Tips Membeli Rumah Subsidi

Membeli rumah subsidi adalah salah satu solusi yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran dalam membeli rumah. Harga properti setiap tahun mengalami kenaikan harga. Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan tentunya akan sangat terbantu dengan membeli rumah murah yang disubsidi oleh pemerintah.

Tentunya harga rumah yang telah disubsidi oleh pemerintah relatif cukup murah. Akan tetapi, sebelum membeli rumah bersubsidi, Anda perlu mengetahui beberapa tips agar Anda bisa membeli rumah subsidi yang tepat untuk Anda.

Tips Membeli Rumah Subsidi

Tentunya dalam memilih rumah apa saja termasuk rumah yang telah dberikan subsidi oleh pemerintah perlu dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal. Meskipun harganya relatif lebih murah karena telah disubsidi oleh pemerintah, bukan berarti Anda kemudian asal membelinya ya. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini

Periksa Legalitas Tanah

Memeriksa legalitas tanah yang dimiliki oleh developer adalah salah satu langkah yang sangat penting. Status tanah yang akan Anda beli harus jelas. Jangan sampai Anda membeli tanah yang sebenarnya tidak bisa digunakan untuk membangun rumah.

Anda juga harus berhati-hati jika membeli tanah dengan status Hak Guna Bangunan atau HGB. Tanah dengan status tersebut kemungkinan berlaku dalam jangka waktu tertentu dan hanya boleh untuk dipakai saja dan tidak dimiliki.

Baca Juga  Jenis Valve Yang Perlu Anda Tahu (Untuk Air , Pipa Dll)

Jika Anda berniat untuk membeli tanah tersebut, pastikan apakah status tanah tersebut bisa diubah menjadi Sertifikat Hak Milik atau SHM atau tidak. Jika Anda sudah memastikan tanah tersebut bisa diubah status menjadi SHM, maka Anda bisa meminta pihak developer untuk membantu mengubah status tanah tersebut.

Cek Lokasi Rumah

rumah subsidi
source: toriolo.com

Lokasi rumah adalah salah satu hal yang paling penting yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu memperhatikan lokasi tempat dibangunnya rumah bersubsidi. Lokasi rumah subsidi umumnya berada di daerah pinggir kota.

Anda perlu mengecek lokasi langsung agar mengetahui seperti apa akses menuju ke lokasi. Pastikan apakah lokasi tersebut rawan banjir, susah air, atau berpotensi terjadi longsor. Anda bisa melihat di area sekitar rumah tersebut apakah nyaman atau termasuk ke area yang rawan bencana.

Tentunya dengan mengecek lokasi secara langsung, Anda bisa lebih lelulasa untuk memilah lokasi rumah subsidi mana yang akan Anda beli. Pastikan lokasi rumah bersubsidi yang akan Anda beli adalah lokasi yang aman dari bencana.

Cek Kondisi Rumah

Rumah bersubsidi biasanya adalah rumah minimalis dengan lahan yang terbatas. Meski begitu, tentunya cukup bagi Anda yang tidak memiliki anggota keluarga yang banyak, bukan? Sebaiknya Anda jangan sampai lupa untuk memperhatikan dan mengecek rumah bersubsidi sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Jika rumah subsidi telah selesai dibangun, pastikan Anda telah mengecek kondisi rumah tersebut. Perhatikan area atap, dinding, plafon, dan detail-detail lain di rumah yang akan Anda beli. Pastikan rumah tersebut memiliki kondisi yang baik agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk merenovasi rumah yang ingin Anda beli. Apalagi jika rumah tersebut adalah rumah baru.

rumah subsidi
source: samhouseplans.com

Ketahui Kondisi Rumah dengan Detail

Sebaiknya Anda juga perlu mengetahui fasilitas-fasilitas apa saja yang akan ada di rumah yang bersubsidi tersebut. Tentunya dengan mengetahui fasilitas rumah yang detail maka akan sedikit kemungkinan akan terjadi kesalahpahaman antara Anda dengan penjual atau developer.

Baca Juga  7 Tips Bangun Rumah Murah dan Hemat!

Pastikan sumber air yang digunakan oleh rumah tersebut, apakah menggunakan sumur, PDAM, atau bahkan menggunakan keduanya. Pastikan apakah listrik di rumah tersebut menggunakan token atau menggunakan meteran.

Pantau Pembangunan Rumah

Jika Anda membeli rumah subsidi namun rumah tersebut belum dibangun, sebaiknya Anda datang ke lokasi pembangunan rumah secara rutin untuk memantau proses pembangunannya. Tentunya jika Anda memantau proses pembangunan rumah tersebut, hasilnya akan lebih baik dan Anda bisa mengingatkan jika ada desain yang tidak cocok dengan perjanjian di awal.

Pastikan pula desain rumah yang akan Anda beli memiliki sirkulasi udara yang baik, ya. Terkadang pihak pengembang kurang memperhatikan detail-detail penting seperti itu sehingga pada saat dihuni, rumah Anda dapat terasa pengap karena kurangnya sirkulasi udara yang baik.

Belilah di Developer yang Tepercaya

Membeli rumah melalui developer perlu berhati-hati. Terkadang ada oknum developer yang agak curang dan meminta hal-hal yang tidak penting sehingga budget menjadi lebih banyak. Pastikan Anda memilih untuk membeli dari developer yang memiliki pengalaman dan tepercaya untuk membangun dan menjual rumah.

Jangan lupa untuk mengisi rumah Anda dengan furniture berkualitas terbaik yang dapat Anda beli di Qhomemart. Selain itu, Qhomemart juga menyediakan aneka kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui whatsapp kami.

Baca Juga  4 Inspirasi Meja Ruang Tamu yang Cocok untuk Ruang Sempit

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini