Takut Kepleset? Ini Tips Memilih Ubin Kamar Mandi yang Aman

Ubin akan memiliki nilai estetika tersendiri dalam kamar mandi Anda sehingga dalam memilih ubin kamar mandi tidak boleh dilakukan asal-asalan. Pasalnya, selain untuk kepentingan kenyamanan tampilan, pemilihan ubin yang tidak tepat bisa menyebabkan rawan terpeleset. Meskipun terlihat sepele, pemilihan ubin memiliki trik khusus agar tidak membahayakan penghuni rumah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut kami sajikan tips memilih ubin kamar mandi yang tepat dan aman.

3 Cara Memilih Ubin untuk Lantai Kamar Mandi

  1. Perhatikan Ukuran Ubin yang Akan Digunakan

Ukuran merupakan hal dasar yang harus diperhatikan dalam menentukan ubin untuk kamar mandi. Sebaiknya gunakan ubin yang berukuran kecil baik yang berbentuk persegi, persegi panjang maupun heksagonal, tujuannya untuk mengurangi potensi terpeleset. Kamar mandi dengan ubin kecil akan memiliki lebih banyak celah dimana semakin tidak rata permukaan lantai maka kadar kelicinannya akan semakin rendah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari ubin yang memiliki ukuran besar.

  1. Gunakan Keramik dengan Motif Batu Alam

Selain memperhatikan ukuran ubin, tekstur ubin juga sangat menentukan keamanan lantai kamar mandi. Jika membeli ubin kamar mandi jenis keramik, pilihlah keramik yang memiliki tekstur kasar seperti keramik motif batu alam. Selain tidak menyebabkan kepleset, keramik motif ini lebih mudah untuk dibersihkan karena permukaannya tidak rata. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan keramik lain dengan motif timbul seperti maroccan, bunga atau stamford.

  1. Perhatikan Penggunaan Ubin Batu Kerikil
Baca Juga  Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Selain menggunakan keramik, untuk mendapatkan ubin kamar mandi yang aman bisa dilakukan dengan menggunakan ubin batu kerikil. Ubin terkasar yang bisa diaplikasikan untuk kamar mandi ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi dan unik. Namun, karena sifat batu yang padat dan keras membuatnya memiliki daya serap yang rendah. Jadi, ketika menggunakan ubin batu kerikil sebaiknya melapisinya dengan menggunakan cat epoxy. Untuk tips pemasangannya dapat dilakukan dengan memperlebar jarak antar kerikil.

Selain tiga tips di atas, hal yang harus diperhatikan untuk bisa memiliki kamar mandi yang aman dan nyaman yaitu membuat saluran air yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyerapan dan mengurangi genangan di kamar mandi sehingga kelembabannya dapat terjaga. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk Anda yang menginginkan ubin yang aman.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini