Dekorasi

20 Teras Rumah Cantik untuk Hunian Anda

Teras rumah cantik adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh tamu Anda. Namun, apa sih sebenarnya teras itu? Apa saja kah fungsi teras? Selain itu untuk membuat rumah Anda terlihat menarik, Anda dapat mendekor teras Anda agar menjadi lebih cantik. Namun, apakah Anda bingung ingin membuat teras rumah cantik seperti apa? Yuk kita simak serba serbi teras rumah cantik di artikel ini!

Pengertian Teras

teras rumah cantik 4 1
source: designsponge.com

Teras adalah ruang peralihan antara area di luar rumah dengan area di dalam rumah. Umumnya ruangan teras biasanya dinaungi dengan atap, baik itu dengan satu atau dua dinding atau pun hanya berupa pilar penyangga atap teras.

Teras bisa terletak di depan rumah minimalis, di samping rumah, dan juga di samping rumah. Fungsi teras pun beragam. Letak teras di depan, samping, maupun belakang dapat memengaruhi fungsi teras tersebut.

Pada rumah minimalis dengan lahan sempit, umumnya hanya memiliki satu teras di bagian depan dengan luas yang tidak terlalu besar. Lahan yang sempit pun juga memungkinkan Anda untuk memiliki taman yang sempit.

Fungsi Teras

Teras memiliki beberapa fungsi, tergantung dengan lokasi teras berada. Terdapat tiga letak teras, yaitu teras depan, teras samping, dan teras belakang. Yuk lihat fungsi-fungsi dari ketiga jenis teras tersebut sesuai dengan letaknya!

Fungsi Teras Depan

Sesuai dengan namanya, teras depan terletak di bagian depan rumah Anda. Fungsi teras depan adalah untuk ruang menerima tamu atau area tunggu sebelum Anda mempersilakan tamu yang datang untuk masuk ke dalam rumah.

Fungsi Teras Samping

Teras samping umumnya ditemukan di rumah-rumah yang terletak di area hook atau berada di lahan sudut. Namun, tidak menutup kemungkinan jika teras samping juga terdapat pada rumah-rumah yang tidak terletak di area hook. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas dan tidak ingin membangun semua lahan untuk rumah Anda, Anda bisa membangun teras samping yang menghadap ke halaman samping di rumah Anda.

Baca Juga  Model Atap Teras Rumah Minimalis Paling Asri

Fungsi teras samping biasanya menjadi tempat untuk bersantai. Seringkali, teras bagian samping terhubung dengan ruang tidur atau pun terhubung dengan dapur minimalis.

Fungsi Teras Belakang

Teras rumah cantik di bagian belakang memiliki fungsi yang lebih banyak dibandingkan dengan teras lainnya. Teras belakang memiliki posisi yang lebih tertutup dibanding teras lainnya. Hal ini membuatnya dapat difungsikan untuk berbagai macam hal.

Teras belakang dapat Anda jadikan sebagai ruang makan, tempat dekat dapur outdoor, tempat untuk melakukan hobi Anda, dan juga tempat bersantai. Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas, teras belakang juga dapat menjadi sarana penghubung dengan kolam renang belakang rumah atau halaman.

Inspirasi Teras Rumah Cantik Minimalis

1) Teras tema biru navy

teras rumah cantik 2
source: nestingwithgrace

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dan memiliki area yang terbatas untuk teras rumah, Anda bisa menjadikannya cantik dengan elemen dekorasi dan juga warna cat pada teras rumah Anda. Anda bisa memadukan warna putih dengan biru navy untuk memberikan kesan minimalis dan suasana laut. Selain itu, agar teras rumah cantik Anda terlihat lebih segar, Anda bisa menambahkan dekorasi berupa pot tanaman dengan aneka bunga.

Penggunaan kursi rotan pada teras rumah Anda juga dapat menjadi pilihan yang menarik. Jangan lupa letakkan kursi rotan tersebut di tempat yang strategis di teras rumah Anda agar tidak menghalangi jalan menuju ke dalam rumah Anda.

2) Teras rumah untuk bersantai

teras rumah cantik
source: eighteen25

Teras rumah cantik dapat dijadikan salah satu spot favorit untuk bersantai. Pasalnya, di teras rumah, Anda bisa mendapatkan udara segar dari angin sepoi-sepoi yang berhembus. Untuk menambah kenyamanan saat bersantai di teras rumah Anda, gunakan sofa yang nyaman.

Padukan warna sofa dengan warna teras rumah Anda untuk memberikan kesan teras rumah yang cantik dan serasi. Pastikan Anda memilih sofa yang tepat agar teras rumah Anda terlihat serasi dan Anda bisa bersantai dengan nyaman.

Untuk menambahkan kesan minimalis dan hangat, Anda bisa menggunakan meja dengan bahan kayu sebagai tambahan. Hiasi pula dengan pot dan bunga-bunga warna warni untuk menambahkan kesan natural dan segar pada teras rumah Anda.

3) Teras dengan rumput artificial

Desain Teras Rumah Minimalis

Rumput artificial dapat dimanfaatkan sebagai rumput pengganti rumput asli. Dengan biaya maintenance rendah dan mudah perawatan, tidak perlu banyak biaya yang dikeluarkan.

Anda bisa mengkombinasikan dengan rumput asli, seperti diarea halaman. Untuk area teras, dapat menggunakan rumput arficial.

4) Teras ala pedesaan

teras rumah ala pedesaan

Bagi yang menyukai unsur pedesaan, sangat mudah untuk membentuk suasana ini. Gunakan kursi teras dari kayu, yang mengikuti desain-desain ala pedesaan jawa.

Baca Juga  Gunakan 7 Barang Simpel Ini Untuk Ruang Tamu Cantik

Bisa juga dengan memakai lantai ubin produksi lama atau tema old vintage untuk memperkuat suasana pedesaannya. Serasa balik kampung bukan?

5) Inspirasi teras di perumahan

teras rumah minimalis

Perumahan berukuran sedang biasanya tidak memiliki teras yang cukup besar. Membuat teras terlihat luas adalah tantangan yang harus dijawab.

Kunci teras diperumahan agar terlihat lebar adalah dengan menempatkan space khusus ditengahnya. Kemudian menambah karpet dan kursi teras yang proper agar bisa dipakai untuk bersantai.

6) Contoh teras rumah minimalis

contoh teras rumah minimalis
contoh teras rumah minimalis

Teras berikut dibuat dengan memanfaatkan space yang tersisi pada rumah minimalis. Bagian depan dibuat dengan kanopi yang unik, mengikuti bentuk rumah utama.

Bagian teras cukup simpel dengan dipasang 1 pasang kursi santai.

7) Teras cantik ala jepang

teras rumah ala jepang
teras rumah ala jepang

Teras jepang terlihat cantik dengan karakter alamnya yang kuat. Pohon bonsai yang khas tak lupa menghias pada bagian samping.

Biasanya terdapat unsur air dengan membangun kolam dibagian sampingnya. Unsur air dan pepohonan merupakan paduan yang tepat, juga memberikan desain teras cantik pada pengaplikasiannya.

8) Teras alam yang luas

contoh teras alam luas

Untuk mendapatkan teras seperti ini, area sekitar rumah perlu memiliki lingkungan yang rindang. Akan lebih banyak jika model pohon memiliki dedaunan atau akar yang melebar.

Buat teras secara memanjang, penggunana pintu jendela agar pencahayaan lebih maksimal.

9) Teras cantik 1 lantai

teras rumah 1 lantai

Untuk rumah dengan tipe 1 lantai, teras rumah cantik dengan model sederhana seperti ini.

Bagian depannya terdapat tiang yang menopang bagian atap depan. tiang ini juga berfungsi sebagai sisi privasi, agar teras tidak terlihat langsung dan terlihat kosong.

10) Teras dengan atap transaparan

gambar teras dengan atap transaparan

Atap transparan memberikan pencahayaan lebih maksimal dengan tetep melindungi dari hujan dan sinar matahari. Ini membuat area yang semula gelap, kini selalu terlihat terang.

Menambah tanaman yang merambah ke area atap dapat menjadi opsi yang menarik, sisi estetika alam dapat terpancar lewat trik seperti ini.

11) Dengan Meja makan

teras dengan meja makan
Foto : fly kati

Mengadakan perayaan kecil atau acara keluarga di teras pasti mengasyikkan di tempat ini. Teras belakang yang disulap menjadi ruang bersantai sekaligus berkumpul memiliki kesan berbeda dibanding acara di area indoor.

Area teras belakang memberi kesejukan alam yang lebih baik, sekaligus dapat menghirup udara segar secara langsung.

12) Teras area balkon

12) Teras area balkon
Foto : Dogtas

Memiliki balkon di rumah sangat menguntungkan untuk tempat bersantai. Balkon lebih cocok untuk sisi privasi lebih terjaga, karena letaknya lebih tinggi dibanding teras dibagian bawah.

Cukup tempat kursi santai dengan mejanya, bercanda gurau dan bersantai disini sangat menyenangkan.

13) Teras ala resort

teras ala resort

Resort selalu memiliki teras yang menarik untuk ditiru. Contohnya yang satu ini, teras dibuat dengan nyaman melalui unsur kayu yang dihadirkan. Unsur kayu berfungsi sebagai kanopi cantik yang membungkus kursi-kursi didalamnya.

Baca Juga  7 Dekorasi Taman Minimalis Untuk Hunian

Ditambah lantai kayu yang diaplikasikan dibagian bawahnya, semakin membuat teras rumah cantik terlihat alami.

14) Dengan tanaman rambat

teras belakang dengan tanaman rambat

Tanaman rambat yang merambat pada dinding memberi warna tersendiri. Selain tanaman pada pot, tanaman rambat dinding jmemenuhi space yang biasanya terlihat kosong di dinding.

Tanaman bisa merambat hingga menjalar ke bagian paling atas. Semakin tinggi, tentu membuat teras belakang rumah semakin terlihat rimbun.

15) Jalan setapak mungil

teras dengan jalan setapak
Foto : hello shabby

Jalan setapak pada teras membuat nuansa terlihat layaknya jalan untuk dipijaki. Membuat jalan setapak pun tidak ribet, cukup menggunakan batu sebagai pijakan utamanya. Untuk bagian jalan, gunakan batu yang lebih besar.

Kemudian pada bagian sampingnya diberikan batu kali atau batu split, untuk memenuhi bagian yang masih terlihat kosong. Konsep ini sangat cocok baik untuk teras kecil maupun berukuran besar.

16) Penggunaan Taman Mini

teras dengan taman mini

Taman mini di teras sangat cocok untuk tipe rumah berukuran kecil hingga medium. Bentuknya dapat disesuaikan dengan selera. Untuk mendapatkan focal point, gunakan tanaman bonsai untuk mempercantik area ini.

Bonsai adalah tanaman yang dikenal akan keindahannya, meskipun membutuhkan effort untuk perawatan.

Untuk membuat teras rumah cantik seperti ini, diperlukan tanaman dengan sebidang tanah yang subur. Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, gunakan pupuk agar tanaman tumbuh sehat dan terawat.

17) Tembok Batu Alam

teras tembok batu alam

Batu alam yang diaplikasikan pada tembok tidak hanya membuat teras rumah cantik, namun melindungi struktur tembok itu sendiri. Batu alami memberikan perlindungan seperti kulit terluar.

Ketika hujan, air tertahan di batu alam dan tidak meresap ke tembok. Dengan begini, struktur tembok bagian depan atau outdoor dapat lebih terjaga.

18) Pagar besi batu

teras dengan pagar besi batu

Pagar besi memiliki kekuatan yang baik dan juga bagus dari segi estetika. Namun pagar besi seperti ini memberikan kesan lebih unik, terlebih untuk mendongkrak tampilan desain teras cantik di rumah.

Unsur batu memberikan kesan penuh dan tetap berpijak pada unsur alam. Pagar besi membungkus batu dan membuatnya lebih kuat dan tidak mudah digeser.

19) Penambahan lampu taman

lampu taman untuk teras

lampu taman dapat dipakai untuk mensupport bagian teras. Lampu yang berukuran kecil, dapat menghighlight benda-benda dekorasi maupun tanaman yang berada di teras.

20) Kolam ikan

teras dengan kolam ikan

Tambahan kolam ikan pada teras tidak hanya cocok bagi penghobi, tapi sarana peredam stress. Memelihara ikan sangat bagus untuk kesehatan mental, merelaksasi pikiran dan segudang manfaat lainnya.

Pembuatan kolam pada teras bisa menjadi pilihan pas, karena teras dapat pula dipergunakan bersantai.

Lengkapi kebutuhan material dan dekorasi teras rumah Anda dengan furniture yang bisa Anda dapatkan di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Berbelanja lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

Whatsapp Store (online) : 0811-2863-773

Alamat Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Jam Buka & Operasional : 08.00-21.00 (Setiap Hari)

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini