Tips & Trick

Tips Menata Perabot Di Ruang Keluarga Sesuai Dengan Aktivitas Anggota Keluarga

Ruang Keluarga merupakan salah satu bagian rumah yang terpenting, fungsinya untuk berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk bercerita satu dengan yang lain. Selain untuk berkumpul dan bercerita Ruang keluarga bisa menjadi ruang yang sangat personal. Artinya, masing-masing keluarga memiliki aktivitas yang berbeda-beda yang dilakukan di ruang tersebut.

Dari kegiatan anggota keluarga yang dilakukan akan menentukan seperti apa jenis perabot furniture yang dibutuhkan, serta bagaimana penataannya. Penataan yang tepat akan membuat orang yang berada di ruang tersebut merasa nyaman dan betah melakukan seluruh kegiatan masing-masing.

Sebelum menata perabot di ruang keluarga,  tentukan dulu aktivitas apa yang akan sering berlangsung di sana. Berikut ini beberapa kiatnya!

Buat yang suka di depan TV

Jika kegiatan yang sering dilakukan adalah menonton TV atau bermain video game , pilihlah penataan yang memusat. Sofa dan kursi diatur menghadap ke arah pusat perhatian ruang yaitu layar TV,satu atau dua kursi boleh diletakkan membelakangi pusat perhatian, namun sebaiknya kursi-kursi ini dapat diputar arah dengan mudah atau tidak sepenuhnya membelakangi dengan kata lain menyamping dari pusat perhatian.

Untuk keluarga yang memiliki si kecil

Untuk keluarga yang memiliki anak kecil terutama balita, sisakan area kosong di tengah ruang. Area yang luas ini dapat dilapisi karpet. Area ini akan difungsikan sebagai tempat bermainnya si kecil. Sementara, sofa dan kursi dapat diletakkan di sekitar karpet, sebagai area untuk orang dewasa berbincang-bincang sekaligus untuk “pagar” area bermain si kecil. Kursi dan sofa yang mengelilingi ini juga bisa menjadi tempat mengawasi kegiatan anak.

Baca Juga  Tips Merawat AC Agar Sejuk dan Tahan Lama

Penataan perabot buat yang suka berbincang 

Kalau ngobrol adalah kegiatan yang paling sering dilakukan di ruang keluarga, atur kursi mengelilingi sebuah meja. Jarak antara meja dan kursi ini dibuat cukup dekat, agar selain dapat terjalin percakapan yang akrab, orang tidak akan berjalan di antaranya sehingga menggangu saat anggota keluarga saling mengobrol.

Ruang keluarga juga bisa buat tamu

Jika ruang keluarga juga berfungsi untuk menerima tamu, penataan furniture secara simetris dapat dipilih. Letakkan sebuah meja di tengah, dengan sofa atau kursi diletakkan di sekitarnya secara simetris, bagian kanan sama dengan bagian kiri. Posisi berikut bisa membuat ruang keluarga menjadi berfungsi ganda.

Ruang keluarga yang nyaman adalah runag keluarga yang mengakomodasi seluruh kegiatan angota keluarga. Apakah hanya sekedar ngobrol ataupun melakukan kegiatan lainnya. Penataan furniture yang berada di dalam ruang juga perlu di perhatikan agar tidak mengganggu kegiatan keluarga dan juga tidak membuat ruangan terkesan berantakan. Selain penataannya yang pas, pemilihan desain akan mempengaruhi kenyaman dan keindahan dari ruang keluarga itu sendiri. Anda tidak perlu bingung dalam menentukan perabot apa yang cocok untuk ruang Anda. Yang perlu anda lakukan hanya “klik” qhomemart. Di qhomemart banyak sekali pilihan perlengkapan rumah dan aksesoris rumah. Mulai dari atap, sanitary, lantai, furniture hingga aksesoris rumah semua ada di qhomemart.

Baca Juga  4 Trik Penataan Ruang Tamu yang Wajib Anda Tahu!

 

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini