Tips & Trick

Water Based VS Solvent Based, Mana Lebih Baik?

Menilik perbandingan water based vs solvent based dapat diliaht dari hasil akhir, kesimpelan pemakaian, waktu pengeringan hingga harganya. mana lebih baik?

Banyak orang kini mempertimbangkan pemakaian antara water based vs solvent based. Meskipun memiliki fungsi yang sama, setidaknya terdapat beberapa perbedaan yang perlu diketahui.

Secara umum, water based merupakan jenis cat yang menggunakan air sebagai larutan air serta teknologi baru. Sementara solvent base ialah cat dengan bahan pelarut minyaknya dapat menguap antara bahan pelarut dan oksigen.

Nah, apa saja perbedaan dari kedua jenis cat ini? Simak perbandingannya berikut ini.

Campuran Yang Digunakan

Ini adalah salah satu perbedaan utama dari Water based vs solvent based. Solvent memerlukan campuran thinner untuk proses pengaplikasian, sementara water base (seperti namanya) hanya memerlukan air.

Hasil Akhir

Dilansir dari brewers.co.uk, solvent based memiliki hasil akhir lebih keras daripada water base. Hal ini membuat solvent base, jadi lebih mudah dibersihkan.

Dari sisi hasil “glossy” antara keduanya, solvent base memiliki tingkatan glossy yang memuaskan dan lebih baik dibanding water base. Tambahan, dari segi warna solvent base masih lebih baik dibanding water base selama tahapannnya benar.

Baca Juga  Jenis Genteng Kanmuri: Pilih Milenio, Full Flat atau Espanica?

Waktu Pengeringan

perbedaan water dan solvent based

Dari sisi kecepatan pengeringan,Solvent base lebih unggul dengan waktu pengeringan yang lebih cepat.

Itu karena, udara yang bergerak di sekitar cat (yang telah diaplikasikan) dapat mempercepat proses penguapan serta mengurangi waktu pengeringan.

Jika dinding ingin cepat-cepat kering dan cepat digunakan, solvent base perlu dipertimbangkan penggunaannya.

Ketahanan Terhadap Polusi

Bagaimana perbandingan Water based vs solvent based dari sisi ketahanan? Solvent sendiri memiliki ketahanan yang baik terhadap polusi seperti suhu maupun kelembapan selama pemroses pengeringan.

Water Base Cocok Untuk Ruangan Terbatas

Salah satu keuntungan dari cat jenis water base, ialah sangat cocok ketika dipakai untuk ruangan terbatas.

Selain itu, jenis cat ini juga cocok untuk ruangan dengan jumlah ventilasi terbatas.

Bau yang Menyengat

Solvent base menimbulkan bau yang cukup menyengat ketika diaplikasikan atau ketika persebaran cat dilakukan ke dinding.

Tidak seperti water base, yang memiliki bau tidak terlalu menyengat ketika dipergunakan di dalam ruangan.

Selain itu, bau yang dihasilkan solvent base tidak aman bagi manusia jika dihirup terlalu lama. Maka dari itu, sangat penting untuk anda agar tidak berlama-lama menghirup ketika memakai cat solvent base. Gunakan masker untuk menutup hidung agar lebih nyaman diaplikasikan.

Sementara water base, anda tidak perlu khawatir karena jenis ini tidak memiliki bau yang menyengat dan masih tetap aman ketika dihirup. Soal kenyamanan terlebih jika anda tidak tahan bau, water base jadi pilihan yang baik.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Beras Terampuh

Propan memiliki produk-produk yang anda butuhkan, mulai dari water based vs solvent based. Semua tersedia disini, dapatkan sekarang di qhomemart.com sekarang juga.

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Jam Buka: 08.00-21.00

Offline: Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

5/5 - (2 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini