Tips & Trick

4 Cara Mengecat Tembok Yang Benar

Cara mengecat tembok yang benar dapat memakai beberapa cara. Pertama pastikan tembok bersih kemudian dilanjutkan mengecat satu arah atau teknik cat vertical horizontal.

Setiap beberapa tahun sekali, anda mungkin menginginkan suasana rumah yang berbeda supaya lebih fresh dengan melakukan pergantian warna cat rumah.

Namun agar hasil cat maksimal, anda perlu tahu seperti apa cara mengecat tembok yang benar. Tentu anda tidak mau bukan hasil jerih payah sendiri sia-sia? Untuk itu, ikuti tips dan langkahnya berikut ini.

Pilih Alat Yang Tepat

pastikan cat tembok bersih sebelum di cat
Foto: ilustrasi pastikan cat tembok bersih sebelum di cat

Ibarat perang, untuk memenangkan pertarungan anda memerlukan senjata yang tepat.

Dalam hal ini, cara mengecat tembok yang benar ialah dengan memakai alat cat tembok yang tepat.

Jika anda seorang jasa dan dikejar oleh deadline, anda bisa mengecat lebih cepat dengan memakai spray gun dapat mempercepat proses cat secara signifikan.

Jika anda ingin mengecat secara manual untuk tembok yang relatif besar, gunakan kuas cat roll beserta papan baki untuk fleksibilitas proses cat yang lebih baik.

Pastikan Tembok Bersih

Kotoran atau debu pada tembok dapat menyebabkan aplikasi cat kurang maksimal. Pastikan sebelum cat permukaan tembok sudah dibersihkan agar cat yang baru dapat menempel dengan sempurna.

Baca Juga  5 Ruang Tamu Modern Yang Cocok Untuk Semua Tipe Hunian
mengecat secara satu arah
Foto: ilustrasi mengecat secara satu arah

Tembok dapat anda bersihkan memakai lap basah maupun sikat. Jika terdapat noda, dapat dibersihkan memakai detergen dan di gosok menggunakan spoon yang bersih.

Selain bersih, pastikan tembok anda sudah rata sebelum di cat. Hal ini memberikan tampilan tembok terbaik setelah proses mengecat selesai.

Aplikasi Kuat Satu Arah

Salah satu kesalahan umum mengecat ialah tidak konsistennya arah pengaplikasian cat. Karena saling “bertabrakan”, hal ini menyebabkan cat tertumpuk di satu atau beberapa bagian saja.

Aplikasi kuas cat ke satu arah dapat memberikan tekstur cat yang lebih merata serta rapi pada tembok.

Teknik Cat Vertical-Horizontal

Cara Mengecat Tembok Yang Benar
Foto: Ilustrasi mengecat tembok secara vertical horizontal

Untuk mendapatkan hasil terbaik, cara mengecat tembok yang benar dapat memakai teknik vertical horizontal.

Lapisan pertama anda bisa mengaplikasikan cat secara horizontal, kemudian dituntaskan dengan lapisan kedua yaitu vertical. Anda bisa melakukannya secara sebaliknya.

Pengaplikasian seperti ini dapat menutupi tembok secara merata dan menyeluruh.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini