Trik Menata Kamar Sempit agar Muat Banyak dan Nyaman

Menata ruangan yang luas tentu menjadi kemudahan tersendiri karena banyak solusi dengan mengisinya menggunakan berbagai perabotan. Namun, apa jadinya jika kita harus menata kamar yang sempit namun harus memuat banyak barang? Ini menjadi kondisi dilema tersendiri, terutama bila kamar yang dimaksud adalah kamar tidur pribadi. Ada banyak barang yang harus disimpan di ruangan paling privat bagi pemilik rumah ini sedangkan mungkin areanya tak terlalu besar.

Tak perlu bingung. Ada beberapa cara yang kami rekomendasikan ini untuk membantu Anda mendekorasi kamar sempit menjadi kamar yang nyaman dengan ide inspiratif. Tak perlu khawatir karena dengan mengusung konsep minimalis pun tetap bisa membuat sebuah kamar pribadi menjadi ruangan serbaguna Anda. Berikut cara-caranya.

  1. Sejak awal pembangunan dan dekorasi, pilihlah warna yang cerah dan miliki jendela yang cukup besar.

Trik untuk membuat kamar sempit terlihat besar adalah dengan menggunakan jendela besar yang minim teralis. Ini akan membuat kamar terlihat lega dan menyediakan jalan bagi udara dan cahaya matahari masuk dalam kamar sebagai pencahayaan alami yang memperluas area kamar. Setelah itu, dukung dengan penggunaan warna yang tepat. Dikarenakan ukurannya terbatas, jangan bermain warna terlalu banyak. Pilihlah warna-warna netral seperti abu-abu atau putih tulang yang mendominasi kamar, baik dari warna cat tembok atau wallpaper, gordyn, hingga sprei dan perabotannya.

  1. Hindari headboardpada kasur.
Baca Juga  Mendekorasi Kamar Anak agar Everlasting

Headboard ini akan membuat kamar yang sempit terasa sesak. Apapun jenis kasur Anda, usahakan untuk tidak menggunakan headboard. Sebagai gantinya, Anda bisa mendekorasi bagian atas kasur baik dengan foto atau hiasan maupun rak gantung. Ini akan menyediakan space lebih bagi perabotan Anda yang lain sehingga kamar kecil tetap muat banyak.

  1. Manfaatkan dinding sebagai area penyimpanan.

Rak gantung adalah alternatif sekaligus cara untuk mengakali kondisi kamar yang sempit agar tetap bisa menyimpan banyak barang. Manfaatkan area dinding kamar Anda sebagai space untuk menyimpan barang-barang. Ini akan membantu Anda memasukkan barang lebih banyak tanpa menghabiskan space lantai yang digunakan untuk berjalan. Jika alternatif dinding tidak cukup, Anda juga bisa mendesain kasur sendiri yang bawahnya dialihfungsikan sebagai rak penyimpanan barang.

  1. Pilih perabotan yang mini dan multifungsi.

Beberapa orang memasukkan perabotan seperti meja dan kursi dalam kamar mereka. Agar tidak memakan space kamar terlalu banyak, coba pilih furnitur yang berukuran mini atau yang bisa digunakan untuk dua atau tiga fungsi sekaligus. Misalkan memilih perabotan meja kursi yang bisa dilipat atau dimasukkan dalam space terbatas agar ruang gerak di kamar juga terjaga tanpa merusak tatanan dekorasi dan barang-barang yang harus disimpan dalam ruangan.

  1. Letakkan cermin seukuran badan untuk menciptakan ilusi kamar yang luas.

Cermin selalu menjadi alternatif dasar yang bisa digunakan untuk mengakali ruangan yang sempit agar terasa lebih luas dan tidak sesak. Anda bisa menggunakan alternatif ini baik untuk dipasang di dinding kamar maupun dijadikan satu dengan lemari pakaian. Cermin yang besar ini juga akan memantulkan cahaya yang masuk dari jendela sehingga semakin menguatkan kesan luas pada kamar yang relatif sempit.

Baca Juga  Tempat Tidur Minimalis dan Modern yang Inspiratif

Mudah kan ternyata mendekorasi kamar yang sempit agar terlihat lebih luas dan memiliki ruang gerak yang cukup? Semoga ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam menata kamar tidur yang tidak hanya berfungsi sebagai kamar istirahat tetapi juga bersantai atau melakukan me time senyaman mungkin.


Comments

comments

3 thoughts on “Trik Menata Kamar Sempit agar Muat Banyak dan Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini