Shop

Trik Ampuh Cara Mengatasi Rembesan Air di Lantai

Cara mengatasi rembesan air di lantai yang ampuh dengan memperbaiki nat rusak, meninggikan lantai 10-30 cm, periksa kebocoran pipa di dalam lantai dan pastikan tidak ada genangan. Perbaikan dilakukan berdasarkan penyebabnya.

Menjengkelkan bukan ketika kita menemui lantai rumah yang tiba-tiba basah? Bahkan air tidak muncul melalui saluran air itu sendiri, melainkan dari selah-selah keramik.

Masalah ini amat menjengkelkan untuk kita sebagai pemilik rumah. Apalagi jika barang-barang seperti furniture terkena air tiba-tiba, sisi estetika furniture berkurang bahkan potensi lebih rusak. Itu baru satu barang, bagaimana dengan barang lainnya?

Untuk cara mengatasi rembesan air di lantai, hal pertama yang perlu kita lakukan ialah tahu penyebab itu terjadi. Penyebab umum rembesan lantai diantaranya :

  • Nat keramik yang usang
  • Pemasangan nat tidak rapi
  • Tinggi permukaan air tidak sebanding dengan lantai
  • Pipa air bocor

Pastikan Tidak Ada Genangan

Pastikan tidak genangan di sekeliling rumah. Rembesan di lantai dapat terjadi jika rumah ada terdapat rembesan air. Terlebih jika hunian anda dekat atau berbatasan langsung dengan ladang atau kebun, potensi rembesan bisa saja terjadi. Karena tanahnya terbuka, lantai dapat berpotensi rembes.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa lebih parah dari sebelumnya. Maka dari itu, pastikan hunian terbebas dari genang dulu sebagai cara mengatasi rembesan air di lantai.

Baca Juga  5 Cat Jotun Interior Terbaik Untuk Warna Cemerlang

Perbaiki Nat Yang Rusak

SIKA Semen Nat granit
Nat keramik dan granit berkualitas beli di qhomemart.com

Cara mengatasi rembesan air di lantai yang kedua dengan memperbaiki NAT.

Penyebab rembes lantai salah satunya dari nat lantai yang rusak. Nat sendiri bagian yang biasanya berwarna putih, yang dipasang pada selah-selah keramik. Ketika nat mulai rusak, rembesan bisa naik ke permukaan lantai.

Anda bisa mengcongkel nat kemudian menginstal ulang dengan nat baru supaya prima kembali. Pastikan nat yang dipakai berkualias, supaya bisa dipakai untuk jangka panjang. Supermarket bangnunan qhomemart.com punya berbagai pilihan nat berkualitas untuk anda.

Tinggikan Posisi Lantai

Cara Mengatasi Rembesan Air di Lantai

Tinggi permukaan air yang tidak sebanding juga jadi penyebab kenapa lantai rembes. Kondisi ini dapat menyebabkan air gampang meresap ke permukaan dan masuk melalui pori-pori.

Biasanya ini terjadi pada area tanah yang dekat dengan ladang, kebun ataupun bekas dari lahan tersebut.

Jika anda baru ingin membangun rumah, pastikan untuk mempertimbangkan lantai rumah yang tinggi. Jika terlanjur memiliki lantai rembes, anda bisa membongkar ulang dan meninggikan lantai itu.

Tinggi lantai bisa dibuat kurang lebih 10 hingga 30 cm dari sebelumnya.

Tambal Pipa Yang Bocor

jenis pipa air

Penyebab lantai rembes bisa juga dikarenakan bocornya pipa air. Biasanya jalur pipa disembunyikan di dalam tanah memang cukup beresiko pecah karena sering dapat tekanan, terlebih ketika orang melintas.

Jika ini penyebabnya, maka cara mengatasi rembesan air di lantai adalah dengan memperbaiki pipa bocor. Pipa bisa ditambal jika hanya kerusakan ringan. Namun memang pipa langsung diganti. Ini supaya kondisi pipa lebih baik dan bagus untuk jangka panjang.

Baca Juga  Toko Bor dan Produk Bosch Jogja Terlengkap 2024 di QHomemart

Semoga artikel ini bermanfaat!

//https://aquaproof.co.id/newsroom/cara-mengatasi-lantai-rembes-anti-gagal

//https://ambpi.com/inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-lantai-lembab/

//https://artikel.rumah123.com/5-cara-mengatasi-rembesan-air-pada-lantai-dengan-nat-keramik-waterproof-masalah-langsung-selesai-134779

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini