Tips & Trick

Tips Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Dalam melakukan renovasi rumah, tentu Anda perlu melakukan perencanaan yang matang. Hal yang utama untuk diperhatikan dalam renovasi rumah yang pertama tentunya budgeting. Jangan sampai perencanaan renovasi rumah Anda tidak terkendali sehingga menyebabkan overbudget.

Sebelum Anda merenovasi rumah, tentu Anda perlu alasan yang kuat untuk merenovasinya. Ada beberapa alasan yang kuat untuk Anda memantapkan hati merenovasi rumah.

Alasan Renovasi Rumah

Sebenarnya apa saja sih yang membuat rumah Anda perlu direnovasi? Apa saja alasan untuk renovasi rumah? Yuk ketahui beberapa alasan untuk merenovasi rumah.

Rumah Sudah Tua

Alasan renovasi yang utama kebanyakan adalah keadaan rumah yang lama dan sudah rusak di beberapa bagian. Jika rumah Anda memiliki kondisi seperti ini, terlalu lama dan rentan, maka sebaiknya Anda melakukan renovasi agar bangunan rumah Anda menjadi kokoh kembali dan juga aman untuk dihuni.

Rumah yang Sudah Tidak Nyaman

Jika Anda merasa rumah Anda tidak lagi nyaman, mungkin Anda butuh merenovasi rumah. Terlebih jika pada awalnya rumah yang Anda huni adalah rumah yang sudah jadi dan tinggal ditempati. Ada kemungkinan Anda tidak cocok dengan denah dan perencanaan rumah yang Anda tinggali. Mungkin rumah Anda menjadi terasa sempit, sirkulasi udara kurang baik, pencahayaan yang kurang, hingga berbagai aspek lain yang membuat Anda tidak nyaman.

Baca Juga  3 Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok Motif Polkadot

Jika ini terjadi, maka jika Anda telah memiliki dana yang cukup untuk renovasi, sebaiknya renovasilah rumah Anda agar keadaan rumah menjadi lebih nyaman dan sehat untuk dihuni. Pencahayaan yang buruk bisa Anda tambahkan. Sirkulasi udara yang kurang pun dapat Anda perbaiki agar udara dapat mengalir dengan lancar dan membuat hunian Anda menjadi lebih nyaman.

Bosan dengan Tampilan Rumah

Terkadang kita merasa jenuh di rumah. Selain mendekor ulang area rumah, untuk menghilangkan rasa bosan, Anda juga mungkin perlu merenovasi rumah agar Anda tidak lagi bosan. Suasana rumah yang baru setelah direnovasi dapat membuat rumah lebih nyaman dan tentunya suasana baru yang menyenangkan.

Tips Renovasi Rumah Budget Terbatas

Jika Anda telah memantapkan untuk merenovasi rumah, sebaiknya Anda menilik tips renovasi rumah dengan budget terbatas di bawah ini.

tips renovasi rumah budget terbatas

Buat Perancanaan Budget yang Matang

Sebelum mulai merenovasi rumah, sebaiknya buatlah perencanaan terlebih dahulu. Anda bisa mulai merencanakan anggaran yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Anda juga bisa merencanakan bagian-bagian apa saja yang akan direnovasi dan menepatinya sehingga Anda tidak akan over budget.

Sebaiknya Anda perlu menentukan skala prioritas. Jika budget terbatas, tentu Anda tidak bisa merenovasi rumah secara keseluruhan. Dahulukan bagian rumah yang penting dan perlu untuk direnovasi. Jangan lupa untuk melebihkan anggaran renovasi rumah untuk biaya-biaya yang tak terduga.

Baca Juga  4 Jenis Kompresor Angin Dan Fungsinya

Agar lebih detail, sebaiknya lakukanlah survei harga agar Anda mengetahui berapa budget yang Anda butuhkan untuk renovasi. Mungkin Anda perlu mengganti pintu, merenovasi plafon, membuat sirkulasi udara, dan lain sebagainya.

Gunakan Pembayaran Borongan

dibandingkan membayar pekerja harian, menggunakan pekerja dengan sistem pembayaran borongan dapat membuat Anda menjadi lebih hemat.

Pilih Bahan yang Awet

Dalam merenovasi, tentu Anda perlu belanja bahan bangunan. Sebaiknya jangan pilih bahan bangunan yang terlihat kurang awet. Pilihlah bangunan yang sudah dipercaya dan awet tahan lama.

5/5 - (5 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini