ShopTips & Trick

14 Ukuran Paku Paling Sering di Pakai

Ada berbagai ukuran paku yang kerap kali dipakai dalam dunia konstruksi maupun bangunan lain. faktor ukuran memerlukan kebijakan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan.lalubagaimana dengan kebutuhan anda, apakah memakai yang besar atau malah pakai paku paling kecil. untuk itu, simak penjelasannya tentang ukuran daripada paku berikut ini

penentuan ukuran diperuntukkan untuk kebutuhan kebutuhan tertentu, terkadang pula itu mengikuti dari bahan apa yang dipakai. misalnya untuk material kayu dengan ketebalan cukup, menggunakan ukuran yang sedikit besar akan memperkuat bagian penyambungannya.

kembali lagi untuk material kayu dengan ketebalan lebih kecil, jika memakai paku yang besar itu mungkin akan menimbulkan sedikit masalah, bisa jadi material kayu jebol bukan? tentu lebih baik memakai ukuran paku sedang maupun kecil.

disamping itu, ukuran pada tiap jenis paku memiliki angka yang berbeda. untuk tahu lebih dalam tentang jenis paku, simak dalam artikel “20 Jenis Paku Bahan Bangunan Berdasar Kebutuhannya”.

nah, berikut ini ialah daftar ukuran paku berdasar jenisnya :

Paku Kawat Baja

ukuran paku
via: pxhere.com

jika dilihat, paku kawat baja mirip seperti paku beton (pembahasan selanjutnya).

bentuk kepala memiliki karakter yang tebal serta guratan guratan pada permukaan, yang dapat bergunsi sebagai penguat apabila dipakai palu paku.

Baca Juga  Ukuran Paku Rivet Beserta Harga Terbaru 2024

untuk ukurannya sendiri, paku kawat baja pada rentang 2 cm hingga 15 cm.

Paku Rivet

paku rivet merujuk pada fungsi untuk menyambungkan plat besi yang sifatnya permanen. nah, pemasangan paku rivet sendiri memerlukan ketelitian, karena sekali terpasang itu susah untuk dilepas kembali.

untuk ukuran paku rivet sendiri berkisar antara diameter 12 cm sampai 50 cm, dengan panjang 4 cm.

Paku Duplex

paku jenis ini kerap digunakan sebagai penanda pada proses pengecoran, dengan bentuk ujung kepala yang memaksimalkan kawat diikat dengan lebih mudah.

tidak seperti paku lain, paku duplex tidak memiliki daun kepala yang besar. untuk ukurannya sendiri ada pada antara 8 cm sampai 15 cm

Paku Bengkirai

paku bingkai punya karakter dengan bagian tubuh sedikit panjang, anda bisa menggunakan jenis paku ini untuk menyambungkan (pengikat) balok kayu yang keras serta padat.

untuk ukurannya sendiri, paku bingkai memiliki rentang ukuran 3 cm sampai 10 cm.

Paku Jok (Upholstery)

paku upholstery ukuran
via: heico-direct.co.uk

memiliki bentuk kepala payung yang lebar dengan batang yang pendek, ini dapat anda gunakan paku pengikat pada kulit sofa. paku ini juga andalan untuk para tukang servis sofa professional.

payung kepala sangat aman untuk sofa, karena tidak terdapat lekukan lekukan yang berpotensi melukai kulit. untuk ukuran paku jok (ipholstery) hanya terdapat 1 jenis saja, yakni 1/2 inchi.

Paku Seng

tentu anda sudah tahu bahwa material seng termasuk bahan yang kerap dipakai, apalagi untuk area atap rumah.

Baca Juga  Menata Rumah dengan Dekorasi Sesuai Feng Sui

adanya paku seng akan memperkuat pemasangan, termasuk juga untuk pemakaian pada aspes ataupun papan fiber

paku seng memilii beberapa ukuran, yakni antara 7 cm hingga 10 cm.

Paku Veneer Pin

paku veneer merujuk pada penggunaan untuk pengikat papan kayuu laminasi pada pengaplikasiannya, ini membuat papan tudak mudah terlepas. karakter bentuk lebar yang tipis juga batang yang kecil, ini membuat pemasangan memakai veneer pin jadi lebih mudah.

untu ukuran paku veneer, itu berkisar antara ukuran 1 cm sampai 6 cm.

Paku Tembok

sebenarnya, paku tembok sendiri merujuk pada fungsi pengikat pada material balok kayu buatan, seperti blockboard maupun teakwood.

paku ini juga termasuk mulitfungsi, karena dapat dipakai untuk beberapa kebutuhan yang berbeda, mengingat kualitas yang cukup baik dan kuat. ukuran paku tembok ada pada rentang 3 cm sampai 8 cm.

Paku Beton

jenis paku ini termasuk yang sering kali dipakai. umumnya, paku beton kerap dipergunakan pada konstruksi bangunan seperti melubangi dinding beton yang terkenal kuat dan keras.

mengingat kekuatan yang sangat baik, hal ini membuatnya efektif untuk dipakai pada berbagai kebutuhan sekaligus. ukuran paku beton sendiri berkisar antara 2,5 cm hingga 12,5 cm.

Paku Clout Head

paku clout head ukuran
via: sinogrp.com

jika dilihat, paku clout head memiliki bentnuk seperti paku beton, yang membedakan ialah dari segi kepala yang lebih lebar.clout head kerap dipakai sebagai pengikat sambungan antar kayu maupun dowel pengikat.

Baca Juga  Daftar Ukuran Tandon Mpoin Berdasarkan Serinya (MPOIN PLUS, Tall Series, Dll)

paku clout head hadir dalam beberapa ukuran shank diameter 1.2 mm hingga 6 mm.

Paku Cacing

bentuknya agak berbeda dengan jenis lain, yakni bergelombang layaknya kaki sedang berjalan. fungsi paku cacing sering kali digunakan menyatukan bahan bahan yang berbeda pada suatu konstruksi, ini sangat penting untuk mengikat supaya lebih kokoh dan tidak terlepas.

untuk ukuran paku cacing memiliki ukuran yang kecil, yakni 3 mm saja.

Paku Untuk Papan Tripleks

olahan papan tripleks mudah rusak jika anda tidak memanfaatkannya dengan benar, bahkan untuk segi proses pemakuan. anda yang bekerja di bidang perkayuan tentu saja akrab dengan jenis kayu ini.

oleh sebab itu, dibuatlah paku untuk papan tripleks untuk meminimalisir kerusakan, dan untuk ukurannya sendiri berkisar antara 2 cm hingga 12 cm.

nah, itu tadi penjelasan tentang berbagai ukuran dari paku, semoga bermanfaat ya! beli paku di qhomemart aja, belanja mudah serta dapatkan grade terbaik!

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini