Tips Membersihkan Peralatan Masak

Peralatan masak adalah peralatan yang sehari-hari Anda pakai untuk memasak. Tentunya Anda perlu membersihkan peralatan untuk memasak setelah selesai memasak. Membersihkan alat masak sangat penting agar peralatan dapur Anda bersih dan bebas dari bakteri yang dapat mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Jika alat masak Anda didiamkan terlalu lama sehabis memasak, hal ini akan menyebabkan makanan yang menempel pada alat masak menjadi kering dan agak sulit untuk dibersihkan. Yuk kita simak tips membersihkan peralatan masak agar alat masakmu jadi lebih bersih dan bebas dari bakteri.

peralatan masak
source: The Daily Meal

Membersihkan Peralatan Masak

Membersihkan alat masak sebaiknya langsung setelah alat tersebut selesai dipakai untuk memasak. Akan tetapi, beberapa dari Anda menaruhnya di bak cuci piring sebelum kemudian mencuci peralatan untuk memasak secara sekaligus. Hal ini sebenarnya tidak apa apa dan normal untuk dilakukan, akan tetapi pada saat Anda mencuci peralatan sekaligus, Anda harus benar-benar mencucinya dengan bersih ya.

peralatan masak
source: living.anveya.com

Membersihkan Peralatan Dapur

Sebelum mencuci peralatan dapur, sebaiknya buang terlebih dahulu sisa makanan yang menempel pada alat masak. Jika terdapat kerak atau sisa makanan yang menempel di alat masak, rendam terlebih dahulu alat masak tersebut hingga kotoran yang menempel bisa terlepas. Anda juga bisa merendamnya dengan menggunakan air hangat agar kotoran lebih cepat terlepas.

Baca Juga  30 Desain Ruang Tamu Kecil Yang Simpel Tapi Menarik

Gunakan spons bersih untuk mencuci peralatan dapur dengan sabun khusus untuk mencuci peralatan dapur atau sabun cuci piring. Pastikan tidak ada noda yang membandel dan juga sisa makanan yang tertinggal pada peralatan masak Anda ya.

Membersihkan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket perlu perhatian khusus dalam membersihkannya. Salah penggunaan alat untuk membersihkan wajan anti lengket dapat membuat lapisan anti lengket terkelupas dan menjadi rusak.

Saat membersihkan wajan anti lengket, gunakanlah spons lembut untuk membersihkan lapisan permukaan anti lengketnya. Jika terdapat sisa makanan yang menempel, rendam terlebih dahulu agar sisa makanan dapat terlepas. Sebaiknya hindari penggunaan alat gosok berbahan stainless steel karena dapat membuat lapisan anti lengket pada wajan Anda menjadi terkelupas dan rusak.

Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Kayu

Alat masak dengan bahan kayu cukup banyak diminati. Pasalnya, peralatan untuk memasak dengan bahan kayu tidak mudah menggores peralatan masak Anda sehingga tidak akan merusak peralatan masak lainnya.

Untuk peralatan dapur yang terbuat dari kayu, Anda perlu membersihkannya langsung. Kayu dapat menyerap air dan juga bakteri. Jika Anda membiarkan alat masak berbahan kayu terlalu lama sebelum Anda cuci, hal ini dapat menyebabkan bakteri lebih cepat terserap oleh kayunya.

Sterilisasi alat masak berbahan kayu secara berkala

Alat masak dengan bahan kayu pun rentan lembab sehingga lebih mudah untuk tumbuh jamur serta kuman dan bakteri. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda melakukan disinfeksi secara berkala dengan cairan hydrogen peroxide. Anda bisa merendam peralatan masak berbahan kayu dalam cairan tersebut selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

peralatan masak
source: armsmcgregor.com

Bersihkan dengan Baking Soda

Meskipun sudah dicuci dan dibersihkan, beberapa bahan makanan masih menyisakan bau pada alat masak berbahan kayu. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya dengan lebih maksimal. Baking soda adalah salah satu bahan yang dapat membersihkan peralatan dapur Anda dengan maksimal.

Baca Juga  Apa Saja Perlengkapan Dapur Yang Wajib di Miliki?

Baking soda dapat membantu Anda untuk membersihkan alat masak dengan lebih maksimal dan dapat menghilangkan bau membandel. Baking soda adalah cairan yang mudah larut dan menyerap sehingga dapat menetralkan zat asam yang terdapat pada peralatan untuk memasak Anda.

Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Stainless

source: suggestking.com

Peralatan dapur berbahan dasar stainless mulai diminati oleh banyak orang karena tampilannya yang memberikan kesan modern. Akan tetapi, peralatan dapur berbahan stainless rentan dengan bekas bercak air atau sidik jari. Selain itu warna stainless dapat berubah menjadi kusam.

Untuk itu, sebaiknya bersihkan alat dapur Anda dengan baik ya dan sebaiknya hindari meninggalkan bercak air pada peralatan dapur berbahan stainless. Jika sudah terdapat noda, Anda dapat membersihkannya dengan pembersih cuci piring.

Agar peralatan dapur berbahan stainless menjadi mengkilap, Anda bisa menggunakan bahan cuka dan minyak. Pertama, siapkan cuka, minyak, dan kain yang halus. Semprotkan air cuka ke peralatan stainless steel Anda. Setelah itu, lap dengan kain halus dan lap searah dengan pola serat yang terdapat pada bahan stainless steel. Noda kusam akan perlahan menghilang dan bersih.

Untuk membuat peralatan dapur Anda terlihat mengilap, gunakanlah minyak zaitun. Tuang sedikit minyak zaitun pada kain halus, kemudian poles peralatan dapur Anda dengan minyak tersebut. Tentunya setelah melakukan pemolesan tersebut peralatan dapur Anda terlihat lebih mengkilap.

Baca Juga  4 Tips Simpel Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Tidak sulit bukan membersihkan peralatan dapur agar bersih dan terbebas dari bakteri?
Yuk lengkapi perlengkapan dapur Anda dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia pula kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, atap, lantai, dan perlengkapan rumah lainnya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini