Tips & Trick

6 Tips Membuat Aquarium Air Laut Untuk Pemula

Membangun aquarium air laut tidaklah sama dibanding dengan aquarium air tawar konvensional. dari segi perawatan maupun beberapa aspek lain, terdapat beberapa perbedaan mendasar supaya aquarium dapat digunakan sebagai mana mestinya. hal ini adalah soal improviasi ataupun bagaimana menyesuaikan dengan kondisi lingkungan laut untuk dibawa ke area aquarium, dan mungkin anda akan terkejut jika menemukan beberapa item yang diperlukan.

segera setelah anda membeli beberapa peralatan aquarium air laut atau item yang diperlukan, ikut tips berikut ini supaya pembuatan aquarium jadi lebih baik, mari kita simak tips berikut ini :

Siapkan Tempat Aquarium

aquarium air laut
via pinterest

langkah paling pertama, adalah menyiapkan aquarium untuk air laut (asin). instalasi pertama adalah bagian dasar yang perlu di atur khusus untuk mendapat langkah – langkah selanjutnya. artinya, settingan pertama ini tentu berpengaruh untuk langkah-langkah selanjutnya sebagaimana air laut diaplikasikan

atur posisi aquarium

pastikan posisi dapat mudah dijangkau, akan lebih baik menggunakan meja aquarium khusus supaya lebih menarik. hal lain, meja aquarium biasa sudah membawa fitur fitur khusus mengakomodir kebutuhan yang diperlukan. jangan lupa pula untuk menyiapkan terminal listrik karena nantinya hal ini akan dipakai.

Baca Juga  Tips Memilih Kompor Gas Tanam

bersihkan terlebih dahulu

ini tidak berlaku untuk aquarium air laut saja, tipe air konvensional sudah pasti perlu membersihkan dahulu, bagi dibagian dalam maupun area lain yang berpotensi kotor. gunakan spon atau kain lembut dengan air sabun ataupun pembersih lain.

Pasang Filter Sump

sump adalah sebuah filter khusus untuk aquarium laut yang mana terdapat sebuah “ruangan baru” atau dengan kata lain aquarium untuk proses filter atau penyaringan limbah. adanya sump, mengharuskan aqurium utama dipasang pipa agar dapat dialirkan ke aquarium kedua (sump) sebagai bagian dari proses filtrasi. untuk penempatan sump, dapat ditempatkan dibagian bawah aquarium.

cara kerja filter sump pada aquarium air asin

alurnya simpelnya, aquarium air laut utama akan mengalirkan air kotor ke dalam area sump (aquarium penampungan kedua). kenapa bisa mengalir? hal ini karena terdapat tambahan volume air dari sump, setelah pompa dinyalakan. proses ini terus berulang dan berlanjut. jadi, sump akan menambah volume air bersih dan memfilter lagi air kotor untuk kemudian di pompa berulang ulang.

Pasang Kebutuhan Peralatan Aquarium

pemasangan ini ditujukan pada bagian dalam aquarium, tepat sebelum pemasangan sistem pencahayaan. memasang sistem pencahayaan dahulu hanya akan menghalangi langkah ini. beberapa peralatan seperti sistem filter didalam aquarium (beda dengan sump), pengatur suhu aquarium, powerheads hingga peralatan sejenis. kebutuhannya mungkin berbeda – beda, jadi ini bersifat menyesuaikan dengan kebutuhan dari aquarium yang anda bangun.

Baca Juga  Cara Pemasangan Granit Untuk Hasil Terbaik

Aplikasikan Teknik Aquascaping

aquarium air laut batu
via gefcoral.com

aquascaping merupakan seni mentata tanaman, batu, karang dan beberapa periperal sejenis didalam media kaca berbentuk kotak (aquarium). sisi keindahan dari aquarium sangat bergantung dari proses ini. anda bisa mengatur karang di beberapa bagian tempat, kemudian bersebelahan dengan tanaman air di beberapa tempatnya. perhatikan pula volume penggunaan aksesoris, terlalu banyak menyulitkan melihat keberadaan ikan nantinya. wah, sudah menentukan desain aquariumnya?

Sistem Pencahayaan

aquarium air laut cahaya

segera setelah tangki aquarium air laut siap, selanjutnya adalah bagaimana sistem pencahayaan akan diaplikasikan. bagian pencahayaan juga penting, hal ini membuat tampilan dari aquarium terlihat lebih elegan, dan tentu lebih jelas ketika malam hari tiba. pencahayaan pada aquarium cukup fleksibel, sesuaikan periode siang dan malam hari sesuai dengan keseharian anda, namun pastikan untuk meminmalisir cahaya (gelap) dalam ruangan setidaknya 8 jam agar ikan dapat tidur. tentu, akan lebih baik jika menginvestasikan lampu timer, agar nyala dan lampu mati lebih tertib. jika

Perhatikan Jenis Ikan dan Coral

salah satu elemen ekosistem dari aquarium air laut adalah koral, yang mana jadi faktor pembeda ketika membangun aquarium air tawar konvensional. tentu, hal satu ini tidak boleh anda lewatkan guna keberlangsungan dari penghuni aquarium. koral sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti LPS (large polyp stony corals), SPS (small polyp stony corals) serta soft corals. hal tersebut karena ekosistem dari laut yang berbeda – beda pula.

Baca Juga  Apa Itu Veneer Kayu? Tipe dan Kegunaan

hal lain, pemilihan jenis ikan juga penting dilakukan. baiknya, perhatikan kecocokan dari jenis ikan yang akan ditempatkan dalam satu penampungan aquarium. hal tersebut karena sifat dari ikan, yang beberapa jenisnya memiliki sifat agresive dan dapat saling bertengkar satu sama lain.

Nah, itu tadi cara membuat dan tips aquarium air laut untuk diaplikasikan. jadi, sudah siap mengaplikasikan aquarium air laut dirumah? semoga bermanfaat ya! Cek juga harga keramik dapur lainnya DISINI, konsultasikan gratis dengan klik link dibawah.

https://www.youtube.com/watch?v=5-I5k_vhAR4
Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini