Trik Menata Kamar Tidur Utama

Kamar tidur bisa dikatakan sebagai ruangan paling privat dan intim bagi pemiliknya. Inilah ruangan yang paling disukai oleh setiap pemiliknya, bukan hanya sebagai ruang istirahat, kamar tidur juga digunakan sebagai ruangan untuk merenung, meditasi, bahkan terkadang digunakan untuk bekerja dan berkarya. Ruangan ini diyakini sebagai ruangan paling multifungsi dibandingkan ruangan lain dalam sebuah rumah.

Karenanya, kamar tidur selalu mendapatkan perhatian lebih dalam dekorasi dan penataannya. Harapannya, kamar tidur tersebut bisa menjadi kamar tidur yang membuat pemiliknya nyaman. Penataan kamar ini tak sekadar memilih warna cat apa yang bagus, apa pilihan kasur / springbed yang enak digunakan, sampai akan diletakkan di mana lemari pakaian. Ada banyak hal yang bisa Anda aplikasikan terkait trik menata kamar tidur utama dengan beberapa poin berikut ini.

 

  1. Ketika mendesain, usahakan kamar tidur utama tidak langsung bisa diakses dari ruang tamu. Ini penting diperhatikan oleh Anda yang baru akan mendesain sebuah rumah. Terutama kebudayaan Timur yang masih menjaga hal-hal privasi untuk kepentingan pribadi, kamar tidur utama adalah bilik paling privasi yang harus dijaga. Kamar ini bisa saja terletak di bagian depan rumah namun usahakan untuk tidak bersebelahan dengan ruang tamu atau letakkan pintu masuk jauh dari ruang di mana tamu bisa langsung melihat area dalam kamar.

 

  1. Menentukan tema kamar tidur berdasarkan ukuran. Untuk kamar dengan ukuran besar, Anda memiliki kesempatan untuk mendekorasinya dengan warna tema yang beragam, baik itu warna netral atau warna tegas. Meskipun memiliki spacecukup, usahakan untuk tidak mengisinya dengan berbagai perabotan kamar tidur yang berlebihan dan berwarna-warni agar nyaman digunakan beristirahat.
Baca Juga  Mendesain Ruang Makan yang Multifungsi sebagai Ruang Keluarga

Sedangkan untuk kamar berukuran kecil, lebih baik gunakan warna tema netral yang nantinya dipadukan dengan perabotan yang berwarna. Di samping itu, pilih perabotan dengan warna yang tegas namun tak terlalu banyak untuk menambah suasana ceria namun juga rileks.

 

  1. Pakai wallpaperdi satu sisi dinding kamar. Ini bisa jadi alternatif kalau Anda tidak mau ada terlalu banyak barang dekorasi untuk membuat kamar terlihat lebih “hidup”. Penggunaan wallpaperdi satu sisi ini fungsinya sebagai dekorasi pemanis. Pilih wallpaper dengan gambar tertentu. Anda juga bisa menggunakan wallpaper di seluruh sisi dinding kamar hanya saja perhatikan polanya agar tidak terlalu berlebihan. Pola wallpaper yang berlebihan akan membuat kamar terkesan sempit dan ramai.

 

  1. Sediakan spaceuntuk ruang gerak. Di ruangan ini, nantinya Anda akan melakukan banyak hal. Tentunya Anda harus menyediakan spaceterutama di sekitar kasur. Jangan meletakkan perabotan terlalu banyak di sekitar kasur. Selain itu jika Anda menemukan perabotan yang bisa multifungsi, ini bisa digunakan karena akan menghemat space kamar tidur Anda. Supaya tidak terkesan sangat lapang, Anda bisa menambahkan pemanis berupa karpet pada space kosong tersebut.

 

  1. Jendela besar untuk pencahayaan di siang hari yang maksimal. Kamar Anda membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Ada baiknya jika Anda menggunakan tipe jendela yang besar dan minim teralis untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya ke dalam kamar tidur Anda. Ini akan membuat kamar Anda tetap kering sehingga meminimalkan timbulnya masalah lembap dan jamur yang mungkin menyerang dinding atau perabotan (terutama perabot kayu) di dalam kamar.
Baca Juga  Tips Merancang Garasi Rumah Pribadi

 

Tak sulit kan menata kamar tidur utama Anda menjadi kamar yang menyenangkan? Harapan kami, semoga trik ini mampu membantu Anda menata kamar dengan berbagai permasalahan umum yang banyak dihadapi para pemilik rumah baru.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini