Perhatikan Hal Ini untuk Tata Ruang Rumah Minimalis

Tata ruang rumah minimalis sangatlah penting. Jika Anda salah dalam menata rumah minimalis maka rumah akan terasa sempit, terlalu penuh, dan kurang nyaman untuk dihuni. Akan tetapi, banyak orang yang belum mengetahui apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam menata ruang di rumah minimalis? Untuk itu, yuk sama-sama kita simak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tata ruang rumah minimalis!

Pemilihan Warna Cat untuk Tata Ruang Rumah Minimalis

tata ruang rumah minimalis
source: nuvomagazine.com

Warna cat dinding pada rumah Anda sangat berpengaruh terhadap tata ruang rumah minimalis. Meskipun tata ruang pada rumah Anda sudah baik, akan tetapi jika Anda salah memilih cat hal itu dapat berakibat fatal. Pemilihan cat yang salah seperti memilih cat berwarna gelap dapat mengganggu penampilan ruangan di rumah Anda. Ruang pada rumah Anda akan terlihat gelap dan terasa sempit. Ruangan yang gelap tentunya dapat membuat Anda tidak nyaman dan sulit melihat serta terkesan dingin.

Oleh karena itu, dianjurkan bagi Anda untuk memilih cat dengan warna yang terang seperti warna pastel terang, warna putih, krem muda, atau warna terang lainnya. Penggunaan cat dengan warna terang dapat memberikan kesan ruangan yang cukup luas pada rumah minimalis Anda.

tata ruang rumah minimalis
source: zuhairah-homeinteriordesign

Padukan pula dengan furniture warna senada atau warna-warna bold seperti meja kayu berwarna cokelat tua atau bantal sofa berwarna hitam. Untuk lebih menghidupkan suasana, Anda bisa menaruh tanaman hias indoor di beberapa sudut ruang di rumah Anda.

Baca Juga  6 Dekorasi Rumah Estetik Yang Sederhana, Sangat Mudah di Aplikasikan!

Pencahayaan yang Baik

tata ruang rumah minimalis
source: americantinyhouse.com

Cahaya adalah salah satu hal yang paling penting. Pencahayaan yang cukup untuk rumah Anda dapat membuat rumah terkesan lebih luas dan Anda pun lebih nyaman tinggal di rumah. Tidak hanya butuh jendela yang cukup untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah, Anda juga perlu menambahkan lampu di titik-titik tertentu yang dapat memaksimalkan pencahayaan di rumah Anda.

Akan tetapi, pilih pula lampu dengan watt yang tepat. Lampu yang terlalu terang dapat membuat mata Anda sakit karena silau sedangkan watt yang terlalu kecil tidak dapat menerangi ruangan dengan maksimal. Selain itu, Anda juga perlu memilih desain kap lampu. Desain kap atau dudukan lampu yang cantik dapat menambahkan elemen dekorasi pada rumah Anda. Sesuaikan pula dengan tema rumah yang Anda angkat, ya.

Pilih Tema Rumah Sesuai Selera

Pada rumah minimalis tentunya Anda ingin mengangkat tema tertentu. Anda bisa mendekorasi rumah Anda dengan tata ruang rumah minimalis modern, tema shabby chic, tema vintage, atau bertemakan natural. Tata letak rumah minimalis yang cantik pun dipengaruhi oleh tema yang diangkat oleh rumah Anda. Tentunya, diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga sebelum membangun rumah dan mendekor rumah untuk memilih suatu tema untuk rumah Anda. Dengan begitu seluruh keluarga dapat nyaman tinggal di rumah bukan?

Baca Juga  Desain Dalam Rumah Minimalis

Pemilihan Furniture

tata ruang rumah minimalis
source: cozylittlehouse.com

Untuk membuat tata ruang rumah minimalis, salah satu hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah furniture. Pemilihan furniture yang tepat sangat berpengaruh terhadap tata ruang pada rumah Anda. Furniture yang terlalu besar akan membuat rumah minimalis Anda terlihat sempit dan kurang nyaman.

Furniture yang terlalu besar dapat membatasi ruang gerak Anda di rumah. Ukuran furniture juga sebaiknya tidak terlalu kecil karena akan terlihat tidak seimbang di ruangan Anda. Meskipun furniture tersebut terlihat nyaman, Anda perlu memilih ukuran yang tepat sebelum membelinya.

Utamakan Kenyamanan

Dalam menentukan tata ruang rumah minimalis, tentu Anda perlu mengutamakan kenyamanan pada rumah. Rumah yang nyaman tentu dapat membuat Anda sekeluarga betah untuk menghuninya bukan? Kenyamanan meliputi banyak hal. Selain pemilihan warna cat, pemilihan furniture yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan denah ruangan yang tepat.

Denah rumah sangat mempengaruhi kenyamanan hunian Anda. Jika terlalu banyak penyekat tembok akan membuat rumah Anda terlihat sempit. Selain itu perhatikan letak kamar mandi dan kamar utama. Sebaiknya jangan membuat denah kamar utama yang terlalu jauh dari kamar mandi karena hal itu tidak terlihat praktis. Selain itu, untuk menyekat ruang, sebaiknya gunakanlah penyekat ruang minimalis yang portable dan tidak menggunakan tembok agar lebih fleksibel dan ruangan terlihat lebih luas.

Yuk lengkapi furniture rumah Anda dengan berbelanja di Qhomemart. Selain itu, tersedia aneka kebutuhan rumah lainnya mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.


Baca Juga  Punya Ruang Kosong di Rumah? Jadikan Ruang Kerja!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini