Dekorasi

Taman Rumah yang Asri dan Multifungsi

Taman rumah yang asri dapat membuat para penghuninya menjadi lebih betah. Memiliki taman dengan bunga-bungaan yang indah atau pohon yang rindang dapat membuat Anda lebih nyaman. Taman di rumah Anda dapat membantu menambah jumlah pasukan oksigen di rumah Anda.

Taman Rumah yang Asri

Taman di rumah Anda tentu dibuat dengan memiliki tujuan tertentu. Tujuan adanya taman di rumah adalah untuk keindahan, penyejuk, bahkan tempat bersantai. Tentunya Anda dapat membuat taman di rumah Anda menjadi multifungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa membuat taman di berbagai tempat di rumah Anda, mulai dari taman depan rumah, taman belakang rumah, taman di balkon, hingga taman di atap rumah atau taman di rooftop Anda.

Taman Belakang Rumah

Terdapat beberapa jenis taman yang dapat dimiliki oleh rumah Anda, salah satunya adalah taman belakang rumah. Taman belakang rumah dapat dibuat lebih berwarna dan menempatkan banyak benda untuk bersantai. Taman belakang tentunya dapat dibuat lebih nyaman karena terletak di bagian belakang rumah dan memiliki privasi yang lebih jika dibandingkan dengan taman depan rumah.

Baca Juga  Bikin Teras Rumah Minimalis Lebih Menarik Dalam 1 Hari

Taman Rumah untuk Bersantai

taman rumah
source: adorable-home.com

Di area belakang rumah, sangatlah cocok untuk bersantai. Anda bisa menanam tanaman rumput hijau dan beberapa pohon untuk menyejukkan halaman. Selain itu, tambahkan pula decking kayu untuk lantai di area outdoor rumah Anda. Berilah furniture yang tahan terhadap air hujan atau pasanglah sedikit kanopi di area bersantai taman rumah agar Anda tidak langsung terkena sinar matahari atau dibasahi oleh air hujan.

Taman Rumah dengan Pohon

taman rumah 2
source: the new york times

Jika Anda tidak terlalu suka dengan semak-semak di area halaman rumah belakang, Anda bisa menanam rumput di taman belakang rumah dan memadukannya dengan menanam beberapa pohon. Dengan menanam beberapa pohon dan tidak memiliki tanaman semak-semak, Anda dapat memiliki area yang terkesan lebih luas di taman rumah Anda.

Jangan lupa untuk rajin menyapu daun dari daun pohon yang berguguran yaa agar taman rumah Anda tidak terlihat kotor dan tetap terasa nyaman.

Tamanan Herbal untuk Taman Belakang Rumah

taman rumah 4
source: modernfarmer.com

Memiliki taman rumah dapat membuat Anda juga lebih produktif loh. Selain menanam tanaman seperti bunga dan juga pepohonan, Anda juga bisa menanam tanaman rempah atau herbal lho. Anda bisa menanam tanaman bumbu dapur seperti jahe, bawang putih, bawang merah, atau bisa juga tanaman herbal lain seperti mint, thyme, rosemary, dan lain sebagainya.

Jika Anda suka pedas dan membuat sambal, Anda bisa juga menanam cabai di halaman belakang rumah agar saat Anda ingin membuat sambal, Anda tidak perlu membeli cabai dan hanya tinggal memetik cabai dari halaman rumah. Praktis, bukan?

Baca Juga  Mengintip Rumah Ria Ricis

Taman Rumah berbentuk Vertikal

taman rumah 5
source: goodshomedesign.com

Menanam dengan cara vertikal sudah banyak dilirik oleh masyarakat di perkotaan terutama yang memiliki lahan terbatas dan tidak memiliki halaman. Pasalnya, taman vertikal dapat dibuat di lahan yang minim sekalipun. Anda bisa mengubah balkon apartemen Anda menjadi suatu taman dengan konsep vertikal juga lho.

Pilihlah tanaman yang tidak memiliki akar yang besar agar muat untuk ditanam pada pot yang akan disusun secara vertikal. Anda bisa membuat pot dengan memanfaatkan botol plastik bekas untuk menanam tanaman. Jangan lupa bolongi bagian bawah botol plastik tersebut agar air bisa mengalir dan tidak menggenangi tanaman milik Anda.

Taman di Rooftop Rumah

taman rumah di rooftop
source: architecture art design

Membuat taman di rooftop atau atap rumah Anda? Kenapa tidak?

Memiliki taman di atas atap rumah dapat menjadi salah satu pilihan yang menarik dan juga unik lho. Anda bisa lebih bebas dalam melihat langit di malam hari dan melihat pemandangan di sekitar rumah Anda. Jika Anda ingin, Anda juga bisa menaruh kolam renang kecil agar bisa berenang di atap rumah Anda.

Jangan lupa untuk memperhatikan saluran air pada atap Anda saat ingin membuat taman di atap rumah. Pastikan air tidak akan menggenang dan dapat mengalir ke bawah saat hujan turun. Tentu Anda tidak ingin bukan memiliki taman yang rusak karena tergenang air hujan?

Baca Juga  Jangan Lupakan 8 Peralatan Kamar Mandi Ini Kalau Tidak Mau Repot

Anda juga bisa memadukan taman di atap rumah Anda dengan dek kayu sebagai lantai dan juga tempat duduk. Dek kayu relatif lebih kuat untuk dijadikan sebagai lantai di area luar rumah Anda.

Simak terus berbagai info menarik dan juga inspirasi desain yang cantik hanya di blog Qhomemart. Berbelanja kebutuhan rumah di Qhomemart tentunya sangat tepat karena dapat memenuhi segala kebutuhan Anda mulai dari lantai, atap, furniture, dan lain sebagainya. Yuk ke Qhomemart!

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini