Tips & Trick

7 Perbedaan Granit dan Keramik Terpenting (Anda Harus Tahu)

Terdapat perbedaan granit dan keramik dari segi daya serap air, material, tekstur permukaan, harga hingga proses pembuatan. Hal Ini wajib diketahui bagi anda yang ingin mengetahui perbedaannya.

Meski terlihat sama, namun baik lantai granit maupun keramik adalah produk cukup berbeda. Itulah yang dirasakan kebanyakan orang ketika, yang faktanya bahwa masih banyak yang belum mengerti perbedaannya.

Untuk mengerti perbedaanya, terdapat 7 hal dasar yang bisa jadi acuan untuk membedakannya. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Material

contoh keramik lantai

Perbedaan granit dan keramik yang pertama ada dari sisi material. Keramik dibuat dari tanah lempung atau tanah liat yang dipanaskan hingga suhu 600 derajat celcius.

Sementara lantai granit dibuat dari material batuan alami yang melalui proses produksi pabrik hingga berbentuk lembaran. Granit dibuat melalui proses pembakaran bersuhu sangat tinggi. Granit memiiliki corak alami yang membuatnya punya tampilan mewah dan elegan.

Daya Serap

Dari sisi daya serap (air) keduanya cukup berbeda. Keramik punya daya serap di atas 0,5% sementara granit memiliki daya serap di bawah 0,5% tersebut.

Perbedaan granit dan keramik dari daya serap cukup berpengaruh terhadap hasil pasang, pasalnya hal ini jadi salah satu kenapa keramik dapat terangkat. Sehingga, karena keramik punya daya serap 0,5% maka perlu direndam sebelum dipasang.

Baca Juga  7 Dekorasi Taman Minimalis Untuk Hunian

Proses Produksi

Pada penjelasan sebelumnya, keramik dibuat dari material tanah liat dan di “goreng” dengan suhu tinggi. Baru kemudian diberikan lapisan pengkilap (glaze).

Sementara granit akan melewati proses press atau tekan disertai pembakaran dengan suhu tinggi.

Bentuk Permukaan

granit mengacu pada motif batu alam

Permukaan granit lebih halus daripada keramik. Itu karena granit melalui proses penekanan (press) yang membuatnya permukaan sangat halus.

Berbeda dengan keramik yang diberikan lapisan pengkilap, sehingga menyisakan bagian permukaan tidak rata meskipun sangat kecil.

Window Frame

Window frame berupa garis warna putih terletak di sekelilingnya. Anda tidak akan menemui window frame pada granit karena proses produksi. Sementara pada keramik akan terlihat hal yang satu ini.

Harga

Dari sisi harga terdapat perbedaan granit dan keramik. Umumnya granit memiliki harga yang lebih mahal dibanding keramik. Dilihat dari materialnya yang menggunakan batu alam memiliki kualitas lebih baik dibanding material dari keramik.

Disamping itu biaya produksi granit, juga sisi pemasangan membuat granit punya harga lebih mahal.

Ukuran dan Motif

granit marco sahara wave bigslab
Foto: Contoh granit bigslab di qhomemart

Granit biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada keramik. Bahkan ada granit bigslab, yakni granit berukuran raksasa dengan lebar 120×180. Ukuran ini tidak dimiliki keramik.

Selain itu, perbedaan granit dan keramik ialah bahwa granit tidak memiliki banyak motif dengan desain-desain yang khas grafis seperti halnya keramik. Granit lebih mengutamakan motif batu alamnya yang asli.

Baca Juga  Apa Itu Akrilik Lembaran? Ketahui Jenis, Karakter Bahan dan Fungsinya Disini

Qhomemart merupakan tempat belanja keramik & granit terpercaya di indonesia. Qhomemart menjadi authorized dealer/store resmi untuk banyak brand dengan lokasi offline di jogja. Ayo segera transaksi!

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Jam Buka: 08.00-21.00

Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

5/5 - (9 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini