Tips & Trick

Cara Stek Tanaman dengan Mudah

Hobi bercocok tanam mulai menjadi tren semenjak pandemi ini. Banyak cara untuk bercocok tanam, salah satunya dengan mengikuti cara stek tanaman untuk mengembangbiakkan tanaman.

Apa itu Stek Tanaman?

Stek tanaman adalah cara untuk mengembangbiakkan tanaman dengan menggunakan potongan dari tanaman untuk menumbuhkan akar dan tumbuhan baru. Tumbuhan baru ini akan tumbuh dengan memiliki sifat yang identik seperti tanaman induknya.

cara stek tanaman
source: diynatural.com

Cara Stek Batang Tanaman Monstera

Cara memperbanyak tanaman dengan teknik stek salah satunya adalah stek batang. Tanaman yang bisa diperbanyak dengan cara stek batang adalah singkong, mawar, monstera, dan banyak lagi yang lainnya.

Cara stek tanaman dengan metode stek batang dilakukan dengan memotong batang tanaman kemudian menancapkannya ke tanah.

Pilihlah batang yang sudah cukup tua untuk Anda lakukan stek batang. Sebaiknya lakukan pemotongan batang tersebut pada pagi hari agar saat Anda menyemai tanaman akan langsung mendapat sinar matahari. Gunakanlah gunting tanaman yang tajam agar bekas potongan pada batang tanaman tidak rusak.

cara stek tanaman
cara stek tanaman
source: bybrittanygoldwyn.com

Untuk menyetek tanaman dengan metode stek batang, pilihlah tanaman induk yang sehat dan baik. Potonglah batang induk dengan diameter sekitar 1 cm. Sebaiknya Anda memotong batang yang memiliki sedikit daun untuk membantu proses fotosintesis tanaman.

Baca Juga  Tips dan Trik Mengecat Dinding Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Potonglah batang tanaman yang akan Anda stek sepanjang 10 hingga 15cm dan potong tanaman dengan miring agar Anda dapat dengan mudah menancapkannya di tanah maupun di media semai.

Cara Stek Tanaman dengan Stek Daun

cara stek tanaman stek daun
source: gardeningknowhow

Selain menggunakan metode stek batang, Anda juga bisa menggunakan metode stek daun. Anda bisa mencoba menyetek daun lidah buaya, daun kaktus, maupun daun cocor bebek.

Untuk menyetek tanaman dengan cara stek daun Anda bisa menggunakan daun yang sudah tua dan berwarna hijau segar.

Potonglah bagian daun yang dirasa cocok untuk distek kemudian rendam bagian bawah daun dengan air. Sebaiknya Anda merendam bagian daun tersebut dengan larutan auksin. Rasio dari campuran air dan auksin yang dapat Anda gunakan adalah sekitar 100-200cc auksin per 1 liter air.

Auksin atau Asam Indol Asetat adalah hormon yang berada di ujung tanaman dan bagian daun yang masih muda. Auksin dapat berfungsi untuk mendorong pertumbuhan tanaman dengan cara pemanjangan sel pada akar dan batang tanaman tersebut.

Stek Akar Tanaman

cara stek tanaman stek akar 2
source: minigardener

Selain cara stek tanaman dengan stek batang dan stek daun, ada pula cara membudidaya tanaman dengan stek akar. Tanaman yang ideal untuk dibudidaya dengan stek akar adalah stroberi dan mint, dan beberapa tanaman lainnya.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini