Tips Menanam Sayur di Rumah dengan Mudah dan Sehat

Memiliki kebun di rumah tentu dapat membuat rumah terasa asri dan segar. Banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam di kebun, mulai dari jenis pohon buah, bunga-bungaan, tanaman hias, rumput hias, hingga sayuran. Bagi Anda penggemar bunga-bungaan, tentu akan sangat menyenangkan melihat berbagai warna bunga bermekaran di halaman rumah Anda.

Selain membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih asri, memiliki taman di rumah dapat membuat Anda juga akan merasa tenang karena Anda menghadirkan suasana alami di rumah. Jika ingin meramaikan kebun di rumah dengan berbagai jenis tanaman, Anda bisa loh mencoba untuk menanam sayur.

Manfaat Menanam Sayur di Rumah

Menanam sayuran di rumah memiliki berbagai macam manfaat yang bisa Anda rasakan. Tak hanya untuk fisik, kegiatan berkebun juga bermanfaat bagi pikiran dan juga jiwa.

Mengurangi Stress

Menurut penelitian, berkebun dapat membantu mengurangi stress loh. Kegiatan berkebun mulai dari mempersiapkan tanah, menanam benih, dan memelihara benih dapat memberikan suasana hati yang baik. Tentunya kegiatan ini juga dapat mengurangi stress dan sangat cocok bagi Anda yang ingin lepas dari kepenatan rutinitas sehari-hari.

Baca Juga  5 Desain Kamar Anak Sederhana dengan Budget Minimalis

Cara Lain Berolahraga dengan Sehat

Tau nggak sih? Aktivitas berkebun meskipun tidak berat dapat dihitung sebagai olahraga ringan lho. Berkebun di halaman rumah tanpa disadari memerlukan tenaga yang ekstra. Anda perlu mengangkat kantong pupuk, menggali tanah, menanam dan memindahkan pot, menyirami tanaman, dan lain sebagainya.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkebun di rumah ternyata dapat menyehatkan jantung Anda loh. Kegiatan berkebun dapat membuat pikiran menjadi jernih dan juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat dan kuat.

Membantu Penghijauan

Tentunya menanam berbagai macam tanaman di kebun dapat membantu penghijauan. Ruang hijau berupa kebun di rumah dapat membantu memperbanyak oksigen dan juga dapat membantu mengurangi efek gas rumah kaca. Menanam sayur juga membuat Anda tidak perlu sering-sering belanja sayur dan bisa memanen sayur sendiri di rumah.

Tips Menanam Sayur di Rumah

Banyak kan manfaat untuk menanam sayur di rumah? Lalu apakah Anda mulai tertarik untuk menanam sayur di rumah? Ada berbagai macam sayuran yang dapat Anda tanam sendiri di rumah mulai dari selada, kangkung, bayam, sawi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seperti apa sih tipsnya? Yuk kita simak sama-sama beberapa tips menanam jenis sayuran.

Menanam Selada

source: gardeningknowhow.com

Selada adalah salah satu tanaman yang cukup mudah untuk ditanam. Untuk menanam selada, Anda bisa menanamnya di area yang lembap. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan bahwa bibit selada tidak suka area panas atau media semai yang panas. Saat proses penyemaian, Anda perlu menyimpan bibit tersebut di bawah atap atau area yang teduh.

Baca Juga  Harga Bak Cuci Piring Terbaru April 2021, Lengkap di Qhomemart

Untuk menanam selada, Anda bisa menyemai bibit selada tersebut di wadah yang berbeda dari pot yang akan digunakan untuk menanam selada. Terbarlah benih selada di atas wadah penyemaian dan tutupi dengan media tanam setebal setengah sentimeter. Simpanlah di tempat yang terkena sinar matahari namun hindari tempat yang terkena hujan. Siram secara berkala agar media tanam tetap lembap. Lama kelamaan selada akan tumbuh hingga memiliki dua daun dan siap dipindah.

Pilihlah pot berukuran minimal 20 cm untuk menanam selada. Kemudian, isi pot dengan menggunakan media tanam yang gembur dengan perbandingan pasir, kompos, dan pupuk kandang 2:1:2. Setelah itu pindahkan selada yang masih kecil dan baru memiliki dua daun ke dalam pot. Lubangi media tanam tersebut lebih besar dari gundukan akar selada dan tanam selada tersebut di dalam lubang. Tutup kembali lubang tersebut dengan menggunakan media tanam dan sedikit ditekan agar padat.

Menyirami selada perlu dengan berhati-hati agar daun selada tidak rusak. Anda bisa menggunakan sprayer agar lebih aman saat menyiram tanaman. Simpanlah selada di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Menanam Kangkung di Kebun

source: codai.net

Menanam kangkung pun cukup mudah. Cara menanam kangkung sangat sederhana. Anda bisa menggunakan teknik menanam dengan benih maupun dengan stek batang.

Untuk menanam kangkung dengan benih, Anda perlu memastikan benih yang Anda gunakan memiliki kualitas yang unggul dan bebas dari hama. Anda juga perlu menyiapkan lahan yang akan dijadikan media tanam. Jika Anda tidak punya cukup lahan di kebun, Anda bisa menggunakan pot dan menaruhnya di teras rumah Anda.

Baca Juga  Jenis Granit Jogja Serta Kelebihan dan Kekurangan Granit

Gemburkan tanah pada area tanan dan bentuklah area tanam tersebut agar menyerupai bedengan. Sesuaikan pula luas lahan dengan benih yang akan Anda tanam. Buat lubang tanam di bedengan dengan kedalaman sekitar 5 cm dan beri jarak antar lubang sekitar 15 hingga 20 cm. tutupi tanah dengan pupuk kandang. Sebaiknya lakukan penanaman dengan teknik zig zag atau garitan. Siramlah tanaman kangkung secara rutin hingga tumbuh besar dan siap untuk panen.

Untuk menyiram kebun lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan sprinkler kebun atau penyiram kebun otomatis.

Jual Sprinkler Taman Jogja

Jika Anda terlalu sibuk untuk menyiram taman atau kebun, tentu Anda perlu alat yang bisa membantu Anda menyiram kebun secara merata. Sprinkler taman sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu cukup banyak untuk menyirami kebun. Anda bisa mendapatkannya hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini