Ingin Pasang Talang Air? Baca Ini Terlebih Dahulu

talang air sering kali diremehkan keberadaannya, nyatanya salah satu komponen rumah tidak bisa diremehkan. dengan fungsi yang cucup vital harus anda pasang demi kelancaran hujan datang

Apa Itu Talang Air?

talang air merupakan salah satu komponen pada rumah yang berfungsi sebagai jalan bagi air seperti air hujan untuk dialihkan ke tempat lain untuk dibuang. benda ini amat penting keberadaanya terlebih bagi tipe rumah yang memiliki atap dengan kemiringan tertentu, tentunya saat musim hujan tiba talang air amat membantu untuk mengalihkan air.

benda ini biasanya menempel pada bagian samping atau pinggir atap, jadi air hujan yang jatuh ke area atap rumah dapat langsung menuju talang air untuk dialihkan ke tempat tertentu. biasanya komponen talang air rumah ini dipadukan dengan paralon supaya saat air hujan dialihkan tidak meluber kemana – mana.

Kegunaan Talang Air

ternyata talang air memiliki beberapa kegunaan lain selain sebagai alat untuk mengalir dan mengalihkan air hujan ke tempat lain baik pada tempat penampungan khusus hujan, sumur resapan maupun berbagai tempat pembuangan air. berikut beberapa kegunaan lain yang penting untuk anda ketahui.

Pelindung Tembok

saat musim hujan tiba, tembok merupakan bagian rumah yang bekerja ekstra. pasalnya, air hujan yang merembes pada tembok secara terus menerus dapat mengusik ketahanan yang dimiliki. rembesan ini dapat terjadi karena berbagai faktor baik dari tingkat curah hujan yang tinggi ataupun kurangnya kualitas tembok yang dimiliki.

Baca Juga  Kenali 4 Jenis Baja Ringan Untuk Rumah

talang air dapat mengurangi berbagai kekurangan tersebut tingkat curah hujan tinggai maupun kualitas tembok yang dimiliki. biasanya air hujan langsung jatuh ke tanah/konblok lalu memantul ke tanah. nah, penggunaan talang air dapat tentu mengalihkan air hujan dari atap, lalu dialirkan ke bawah melaui paralaon supaya tidak meluber, sangat membantu bukan?

Pelindung Meteran Listrik

terkadang, beberapa rumah memiliki banyak komponen listrik yang ditaruh di luar rumah. sebut saja pembuangan ac bahkan hingga meteran listrik. seluruh komponen listrik ini jika saat hujan tiba tentu dapat membuat anda was-was jikalau terjadi konsleting atau berbagai hal yang tidak diinginkan lain.

komponen listrik yang sudah terlanjur dipasang tersebut dapat membuat anda akali dengan pemasangan talang air, tentu hal ini dapat membantu pengurangan potensi bahaya yang ditimbulkan. anda juga dapat memasang penutup tambahan untuk perlindungan yang lebih ekstra.

Cara Pasang Talang Air

cara pasang talang air

dengan berbagai kegunaan benda ini dapat disimpulkan bahwa keberadaanya amat penting. bagi anda yang ingin memasang benda ini, kali ini kita akan membahas bagaimana cara pasang talang air dibawah ini, simak terus dibawah ini

1. Ukur Atap Yang Akan Dipasang

sebelum pemasangan talang dimulai, anda dapat melakukan terlebih dahulu yakni ukuran atap yang ingin dipasang. hal ini dapat menjadi kemudahan bagi and ajika sudah mengetahui apakah akan membeli seberapa banyak dan besar talang yang akan dibeli. salah – salah anda malah salah dalam membeli sehingga harus bolak – balik ke toko. nah, ukur dahulu atap rumah anda

Baca Juga  Daftar Harga Bathtub dan Tips Membersihkan Bathtub

2. Persiapkan Talang

langkah kedua yang harus dilakukan tentu adalah menyiapkan talang. baik berapa banyak talang yang akan digunakan maupun jenis talang yang dipakai. hal – hal seperti ini tentu harus anda lakukan guna mendapatkan talang air yang cocok sesuai dengan kebutuhan penggunaan. untuk banyak talang anda dapat memperkirakan sisi atap yang akan dipakai, namun bagaimana dengan jenis talang? anda dapat mengetahui berbagai jenisnya dibawah

Talang Jenis PVC

talang air pvc
via first production

jenis talang menjadi pilihan yang cukup popular, pasalnya harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan juga memiliki kelebihan tahan terhadap karat. kelebihan lain yang dimiliki untuk jenis PVC ini memiliki bobot yang tidak teralu berat dan juga pemasangan yang lebih simpel.

namun, bahan yang dimiliki pada jenis PVC tidak terlalu tahan pada perubahan cuaca. sehingga, anda secara rutin dapat memperhatikan kondisi talang dan segera menggantinya jika menemui talang perlu perbaikan.

Talang Jenis Logam

jenis ini memiliki harga yang juga terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah mumpuni. jenis logam juga memiliki beberapa pilihan material yang terkandung dalam jenis logam ini diantaranya adalah material aluminium, material galvalum serta berbagai material lain.

Dengan bahan logam yang dimiliki, jenis ini dapat menjadi lebih mudah untuk terkena karat. namun, dengan inovasi yang dikembangkan jenis galvalum dapat dipilih untuk diaplikasiakan. material galvalume terdapat kandungan lapisan anti karat. tentu hal ini memungkinkan penggunaan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Talang Jenis Beton

talang air beton

jenis ini memiliki beberapa keunggulan jika disbanding dengan 2 jenis yang dibahas sebelumnya. jenis beton tahan terhadap cuaca panas dari sengatan matahari, selain itu, jika dilihat dari konstruksi yang dimiliki, kekuatannya juga lebih kuat. tingkat aliran air yang dihasilkan juga lebih lancer, sehingga sangat cocok bagi daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

Baca Juga  50 Inspirasi Dekorasi Kamar Minimalis Modern

dengan berbagai kelebihan yang dimiliki , tentu harga yang ditaksir juga lebih tinggi. pemasangan juga membutuhkan waktu lebih lama jika dbanding kedua jenis sebelumnya yakni jenis logam dan jenis pvc. untuk itu, anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Pasang Dudukan Talang

dudukan talang berfungsi agar talang dapat menempel dengan tidak mengganggu dari talang itu sendiri. biasanya talang dapat dipaku pada bagian pinggir lalu tempelkan saja. hal ini dapat merusak dari fungsi serta material talang yang digunakan tersebut.

dudukan talang dapat anda pasang dengan bentuk membentuk huruf U. bentuk ini ini sangat cocok untuk bentuk talang yang memiliki bentuk kotak. sehingga posisi dapat lebih kokoh saat terpasang. untuk itu, pasang dudukan terlebih dahulu sebelum pemasangan talang dilakukan

4. Pasang Talang Pada Atap

langkah selanjutnya, anda dapat segera memasang talang untuk diaplikasikan pada pinggiran atap rumah anda. setelah jenis dan ukuran talang siap serta dudukan juga sudah terpasang, segera tempatkan talang pada bagian atap di dudukan yang sudah terpasang. selalu pantau talang anda untuk agar selalu siap jika hujan datang.

berikut cara pasang talang air serta beberapa kegunaan yang wajib anda ketahui.  cek harga berbagai kebutuhan bangunan lain disini


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini