Dekorasi

Tips Membuat Kamar Kedap Suara, Bisa Untuk Studio

Untuk beristirahat, tentu Anda akan lebih menyukai kamar yang kedap suara. Ruang kedap suara pun tidak hanya dapat digunakan untuk beristirahat dan menghindari segala kebisingan untuk ketenangan, namun Anda juga bisa menggunakannya sebagai studio kerja.

Jika Anda bekerja dengan membutuhkan ketenangan, memiliki kamar kedap suara sangatlah penting. Apalagi jika Anda butuh merekam video review atau membuat konten yang membutuhkan ruangan kedap suara.

Cara Buat Kamar Kedap Suara

Lalu seperti apa sih cara membuat kamar atau ruang kedap suara? Yuk simak tipsnya berikut ini.

Tutup Celah Pintu dengan Door Seal

Celah-celah pintu sangatlah rawan untuk bocornya suara yang masuk. Celah pintu dapat mengaliri udara dan juga suara sehingga dapat menjadi salah satu sumber kebisingan di luar masuk ke dalam kamar atau rumah. Cara terbaik untuk menutup celah pintu tersebut adalah dengan memasang pengganjal celah pintu atau door seal.

Anda bisa memilih door seal berbahan tebal agar kamar maupun area rumah Anda menjadi kedap suara. Selain itu, door seal juga dapat membantu Anda untuk mencegah debu dari luar masuk ke dalam sehingga kamar akan relatif lebih bersih dari debu yang masuk dari luar.

Baca Juga  24 Warna Cat Kamar Yang Bagus & Menenangkan

Tutupi Lantai dan Dinding dengan Karet

Suara dapat memantul ke permukaan keras di rumah Anda seperti lantai, dinding, hingga langit-langit rumah. Untuk memperkecil pantulan suara tersebut, Anda bisa menutupi lantai dan dinding kamar dengan menggunakan karpet karet yang ditempel pada permukaan dinding. Permukaan karet yang empuk tentunya dapat membantu Anda untuk meredam pantulan suara yang mungkin terjadi.

Gunakan Vinyl

Suara dapat terpantul ke lantai dan menjadi bising. Untuk meredam suara yang memantul ke lantai, Anda bisa menggunakan lantai vinyl. Lantai vinyl memiliki permukaan yang empuk dan bahan material PVC yang mampu membantu Anda untuk mengurangi kebisingan dari luar rumah Anda.

Gunakan Plafon Gypsum

Tahukah Anda kalau suara dapat terpantul dari langit-langit plafon rumah? Untuk meredam suara yang terpantul pada langit-langit rumah, Anda bisa menggunakan plafon berbahan gypsum atau dilapisi dengan gypsum. Dewasa ini mulai banyak jenis gypsum yang dibuat khusus untuk kedap suara dan memiliki berbagai macam ketebalan.

Anda juga bisa mengisi celah antara dinding dan gypsum dengan berbagai material peredam bunyi. Material peredam bunyi yang umum digunakan untuk mengisi celah tersebut adalah glasswool atau rockwool. Material tersebut dapat memastikan suara yang terpantul ke plafon ruangan Anda dapat teredam dengan baik.

Gunakan Karpet Tebal

Jika Anda kesusahan untuk memasang lantai vinyl, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan karpet tebal di atas lantai Anda. Karpet yang tebal dapat membantu Anda untuk meredam suara dengan maksimal.

Baca Juga  Tips Cara Membuat Bonsai Kelapa

Gunakan Tirai Kedap Suara

Tau nggak sih, ada loh tirai kedap suara yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan ruangan kedap udara. Tirai ini terbuat dari kain khusus yang dapat membantu Anda untuk mengurangi kebisingan. Meskipun tidak sepenuhnya dapat mengurangi suara, namun tirai ini setidaknya dapat membantu untuk mengurangi kebisingan.

2/5 - (1 vote)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini