Tips & Trick

Tips Memilih Lampu untuk Pencahayaan Setiap Ruangan

Lampu adalah salah satu perlengkapan di rumah yang cukup banyak dibutuhkan. Semua ruangan, termasuk ruangan yang paling jarang digunakan seperti garasi pun, membutuhkan lampu untuk penerangan. Bagi sebagian orang dan desainer interior, lampu adalah salah satu perlengkapan rumah yang bisa dimodifikasi sehingga bisa berguna sebagai barang dekorasi. Ada banyak jenis lampu baik dari segi bentuk maupun jenis lampu itu sendiri. Untuk memilih lampu tidur dan ruangan lain yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips untuk memilih lampu unik per ruangan tersebut.

 

  1. Ketahui lampu tersebut akan digunakan di mana.

Ada banyak jenis lampu yang beredar di pasaran saat ini. Berdasarkan garis besarnya, ada tiga jenis lampu atau pencahayaan, yaitu general lighting, accent lighting, dan task lighting. General lighting merupakan jenis lampu atau pencahayaan yang akan menjadi penerang utama di setiap ruangan. Lampu ini diletakkan di langit-langit agar semua sudut ruangan mendapatkan cahaya. Accent lighting adalah jenis lampu atau pencahayaan yang fungsinya juga sebagai pemanis ruangan. Biasanya ini digunakan untuk menyoroti bagian tertentu rumah. Task lighting adalah jenis pencahayaan yang digunakan untuk membantu belajar, membaca, atau memasak karena fokus cahaya dari lampu ini dapat membantu pemilik melihat detil suatu barang.

 

  1. Pilih jenis lampu interior – disesuaikan dengan bentuk lampunya.
Baca Juga  9 Merk Teflon Yang Bagus dan Anti Lengket

Tidak hanya bentuknya, untuk menjadikan rumah nyaman dengan pencahayaan yang baik, penting bagi Anda membeli lampu interior yang tepat dari bisa dipasang pada bentuk atau tudung lampu.

Lampu pijar atau lampu bohlam dikenal hangat dan masih banyak digunakan terutama untuk penerangan utama. Lampu fluorescent atau lampu neon memiliki sifat yang hampir sama dengan lampu bohlam namun dibentuk beragam dan juga hemat energi. Lampu LED yang sedang menjadi hits ini dikenal sebagai lampu yang tidak menimbulkan panas berlebih dan memiliki ragam warna yang banyak dan juga hemat energi. Ketiga jenis lampu ini biasa digunakan di ruangan manapun sebagai pencahayaan utama.

Terakhir ada jenis lampu halogen. Ini bukan sebuah alternatif untuk pencahayaan utama melainkan lebih fokus untuk menerangi benda-benda artistik atau dekorasi di rumah Anda. Beberapa tempat dan benda yang mungkin membutuhkan jenis lampu ini adalah area kolam ikan, patung dekorasi, atau tanaman Anda.

 

  1. Maksimalkan jendela untuk pencahayaan rumah di siang hari.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan terkait pencahayaan yang baik di rumah adalah dengan memanfaatkan penggunaan jendela. Jendela digunakan bukan hanya untuk akses pertukaran udara tetapi juga membuat agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan guna menjaga ruangan tetap kering dan hangat serta terang. Usahakan Anda membuat setiap ruangan di dalam rumah mendapatkan akses cahaya matahari dari jendela sehingga semua ruangan di rumah memiliki kelembapan udara yang sama dan menjaga perabotan tetap awet.

Baca Juga  Model Ruangan Rumah Minimalis Modern dan Elegan

Saat ini sedang menjadi tren model jendela dengan list tipis dan kaca yang besar serta minim teralis. Jendela model ini sudah banyak digunakan di model rumah tropis modern. Anda bisa menjadikan model ini untuk digunakan pada rumah Anda.

 

Simple kan memilih lampu untuk pencahayaan di rumah? Sekarang Anda tinggal menentukan lampu apa saja yang harus Anda beli untuk menerangi setiap ruangan dan tentunya jangan ragu untuk membeli lampu berkualitas terbaik – meski mungkin harganya sedikit mahal – karena lampu ini akan bisa bertahan lebih lama dibandingkan lampu berkualitas rendah. Semoga cara mudah ini akan membantu Anda mendapatkan lampu pencahayaan yang tepat untuk setiap kebutuhan ruangan di rumah Anda.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini