Shop

9 Jenis Mesin Bor Berdasarkan Kebutuhan & Fungsi

Setidaknya ada 9 Jenis mesin bor dibedakan berdasarkan kebutuhannya. Cari tahu jenis-jenis dari mesin bor pada penjelasan dibawah ini.

Bor merupakan alat serbaguna untuk melubangi atau memperbesar lubang pada media tertentu. Medianya bisa tembok, logam, beton, kayu bahkan plastik.

Namun proses melubangi perlu disesuaikan dengan jenis mesin bor itu sendiri. Disisi lain, jenis bor juga mempengaruhi seberapa berat-ringan pekerjaan proyek, diperlukan penyesuaian sesuai jenis proyek yang dikerjakan.

Nah, cari tahu apa saja jenis-jenis dari mesin bor pada penjelasan dibawah ini.

Mesin Bor Cordless

Mesin Bor Cordless

Cordless merujuk pada jenis mesin bor yang beroperasi tanpa kabel. Sumber daya utamanya memakai baterai yang ditanam didalamnya. Anda perlu mencharge ulang ketika daya baterai habis.

Salah satu keuntungan memakai cordless, pekerjaan jadi tidak terhalang panjangnya kabel, sehingga sangat fleksibel untuk berpindah-pindah area bor.

Bor cordless juga berguna untuk pekerjaan yang disekitarnya tidak ada sambungan listrik atau tempat-tempat yang susah dijangkau. Bor cordless lebih cocok untuk pekerjaan-pekerjaan ringan.

Mesin Bor CORE

Bagaimana jika kebutuhannya mengebor lantai? Anda dapat memakai jenis mesin bor core. Mesin biasa digunakan untuk proyek-proyek yang relatif besar.

Baca Juga  6 Desain Rumah Klasik Jawa Sederhana Terpopuler 2024

Contohnya mengebor lantai, mengukur ketebalan aspal jalanan dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengenali jenis ini? Anda bisa melihat rangka seperti senjata api 2 gagang juga mata bor besar seperti tabung.

Mesin Bor Tangan

jenis mesin bor

Bor tangan adalah jenis mesin bor paling umum dipergunakan, banyak tukang, bengkel bahkan beberapa orang rumah memiliki mesin bor karena cukup fleksibel.

Bentuknya relatif kecil, tidak berat, hadir juga dalam seri cordless maupun kabel. Ukuran diameternya berkisar 6.5-18mm.

Bor ini lebih cocok untuk segmen pekerjaan kecil, tidak cocok untuk melubangi bahan keras seperti beton atau logam yang tebal.

Mesin Bor Duduk

Bor duduk digunakan untuk keperluan bor lebih detail, terlebih pengeboran media berukuran kecil hingga 15,5 mm. Bor ini mengandalkan kecepatan, sehingga bentuk lubangnya akan sempurna. Semakin kecil lubang, akan semakin cepat perputarannya.

Terlebih, bor duduk dirancang untuk lokasi tetap sehingga memudahkan titik mana yang ingin dilubangi.

Dari sisi penggunaan bor duduk cukup mudah, tinggal putar tuasnya lalu kepala dan mata bor. Sebelum itu, pastikan titik yang diincar sudah tepat. Alasnya diikat dengan mur maupun baut agar tidak bergeser.

Mesin Bor IMPACT

mesin bor impact

Bor impact memiliki perputaran dan getaran yang tinggi untuk pengeboran pekerjaan relatif berat.

Itu karena mekanisme palu yang ada, memungkinkan pahat bor dapat bergerak maju dan mundur dengan perputaran yang cepat.

Baca Juga  Dekkson Memberi Jaminan Kunci Pintu Berkualitas

Jenis mesin bor satu ini sering kali dipakai untuk membuat lubang pada dinding. Banyak tukang yang juga memakai bor impact sebagai penunjang pekerjaan proyek.

Mesin Bor Magnet

Bor magnet sering kali disebut magnetik, yang merupakan jenis mata bor yang memakai dasar magnet yang kuat dibagian bawahnya. Karena memiliki magnet, bor dapat menempel kuat pada media logam maupun besi.

Nantinya, bor ini digunakan untuk melubangi pada permukaan vertikal. Magnet bagian bawah untuk menyangga mesin bor memudahkan pemakaian.

Mesin Bor SDS+

SDS (slotted drive system) adalah perkembangan dari jenis mesin bor impact. SDS memiliki mode penggunaan yang dapat diganti dan disesuaikan menurut kebutuhan.

Salah satu keunggulan SDS adalah pengguna tak perlu tak perlu mengunci mata bor atau tinggal dicolokkan saja. Sehingga mudah untuk diganti-ganti mata pahar bor lebih cepat.

SDS lebih cocok untuk skala pekerjaan kecil sampai menengah seperti pekerjaan pasang pipa, pasang kawat listrik dan semacamnya.

Mesin Bor SDS MAX

Dilihat dari namanya, sds masih punya fungsi yang sama dengan sds+. Yang membedakan adalah ukuran mata bor yang lebih besar.

Selain itu, SDS hanya dipakai untuk dinding saja, juga tak perlu penguncian sama seperti sds+

Mesin Bor Gantung

Seperti namanya, bor gantung dipasang pada dinding atau langit-langit yang digunakan untuk mengikis dan memperbesar lubang.

Baca Juga  5 Bor Cas Terbaik 2024 Dengan Harga Terjangkau

Mesin bor gantung memiliki mata bor khusus, sehingga tidak bisa memakai jenis bor pada umumnya.

Lalu, kenapa harus digantung? Hal ini untuk memberi kebebasan untuk pekerjaan bor yang biasanya dibatasi meja kerja, ruang yang terbatas juga meminimalisir jatuhnya sisa bahan dari mesin bor.

Qhomemart merupakan tempat belanja semua jenis mesin bor terbesar dan terlengkap di yogyakarta, kami juga melayani pembelian lewat online (Whatsapp store & E-commerce favorit anda)

Anda juga bisa tanya informasi seputar produk di supermarket bangunan qhomemart, CS kami dapat menjelaskan secara detail dan perkirakan ekspetasi kebutuhan anda.

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Jam Buka: 08.00-21.00

Alamat Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Ayo segera transaksi!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini