DekorasiTips & Trick

Mengenal Rumah Tropis, Karakteristik dan Contohnya.

Rumah tropis merujuk pada tipe dan gaya arsitektur yang mengdepankan penyesuaian terhadap iklim dan cuaca tropis. Model arsitektur dan bahan disesuaikan sehingga dapat bertahan lebih baik.

Membuat sebuah rumah perlu memperhatikan beberapa faktor, salah satu faktor vital ialah iklim cuaca.

Iklim dan cuaca di indonesia yang beriklim tropis, membuat konsep rumah tropis sangat cocok diterapkan. Apalagi kini, banyak model rumah yang bergaya tropis modern membuat semakin banyak digandrungi.

Gaya arsitektur satu ini sebenarnya cukup simpel pun bahan yang dibutuhkan tidak sulit ditemui. Tapi sebelum mengaplikasikan gaya ini, penting untuk anda mengetahui detailnya.

Apa Itu Rumah Tropis?

rumah tropis
Foto: Gotohomerepair.com

Rumah tropis merupakan tipe arsitektur rumah yang bentuknya disesuaikan dengan iklim dan cuaca tropis. Gaya rumah ini ditujukan untuk negara yang beriklim tropis, tentunya termasuk indonesia.

Setiap komponen rumah dirancang sedemikian rupa agar rumah dapat bertahan dengan baik. Hal tersebutlah membuat rumah tropis nyaman dihuni, tidak gerah serta melindungi penghuni dari cuaca dan iklim tropis.

Tidak hanya membuatnya bertahan dari cuaca ekstrim, gaya rumah ini dapat mempercantik visual rumah dari luar. Lihat rumah-rumah modern yang ada dibali, biasanya rumah dibentuk memakai konsep rumah tropis.

Baca Juga  Apa Saja Manfaat Resin Bening?

Dalam aplikasinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah tropis terbangun dengan sempurna. Lihat karakeristik rumahnya pada penjelasan dibawah ini.

Karakteristik

Rumah tipe tropis berbeda dengan konsep rumah lain karena memiliki karakteristik tersendiri. Berikut ini karakter utama yang ada pada tipe rumah tropis :

1) memakai material alami

Konsep rumah ini lebih banyak memakai kayu yang mana menjadi arsitektur utamanya. Disisi lain, secara garis besar konsep rumah ini memang memakai bahan bahan alami seperti kayu, batu alam, bambu dan masih banyak lagi.

Selain kuat, bahan ini juga ramah lingkungan untuk kelangsungan hidup.

2) banyak ventilasi

Rumah dengan daerah iklim tropis dan tanpa sirkulasi serta suhu yang baik didalam rumah,hal ini dapat mempengaruhi kondisi perabotan terlebih yang tidak tahan lembap dan panas.

Ventilasi rumah sangat baik memberikan sirkulasi udara yang lancar dan menjaga suhu tetap baik. Untuk itu, rumah tropis wajib memiliki beberapa lubang ventilasi.

3) atap miring

Karena cuaca tropis memiliki tingkat curah cukup tinggi, pembuatan atap sering kali dibuat miring. Kemiringannya mencapai 30 derajat. Dengan kemiringan ini, air hujan lebih lancar jatuh ke tanah

Atap yang miring juga berfungsi supaya air hujan tidak menggenang di atap.

4) menyisakan space

Konsep rumah ini juga mengutamakan space yang didalam rumah, kebebasan yang akhirnya membuat suasana terasa lebih lega.

Baca Juga  6 Tips Pilih Jasa Bangun Rumah Jogja, Hasilnya Maksimal!

Contoh Rumah Tropis

1) Rumah dengan material kayu

rumah tropis
Foto: Pinterest

Rumah dengan material tropis sempurna dengan finishing kayu. Setiap bagiannya menyajikan kehangatan yang baik untuk ditinggali.

2) Space untuk kolam renang

space untuk kolam renang 11zon
Foto: Pinterest

Kolam berada di belakang rumah mampu menghadirkan kesan yang lega. Gemercik air dan getaran yang dihasilkan dari ikan dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi penghuninya.

3) Rumah 3 lantai

rumah tropis 3 lantai
Foto: Theluxhome.com

Rumah 3 tingkat bisa dipakai untuk membagi-bagi tujuan ruang untuk setiap tingkatnya. Dengan pembagian ini, tiap tingkat bisa lebih maksimal penggunaannya.

Contohnya untuk ruang tidur yang berada di paling atas, anda bisa mendapat sisi privasi yang lebih terjaga.

Semoga pengetahuan rumah tropis ini bermanfaat ya qhomelovers!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini