Tips & Trick

6 Tips Bangun Rumah Hemat Biaya Supaya Terjangkau

Tips bangun rumah hemat biaya jika anda memiliki tanah sendiri atau belanja di pinggiran kota yang umumnya terjangkau. Selain itu, gunakan tukang borongan, membuat RAB spesifik, pilih material yang ringan hingga pilih musim yang tepat untuk membangun rumah.

Qhomelovers, masih bingung apakah ingin membangun rumah sendiri atau membeli saja? Sebenarnya keduanya sama saja, anda hanya perlu melakukan beberapa pertimbangan.

Namun banyak yang mengatakan membangun rumah sendiri lebih murah, tapi perlu diingat bahwa hanya selama caranya benar, karena salah-salah biaya malah akan membengkak, jadi memerlukan ketelitian yang baik.

Nah, anda bisa mengikuti cara-cara dibawah ini agar pembangunan rumah berjalan lancar namun menggunakan biaya yang cukup efektif untuk menekan anggaran.

Miliki tanah sendiri

Akan lebih baik jika anda sudah memiliki tanah sendiri. Sebab, ini jadi tips bangun rumah hemat biaya yang sangat jitu.

Karena memiliki tanah sendiri, anda tinggal memikirkan sisi pembangunan rumah saja.

Untuk lebih mengerti, ibaratkan anda memiliki dana 300 juta. 150 juta untuk membeli tanah dan 150 juta untuk membangun membangun rumah hingga berdiri. Ketika anda memiliki tanah, anda akan menghemat 150 juta dari total biaya yang anda miliki tersebut.

Baca Juga  4 Desain Dapur Kecil Minimalis yang Praktis

Jikapun anda belum memiliki tanah, pertimbangkan membeli di area pinggiran kota yang umumnya punya harga lebih terjangkau.

Tukang Borongan dan Estimasi Waktu

gunakan tukang borongan agar lebih hemat
gunakan tukang borongan agar lebih hemat

Kenapa? Jika memakai tukang borongan, biasanya terdapat mandor yang mengawasi setiap hari jadi yang menggantikan anda.

Namun pastikan anda menggunakan tukang borongan yang terpercaya agar proses pembangunan berjalan dengan baik hingga selesai.

Dengan tips bangun rumah hemat biaya memakai tukang borongan pula, anda tidak perlu membayar tukang harian karena sudah paket lengkap dari pembangunan awal hingga jadi.

RAB detail dan spesifik

Rancangan anggaran biaya wajib dibuat agar anda sebagai calon pemilik rumah tahu semua anggaran yang keluar dipakai untuk apa saja. Biasanya RAB dibuat antara calon pemilik dengan mandor proyek/tukang bangunan yang anda gunakan.

Pastikan membuat rancangan anggaran yang spesifik mungkin. Misalnya anda membutuhkan paralon, dalam daftar harus mencantumkan hal spesifik seperti merk pralon, jumlah yang dibutuhkan, digunakan untuk apa saja.

Dengan membuat keterangan lebih lengkap, eksekusi bisa dilakukan lebih efektif. Tentunya, tips bangun rumah hemat biaya ini berlaku untuk semua bahan ya qhomelovers.

Informasi tempat beli material sebanyak-banyaknya

tips bangun rumah hemat biaya

Anda perlu survey ke banyak lokasi tempat beli material yang dibutuhkan. Maksudnya, ini bertujuan untuk survey harga mencari mana harga paling terjangkau namun dengan kualitas material yang mumpuni.

Baca Juga  Cara Membuat Biopori di Rumah dan Manfaatnya

Pertimbangkan juga berbelanja dalam satu tempat. Jika anda membeli berbagai jenis material sekaligus, biaya ongkirnya lebih murah terlebih untuk material-material berat dan besar.

Selain itu, anda hemat di biaya perjalanan serta waktu karena tidak perlu beranjak kemana-mana. Berbelanja sekaligus juga berpotensi mendapat diskon lebih besar, seperti yang bisa didapatkan di supermarket bangunan qhomemart.

Gunakan konsep minimalis

Namanya minimalis, ini adalah konsep yang condong ke arah sifatnya simpel namun memiliki estetika dan cita rasa keindahan hunian yang tinggi.

Karena simpel, pembangunan rumah tidak menggunakan berbagai macam bahan/material. Desainnya juga simpel, tidak lebih rumit namun tetap memaksimalkan tampilan rumah lebih baik. Ini ialah tips bangun rumah hemat biaya yang perlu anda pertimbangkan.

Pilih material yang ringan

lebih hemat memakai material yang ringan
lebih hemat memakai material yang ringan

Tips bangun rumah hemat biaya selanjutnya ialah dengan memakai material-material ringan. Penggunaannya dapat dititik beratkan untuk material dinding maupun atap bangunan rumah, juga termasuk jendela dan pintu.

Gunakan material kualitas terbaik pada cor, pondasi, tiang besi dan lain sebagainya.

Pertimbangkan “musim” yang tepat

Musim yang dimaksud disini ialah musim diskon. Biasanya pada musim-musim tertentu seperti akhir tahun, awal tahun, hari-hari besar. Manfaatkan momentum tersebut untuk berbelanja material-material yang anda perlukan

Seperti di qhomemart, supermarket bangunan ini memberikan diskon di hari-hari besar tersebut. Selain itu, setiap bulannya terdapat event sale/diskon dengan rentang waktu tertentu, jadi anda bisa belanja lebih terjangkau lebih cepat.

Baca Juga  8 Jenis Tumbuhan Paku dan Gambarnya

Dengan memperhatikan musim yang tepat/diskon, ini jadi tips bangun rumah hemat biaya yang cukup efektif.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini