Berapa Ukuran Bathtub Ideal Untuk Kamar Mandi?

Ukuran bathtub merupakan salah satu faktor kenyamanan mandi. Ukuran yang tepat akan memanjakan anda ketika mandi untuk lebih relaks dan bersantai baik di pagi, siang, sore maupun malam hari. Lalu, berapa ukuran paling ideal untuk anda?

Bathtub jadi salah satu elemen wajib yang ada pada kamar mandi. Meskipun tidak semua orang menggunakan bathtub, ada satu kelebihan atau keuntungan tersendiri ketika mengaplikasikan alat pendukung mandi satu ini dibanding dengan yang tidak. Perbedaan mencoloknya, anda perlu membilas diri menggunakan air yang diambil dari bak mandi. Berbeda jika memakai bathtub, pengguna hanya perlu “rebahan” mencelupkan diri ke bathtub, lalu kemudian bilas hingga bersih.

Menggunakan bathtub juga membantu relaksasi lebih maksimal, terlebih setelah seharian beraktivitas. Cara ini adalah cara yang tepat dan cepat untuk melepas penat tanpa harus pergi – pergi keluar rumah. Tak heran, masyarakat perkotaan sering kali memasang bathtub pada kamar mandi mereka agar waktu mandi lebih efektif. Walau begitu, permasalahan terkadang muncul ketika akan mendatangkan sebuah bathtub untuk kamar mandi. Selain dari spesifikasi hingga merk, ukurang bathtub juga sering kali dipermasalahkan, apalagi ketika anda membeli secara online tanpa melihat bentuk fisik dan perkiraan ukuran seperti apa?

via pixabay

Untuk ukuran tinggi, rata – rata ukuran bathtub punya ukuran 50 – 60 cm. Ukuran ini terbilang pas, tidak sulit ketika anda beranjak ataupun pas ketika anda mandi dalam posisi semi tertidur. Nah, lalu berapa kira-kira ukuran paling ideal untuk anda? Beberapa ukuran bathtub berikut dapat menjadi pandangan anda sebelum memutuskan membeli sebuah bathtub untuk kamar mandi seperti yang dilansir dari thespruce

Tipe Long Bathtub

Panjang : 1,8 meter

Lebar : 0,9 meter

Tipe long bathtub merupakan segmen bathtub yang populer, terlebih untuk bentuk kaki yang panjang. Tipe ini adalah bathtub yang sempurna bagi orang – orang ynag menginginkan lebih banyak ruang dan gerak lebih bebas. Walau begitu, dengan tipe yang panjang, itu berarti ukuran kamar mandi yang diperuntukkan juga cukup besar, agar mencapai ruang gerak yang seimbang dari ukuran bathtub tipe ini. Di samping itu, ukuran tampung air juga besar yang berarti perlu beberapa menit agar terisi penuh.

Tipe Oval

Panjang : 1,5 meter

Lebar : 1 meter

Jika biasanya, bathtub memilik bentuk persegi panjang, elemen kamar mandi satu ini juga tersedia untuk bentuk oval. Tipe ini punya bentuk yang memancar ke segala arah, yang pada pengaplikasiannya malah punya ukuran yang lebih lebar. Jika dilihat, bentuk oval terlihat bentuk yang ramping sehingga cocok untuk penempatan pada ruangan kecil. Dengan begitu, tipe ini tidaklah cocok untuk ukuran ruangan kamar mandi mini atau kecil.

Tipe Drop in

Panjang : 1,1 meter hingga 1,8 meter

Lebar : 0,7 meter hingga 0,8 meter

Tipe drop in juga salah satu tipe bathtub yang populer. Bentuknya dapat menyesuaikan dengan gaya ruangan, terlihat dari bagian pinggir yang dipasang kerap mengikuti gaya ruangan yang ada. Tipe ini tidak memiliki sisi yang “selesai” dari pabrikan, nelainkan hanya turun ke cut out pada dek.

Baca Juga  5 Hal Untuk Menata Kamar Mandi Kecil Agar Lebih Menarik

Tipe Free Standing

Panjang: 1,3 meter hingga 1,8 meter

Lebar: 0,6 meter hingga 0,8 meter

Tipe freestanding bukan hanya dalam bentuk kompor, namun juga terdapat dalam tipe bathtub. Tipe bathtub freestanding dapat jadi salah satu pilihan tepat, pun dengan berbagai macam gaya bathtub yang dapat disesuaikan, mulai dari gaya tradisonal hingga ala – ala modern minimalis. Walau begitu, tipe ini akan lebih maksimal untuk ukuran ruangan kamar mandi yang besar atau paling tidak memiliki ukuran sedang. Ketika anda merencanakan penggunaan ini, ada baiknya menggunakan ukuran footprint dengan panjang 6 inchi serta lebar 4 inchi dari dimensi ukuran bathtub yang sebenarnya

Corner bathtub

via pinterest

Panjang : 1,5 meter

Lebar : 1,5 meter

Sesuai namanya, tipe ini diperuntukkan untuk penempatan di area sudut atau pojokan kamar mandi. Posisi ini menampilkan kemegahan dari kamar mandi, pun dengan ruang gerak yang maksimal. Penempatan pada pojokan dapat pula memperlihatkan ilusi area yang sedikit luas, tentu tidak sumpek ketika masuk ke area kamar mandi ini. Desain sudut bathtub pun dapat didesain sedemikian rupa, baik menggunakan bentuk cangkang segitiga hingga bergaya drop-in.

Berapa ukuran bathtub untuk 2 orang?

Terkadang, pemilihan ukuran dan tipe bathtub diperuntukkan untuk penggunaan paling tidak 2 orang agar mencapai tingkat kenyamanan yang maksimal. Lalu, berapa ukuran paling tepat? nah, anda bisa memiih tipe long bathtub. Dengan ukuran yang besar seperti ini, kenyamanan yang maksimal lebih didapat dengan ruang gerak lebih luas.

Baca Juga  Begini Lho, Cara Memaksimalkan Ukuran Kamar Mandi Minimalis di Rumahmu

Nah, sudah tentukan pilihan tipe dan ukuran bathtub? semoga bermanfaat ya homeowners! cek juga harga bathtub terbaru DISINI, konsultasikan gratis dengan klik link dibawah.

https://www.youtube.com/watch?v=C8SCUFIVgUs

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini