Shop

4 Fungsi Gerinda Tangan Yang Jarang Orang Tahu

Fungsi gerinda tangan dapat dipakai untuk merapikan hasil potongan, hasil las, membentuk lekungan serta penyiapan benda las.

Gerinda tangan banyak digunakan para tukang professional, bahkan penggunaan rumahan untuk berbagai keperluan. Alat ini membantu berbagai kegiatan khususnya untuk keperluan teknik.

Putaran gerinda berkisar 11.000-11.500 rpm, dapat menggerus logam dan bahan lain untuk dibentuk sesuai keinginan.

Meski secara umum, ini dipakai untuk “menggerinda”. Padahal, ada banyak fungsi gerinda tangan yang bisa anda pakai untuk berbagai keperluan. Berikut penjelasannya :

fungsi gerinda tangan
Foto: Freepik

Merapikan hasil potongan

Fungsi gerinda tangan dapat dipakai untuk merapikan hasil potongan. Hasil potongan seperti besi, terkadang menyisakan permukaan yang kasar atau sebagainya.

Jika membutuhkan hasil potongan yang lebih rapi, gerinda tangan dapat menyempurnakannya.

Merapikan hasil las

Selain itu, fungsi gerinda tangan lainnya yakni merapikan hasil las. Seperti yang kita ketahui, proses las menghasilkan sambungan dengan sisa-sisa proses berupa titik-titik kecil.

Putaran kencang mata gerinda dapat menghilangkan titik titik kecil tersebut. Proses yang memakai tangan akan memudahkan pengoperasian, terlebih untuk hasil lebih detail.

1 18

Membentuk lekungan

Dapat dibentuk lekungan pada benda kerja dengan memakai gerinda, namun memerlukan keterampilan yang cukup untuk menghasilkan lekungan sempurna.

Baca Juga  Furniture Lemari Jogja Terbesar dan Terlengkap di Qhomemart

Gerinda tangan dapat bermanfaat untuk membentuk sisi-sisi pada benda lebih indah.

Menyiapkan permukaan benda untuk pengelasan

Proses las terkadang membutuhkan benda kerja yang siap untuk di las. Dalam arti sebelum memulai mengelas, beberapa bahan atau benda membutuhkan permukaan yang halus.

Untuk itulah gerinda dapat dipakai. Ini adalah salah satu fungsi gerinda tangan, yang dapat dipakai untuk menghaluskan permukaan benda sebelum di las.

Semoga bermanfaat! JIka anda berencana membeli gerinda tangan, Dapatkan produk termurah hanya di qhomemart.

Qhomemart adalah supermarket bangunan yang memiliki store offline di yogyakarta. Kami juga melayani pembelian kran air dan bahan bangunan secara daring di qhomemart.com dengan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Hubungi whatsapp store kami di 0811-2863-773

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini