Tips & Trick

Apa Itu Step Nosing? Ini Penjelasannya.

Step nosing merujuk pada bagian ujung tangga yang fungsi utamanya untuk mencegah terjadinya selip atau kepleset. Sehingga, ini menjadi material wajib untuk tangga dirumah supaya aman untuk beraktivitas khusus yang menggunakan tangga.

Penggunaannya pada anak tangga cukup penting. Selain fungsi utamanya untuk pengaman, material ini dapat memenuhi estetika tangga, meningkatkan visibilitas juga melindungi anak tangga dari keausan.

Pengaman Pada Anak Tangga

step nosing
Foto: jakasfavszz.blogspot.com

Step nosing dapat mengamankan pengguna tangga dari terpelesetnya atau selip kaki ketika berpijak menaiki anak tangga. Hal ini karena bentuk bagian ujung yang bergerigi atau bertekstur kasar yang meredam kemungkinan terpeleset, sehingga pijakan tetap kuat mencegah terjadinya kehilangan keseimbangan.

Terpeleset dari tangga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tidak hanya dari konsentrasi saja, namun faktor seperti anak tangga berdebu, terkena air dan masih banyak lagi.

Jadi, keberadaan material ini Ini penting sekali mengingat pula banyak kasus cedera yang diakibatkan terpelesetnya atau selip orang dari tangga, yang kemudian jatuh kebawah. Adanya step nosing dapat mencegah hal itu terjadi.

Material Dari Step Nosing

stepnosing adalah
Foto: archiproducts.com

Step nosing dibuat dari beberapa jenis material. Meski berbeda, namun secara fungsi sama saja:

Baca Juga  4 Jenis Kompresor Angin Dan Fungsinya

Material keramik

Material step nosing bisa memakai keramik yang digerinda dibagian ujungnya yang membentuk tekstur kasar. Ini membuat keramik tidak licin dan mencegah selip. Disisi lain, keramik dibuat dari bahan alami dan tidak beracun.

Granit

Ada juga step nosing yang dibuat dari granit. Sama seperti keramik, pemakaian granit perlu digerinda agar memiliki permukaan yang kasar. Granit memiliki tampilan visual yang menarik. Tangga memiliki kesan natural yang kuat berasal dari granit, kemudian perawatannya lebih mudah karena mudah dibersihkan.

Karet

Karakteristik karet sangat cocok karena tidak membuat tangga licin. Jadi ini tidak perlu diberikan polesan apapun. Karet termasuk material yang sering dipakai untuk tangga, terutama untuk tempat yang sering didatangi banyak orang.

Parket

Parket menghadirkan kesan alami untuk tangga. JIka anda menginginkan tangga dengan kesan natural dan aman bagi penghuni, material dari parket bisa jadi pilihan tepat.

Aluminium

Aluminium membuat tangga lebih aman juga memberi kesan tangga yang modern. Disisi lain, material ini lebih mudah disesuaikan dengan anak tangga baik dari warna maupun pijakan.

qhomemart pusat belanja terlengkap
Qhomemart: supermarket bangunan terbesar dan terlengkap.

Daftar Ukuran

NoUkuran
110×60 cm
28×30 cm
38×40 cm
420×60 cm
530×60 cm
630×90 cm

Mendapatkan step nosing yang berkualitas dan sesuai yang dicari tentu membutuhkan waktu. Untuk mendapatkan material ini secara lengkap, anda bisa membeli step nosing di qhomemart.

Baca Juga  8 Jenis Lampu LED Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Qhomemart adalah supermarket bahan bangunan yang memiliki store offline di yogyakarta. Kami juga melayani pembelian bahan bangunan secara online di qhomemart.com dengan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan yang anda butuhkan

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini