8 Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Tanaman hias indoor mulai banyak sekali diminati oleh masyarakat. Tanaman indoor menjadi salah satu pilihan menarik untuk mempercantik interior rumah minimalis Anda. Tanaman di dalam rumah dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih segar dan tentunya indah.

Jenis tanaman indoor pun beragam. Selain untuk menghias ruangan, tanaman indoor pun memiliki manfaat lho. Kenali berbagai jenis tanaman indoor dan manfaatnya di sini.

Banyak sekali tanaman hias indoor yang cantik untuk ditanam di dalam rumah Anda. Sayangnya, beberapa orang kesulitan memelihara tanaman indoor. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara merawat tanaman indoor agar dapat tumbuh subur dan tidak layu.

tanaman hias indoor
source: seasonalwisdom.com

Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Kenali Karakteristik Tanaman

Sebelum memilih ingin memelihara tanaman hias indoor seperti apa, sebaiknya Anda perlu mengetahui karakteristik tanaman tersebut. Cari tahu apa saja jenis tanaman hias indoor, rekomendasi suhu yang tepat untuk merawatnya, kebutuhan airnya, hingga metode perawatannya.

Dengan mengetahui karakteristik tanaman hias indoor, Anda akan lebih mudah dalam memilih tanaman hias yang cocok dengan yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga dapat lebih mengetahui cara merawat tanaman hias indoor sesuai dengan karakteristiknya.

Baca Juga  Tipe Ruko Minimalis Yang Cocok Untuk Berbisnis

Perhatikan Media Tanam yang Anda Gunakan

Tentunya media tanam sangatlah penting untuk menanam tanaman. Media tanam yang tidak cocok akan membuat tanah tidak subur dan tanaman Anda menjadi tidak dapat tumbuh dengan baik.

Sebelum Anda mulai menanam, sebaiknya buatlah tanah Anda menjadi tanah yang subur dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemberian pupuk ini dapat membuat tanah Anda menjadi lebih subur dan mendapatkan nutrisi yang baik untuk menyuburkan tanaman Anda.

tanaman hias indoor
source: designbx.com

Sesuaikan Pemberian Air dengan Jenis Tanaman

Tentunya setiap makhluk hidup membutuhkan air, termasuk tanaman. Akan tetapi, kebutuhan jumlah air setiap tanaman berbeda. Anda perlu mengetahui sebaiknya menyiram tanaman sebanyak apa.

Pastikan saat Anda menyiram tanaman Anda menyiram dengan jumlah air yang cukup dan tidak ada air yang menggenang. Air yang menggenang di sekitar tanaman Anda akan membuat tanaman menjadi busuk dan mati. Sebaiknya jangan biarkan tanaman Anda juga kekeringan karena akan membuat tanaman Anda menjadi layu dan mati.

Pastikan Menerima Sinar Matahari yang Cukup

Cahaya matahari sangat penting bagi seluruh tanaman. Meskipun berada di dalam rumah, tanaman hias indoor tetap membutuhkan pasokan sinar matahari untuk dapat tumbuh dengan baik. Sebaiknya tempatkan tanaman di dekan jendela atau keluarkan tanaman di luar ruangan selama beberapa saat untuk mendapatkan sinar matahari sebelum kembali ditaruh di dalam ruangan.

Baca Juga  Jasa Service Dan Pemasangan Jogja

Anda juga bisa membuat rumah minimalis Anda dengan banyak jendela atau memiliki jendela berukuran besar agar cahaya matahari lebih mudah masuk ke ruangan. Selain baik untuk tanaman, cahaya matahari juga dapat membuat Anda menghemat energi di siang hari lho. Cahaya matahari juga dapat memberikan kesan ruangan yang cukup luas pada rumah minimalis Anda.

Jaga Kelembapan Udara yang Baik

Sebaiknya hindari menaruh tanaman hias indoor di ruangan ber-AC. Ruangan dengan AC cenderung lebih kering dan tidak cocok untuk tanaman indoor Anda. Oleh karena itu lebih baik menanam tanaman hias di ruangan yang memiliki suhu ruangan.

Ganti Media Tanam secara Berkala

Tanaman akan tumbuh semakin besar. Untuk itu Anda perlu memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar. Sebaiknya ganti atau tambahkan media tanam baru agar dapat tumbuh dengan lebih subur.

Bersihkan Tanaman secara Berkala

Daun tanaman yang bersih akan membuat tanaman Anda terlihat lebih cantik. Meskipun berada di dalam ruangan, tentu tanaman Anda tetap dapat terkena debu dan menjadi kotor. Oleh karena itu, bersihkan tanaman Anda secara rutin agar terlihat lebih indah.

Gunakanlah air biasa untuk mengelap daun dan membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel.

Hindari Memindahkan Tanaman Terlalu Sering

Seperti makhluk hidup lain, tanaman perlu beradaptasi di lingkungan tempat tinggalnya. Jika Anda sering memindahkan tanaman, tentu akan perlu waktu lagi bagi tanaman untuk beradaptasi. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan tanaman langsung di tempat yang sesuai dan hindari memindahkannya terlalu sering. Pertumbuhan tanaman indoor akan menjadi lebih baik dengan menempatkannya di tempat yang tepat.

Baca Juga  Jenis Dan Manfaat Tanaman Indoor Untuk Mempercantik Ruangan!

Yuk simak terus tips dan trik seru serta berbagai inspirasi hanya di blog Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini