

Biaya yang Cukup Mahal

Dalam membuat sumur suntik, Anda perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak. Pasalnya, selain menggunakan jasa tenaga manusia, Anda juga perlu menggunakan alat bor untuk membuat sumur suntik. Biaya tersebut menjadi relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan membuat sumur gali.

Bergantung Pada Listrik

Kekurangan lain pada sumur bor atau sumur suntik adalah tipe sumur ini sangatlah bergantung pada sumber tenaga listrik. Jika rumah Anda sedang mengalami mati listrik maka pompa air tidak akan bisa bekerja dan Anda tidak bisa mengambil air sama sekali. Berbeda dengan sumur gali yang masih bisa diambil dengan cara menimba airnya.

Baca Juga  7 Trik Terbaik Untuk Desain Interior Ruang Tamu Anda

Lalu, bagaimana, apakah Anda sudah menimbang-nimbang ingin membuat sumur suntik atau sumur bor?

Jangan lupa untuk membeli pompa air yang berkualitas pula agar dapat awet untuk mengalirkan air tanah dari sumur Anda untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Anda bisa mendapatkan berbagai pompa air berkualitas hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini