Dekorasi

Mengenal Smart Home System : Rumah Canggih 2024

Smart home system merupakan rumah yang dibekali dengan beberapa sistem atau teknologi canggih yang bisa dikontrol melalui gawai. Tidak hanya melalui gawai saja, tetapi kontrol teknologi juga bisa dilakukan melalui alat itu sendiri. Dengan menggunakan beberapa teknologi canggih untuk rumah Anda, itu artinya Anda satu langkah lebih maju untuk menjalani aktivitas di rumah dengan ringan.

Smart home system menjadi sebuah tren beberapa tahun terakhir ini, khususnya untuk generasi Z. Kemudahan dalam mengakses segala penjuru isi rumah menjadi salah satu alasan pemilihan smart home system sebagai teknologi inovasi terkini yang bisa membantu Anda menjalankan aktivitas sehari-hari di rumah dengan aman dan nyaman.

Untuk mewujudkan smart home system yang terkini, Anda perlu menambahkan beberapa elemen untuk memudahkan aktivitas Anda di rumah.

Ini dia beberapa elemen yang bisa Anda tambahkan untuk mewujudkan smart home system yang terkini.

Pengaturan Melalui Gawai

smart home system

Beberapa teknologi canggih yang digunakan pada smart home system bisa dikontrol melalui gawai, sehingga penggunaannya sangat bisa membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus isi rumah.

Baca Juga  Inspirasi Dekorasi Kamar Anak yang Lucu dan Unik

Pengaturan Nyala Lampu Otomatis

lampu otomatis

Lampu menjadi salah satu teknologi yang paling mudah didapatkan dan banyak digunakan sebagai sumber cahaya untuk rumah Anda. Nah, sekarang sudah banyak brand yang menciptakan lampu dengan teknologi canggih yang tersambung dengan gawai untuk pengaturan nyala mati lampu secara otomatis melalui klik di gawai atau bisa juga dengan penjadwalan nyala mati lampu pada jam-jam yang Anda inginkan. Selain itu, beberapa model lampu canggih ini juga menyediakan lebih dari satu pilihan warna yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Stop Kontak Otomatis

stop kontak canggih

Ada pula stop kontak otomatis dengan teknologi canggihnya yang juga terhubung melalui gawai atau dari alat itu sendiri. Misalnya, Anda menggunakan stop kontak untuk mengisi daya baterai gawai. Nah, sekarang tidak perlu khawatir bakalan overtime karena stop kontak otomatis ini memliki pengaturan durasi pemakaian yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Robot Vacuum yang Terjadwal dalam Pembersihan

robot vacuum

Anda sering tidak sempat membersihkan lantai rumah secara teratur karena keterbatasan waktu dan tenaga? Mulai sekarang tenang aja karena sudah tersedia teknologi inovasi canggih yang bisa membantu Anda untuk menyapu, sekaligus mengepel ruangan yaitu dengan menggunakan robot vacuum.

Robot vacuum merupakan vacuum atau pembersih dengan teknologi pemrograman robot yang bisa otomatis membersihkan lantai sesuai dengan perintah Anda melalui gawai atau bisa juga secara manual dari alat itu sendiri. Anda bisa menjadwalkan pembersihan lantai secara teratur menggunakan aplikasi dari brand yang terkait pada gawai.

Baca Juga  Deretan Desain Cafe Industrial Yang Bikin Nyaman

Gimana, canggih bukan? Bukan hanya canggih, tetapi juga fleksibel karena bentuknya yang slim, sehingga mudah untuk digunakan dan disimpan di sudut-sudut yang Anda inginkan.

Smart Lock

smart door

Selanjutnya, smart home system bisa terwujud dengan menggunakan smart lock. Smart lock merupakan handel pintu pintar yang menggunakan teknologi elektromekanis untuk mengunci dan membuka pintu melalui beberapa pilihan fitur, seperti sensor, kartu identitas atau kartu akses, dan pin. Dengan beberapa hal tesebut, keamanan rumah Anda sudah pasti akan terjaga.

Pengoperasian smart lock pada smart home system tidak terlepas dari perangkat nirkabel. Jadi, semua aktivitas yang berhubungan dengan smart lock bisa dipantau melalui gawai.

Bidikan Suara

alat deteksi suara smart home system

Smart home system juga memiliki teknologi canggih yang berupa bidikan suara untuk memerintah alat supaya bekerja sesuai perintah Anda, seperti TV, AC, speaker, lampu, dll. Misalnya, Anda ingin menikmati waktu dengan menonton film di layar TV kamar Anda dengan suasana cahaya seperti bioskop. Nah, Anda bisa memerintah TV, speaker, dan lampu yang sudah terprogram canggih hanya dengan memerintah menggunakan suara saja. Jadi hemat tenaga dan waktu bukan?

Siapkan Plan B Untuk Mengatasi Kerusakan

Perlu diingat bahwa beberapa elemen teknologi canggih yang ada dalam smart home system ini terhubung dengan perangkat nirkabel dan perangkat kabel, sehingga Anda harus tetap menyiapkan plan B untuk mengatasi kerusakan yang tidak diinginkan, salah satunya apabila terjadi pemadaman listrik.

Baca Juga  4 Ide Desain Cafe Sederhana Minimalis

Anda bisa siap sedia genset di rumah Anda, tetapi ini membutuhkan banyak biaya untuk pembelian dan perawatan. Namun, ada pilihan lain untuk antisipasi kerusakan, yaitu tetap menggunakan mode manual untuk semua akses teknologi canggihnya. Misalnya, smart lock yang tetap dibekali dengan kunci manual atau nyala mati lampu yang masih bisa diakses melalui sakelar lampu.

Beberapa elemen di atas belum semuanya disebutkan untuk bisa menciptakan smart home system yang maksimal karena masih banyak lagi yang dibutuhkan untuk bisa menciptakan secara seutuhnya.

Nah, untuk kalian yang menginginkan penciptaaan smart home system, baik yang secara sederhana maupun yang maksimal, Anda bisa membeli teknologi-teknologi canggihnya di Qhomemart.

Banyak pilihan barang yang bisa Anda beli dan Anda konsultasikan terlebih dahulu di toko ini. Namun, yang pasti, Anda bisa memiliki smart home system yang baik dengan membeli teknologi canggih di Qhomemart.

Anda tertarik? Yuk, wujudkan smart home system impianmu bersama Qhomemart!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang bahan bangunan. Siap berdiskusi bersama, tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini