Tips Menciptakan Dapur Fungsional yang Tetap Cantik

Setiap sudut rumah memiliki kenyamanannya sendiri. Hal ini tak terkecuali pada dapur. Inilah mengapa dapur tak pernah lepas dari pandangan desainer interior untuk menciptakan desain dapur yang menarik, nyaman, dan juga multifungsi sebagai area intim pemiliknya. Dapur inspirasi yang baik tak sekadar menarik dari segi desain tetapi juga harus menjadi dapur aman bagi keluarga.

Ketika mulai mengisi dapur dengan perabotan dan perlengkapannya, Anda mungkin bertanya mengapa peralatan dapur mahal. Sebenarnya, konsep mahal itu pun merupakan konsep yang subyektif. Hanya saja, ada beberapa alasan dan maksud mengapa peralatan dapur dibanderol dengan harga yang memang tinggi. Yang paling pasti adalah karena kualitasnya. Peralatan dapur Anda nantinya akan digunakan untuk membuat masakan yang akan dimakan anggota keluarga. Tentunya itu harus menjadi peralatan yang aman dan tidak mengontaminasi makanan.

Bagaimana mendesain dan menata dapur agar nyaman digunakan, tidak sekadar untuk masak belaka? Kami punya tips berikut ini.

 

  1. Lengkapi dapur dengan peralatan yang ramping dan kokoh. Penting bagi Anda dalam memilih perabotan agar tetap mengutamakan kenyamanan karena bekerja di dapur sejatinya bukan pekerjaan mudah. Tak perlu memilih peralatan dan perabotan yang besar karena ini akan memakan ruang yang membuat dapur terlihat penuh dan sesak. Selain itu, miliki peralatan dapur yang benar-benar akan digunakan sehari-hari sehingga area penyimpanan pun tidak terlalu penuh barang yang jarang digunakan.
Baca Juga  5 Desain Dapur Mewah untuk Hunian Anda

 

  1. Tak perlu melulu butuh lemari, Anda juga bisa menyimpan peralatan masak di dinding. Ini akan membuat Anda menghemat tempat untuk tidak digunakan lemari peralatan. Selain itu coba gunakan rak terbuka ketika menyimpan bahan-bahan masak karena tipe rak ini akan membuat dapur terlihat lapang.

 

  1. Berpikiran untuk memiliki kitchen set? Pastikan Anda sudah menyesuaikan ukuran, desain, dan warnanya dengan kondisi ruangan dapur. Jangan membuat kitchensetyang terlalu besar agar tetap ada ruang sisa di area dapur dan juga pilihlah warna yang cerah sehingga mendukung kesan luas di area masak-memasak.

 

  1. Tak perlu banyak desain, dapur Anda akan lebih baik jika minim dekorasi. Dapur ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan banyak barang, kemungkinan beberapa di antaranya disimpan dalam gantungan dinding. Dekorasi yang terlalu ramai akan membuat dapur menjadi tidak matchingantara desain dan perabotan. Selain itu, desain yang terlalu ramai justru akan membuat “pusing” yang bekerja di dalamnya.

 

  1. Dapur Anda tak perlu pintu. Anda bisa menjadikan satu antara dapur dengan ruang makan atau ruang TV. Ini akan menghemat spacedalam rumah, terutama jika rumah tersebut bergaya minimalis. Trik ini juga akan membuat rumah terlihat lapang meski diisi oleh perabotan yang relatif banyak.

 

  1. Akan lebih baik jika dari awal membangun, dapur Anda diarahkan pada area terbuka atau diusahakan memiliki jalur pertukaran cahaya dan udara yang baik. Ini berfungsi untuk mempercepat asap bekas masakan keluar dari area dalam rumah dan menonjolkan kesan dapur yang leluasa. Hal ini bisa dioptimalkan dengan penggunaan warna cat tembok yang cerah karena cahaya yang masuk akan dipantulkan dan membuat dapur terasa lapang meski diisi banyak perabotan.
Baca Juga  4 Ide Dapur Sederhana Minimalis untuk Rumah Kecil

 

Demikianlah tips dan trik yang bisa kami berikan terkait mendesain dapur agar terasa lapang, menyenangkan, namun juga bisa menjadi sudut ruangan yang hangat untuk berkumpul dengan pasangan maupun keluarga. Semoga trik ini bisa diaplikasikan dengan mudah sesuai dengan keinginan mendesain dapur impian Anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini