Tips & Trick

15 Alat Tukang Kayu Yang Harus Dimiliki

Daftar alat tukang kayu yang wajib dipakai menggunakan gergaji, mesin serut, palu, nail gun, meteran, tang, mesin, profil hingga bor. Alat-alat tersebut menjadi basic dalam pekerjaan kayu, dalam arti harus dimiliki untuk pekerjaan professional.

Mengetahui list alat tukang kayu yang tepat akan membawa produktivitas lebih baik, juga dari sisi profesionalitas jika anda berkarir pada dunia ini. sebelum lebih jauh, pemilihan alat yang tepat sangat perlu untuk anda cermati. ini adalah langkah awal anda menuju produktivitas yang lebih baik pada bidang kayu. nah, berikut ini alat pertukangan kayu modern baik untuk professional ataupun pemula.

ditangan yang tepat, sebilah kayu dapat dibuat berbagai peralatan maupun kebutuhan. jika kita beralih ke dalam bangunan, anda mungkin akan banyak menemui furniture furniture bagus dibuat dari kayu, seperti meja , kursi bahkan hingga lemari.

atas sebab itu, demand (permintaan) akan jasa kayu profesional akan terus mengalami peningkatan, kualitas seperti ini memang banyak dicari karena punya potensi pasar yang bagus.

nah, jika anda memiliki keinginan masuk di dunia profesional kayu atau memang memiliki kebutuhan terkait pengolahan kayu, hal pertama yang perlu anda lakukan ialah memiliki alat yang tepat. berikut ini daftarnya :

Mesin Serut

mesin serut kayu terbaik

alat tukang kayu yang pertama ada mesin serut , alat ini berfungsi membersihkan , menghaluskan serta meratakan permukaan kayu. sering kali pemakaian mesin gergaji menghasilkan permukaan yang tidak rata.

nah, disinilah mesin serut hadir. ini akan memberikan permukaan kayu yang lebih halus, anda bisa merasakannya ketika dipegang maupun ketika dilihat dengan pandangan mata.

Gergaji

gergaji kayu tangan 18
via: catalog qhomemart

berfungsi sebagai alat tukang kayu pemotong dan pembelah bahan kayu, dibuat dari plat besi tipis serta memiliki bentuk gerigi yang tajam sepanjang plat besi tersebut.

saat ini , terdapat 2 jenis gergaji yang sering dipakai para tukang kayu berdasar alatnya, baik gergaji manual (tradisional) maupun gergaji bermesin.

gergaji manual masih banyak dipakai penggunaannya, karena kebutuhan pemotong dengan volume “sedikit” memang cocok memakai jenis ini.

Baca Juga  Jenis-Jenis Amplas Berdasarkan Kebutuhannya

jika banyak, menggunakan gergaji bermesin tentu lebih baik. memilih gergaji juga perlu mempertimbangkan kualitas, simak lebih lengkap pada rekomendasi merk gergaji terbaik berikut ini.

Meteran

roll-meter-meteran
Alat meteran berbentuk roll

Meteran digunakan untuk mengukur dimensi kayu agar akurasi tingkat pengukuran lebih tinggi. Bentuk fisik meteran cukup bermacam macam.namun tidak menghilangkan kaidah penggunaan meteran pada umumnya.

Tang

macam macam tang

Tang sangat penting untuk alat tukang kayu. Alat ini dipergunakan untuk mencabut paku dari kayu, menjepit kayu dan sebagainya. Alat ini sangat mudah didapatkan karena hampir semua toko bangunan sudah menjualnya.

Adapun ada macam-macam tang yang ada di pasaran, untuk itu anda perlu melihat apa apa saja yang berguna khususnya untuk pekerjaan kayu.

Mesin Profil

mesin profil kayu untuk tukang

produk kayu kerap diberikan unsur estetika guna menaikkan value produknya. alat tukang kayu mesin profil jadi salah satu andalan para tukang.

alat ini dapat membuat motif pada sisi kayu pada berbagai model, ada cembung dan ada pula yang cekung. contoh yang kerap ditemui pada produk pintu minimalis, terkadang ada garis vertikal serta horisontalnya.

jika anda melihat sisi artistik berupa motif – motif tertentu, bisa jadi itu dibuat memakai mesin profil.

Bor

mesin bor makita jogja
via: makita bosch

bor berfungsi sebagai alat untuk membuat lubang pada permukaan, dalam hal ini pada bahan kayu. alat ini akan mempermudah produsen dalam membangun produk yang memerlukan penyambungan rangka.

alat tukang kayu satu ini akan menjangkau sisi bagian dalam menembus ke permukaan lain, pemakaiannya kerap kali untuk memberikan tempat baut pada kayu. nantinya, baut akan dipergunakan untuk menyambung bagian bagian dari produk kayu.

terdapat 2 jenis bor yang kerap digunakan produsen kayu, seperti bor manual maupun bor listrik. untuk jenis bor listrik mulai dominan pemakaiannya mengingat sistem kerja yang tanpa tenaga manusia, hal ini juga sangat baik untuk kecepatan pengeboran serta proses waktu tidak terlalu lama.

selain itu, anda juga perlu memperhatikan dari segi merk bor, ini satu aspek yang perlu anda perhatikan karena berkaitan dengan kualitas. simak lebih lengkap dalam artikel “7 Daftar Merk Bor Listrik Terbaik”

Baca Juga  Mengenal Gording : Definisi , Fungsi Hingga Ukuran

Paku Tembak

paku tembak mesin

Paku tembak (nail gun) dapat membantu alat tukang kayu duntuk memasang paku dengan mudah, cepat dan kuat. Namun diperlukan kehatian-hatian dalam memakainya karena alat paku tembok punya kecepatan tembak tinggi dan kekuatannya besar.

Siku

Siku berfungsi mengukur sudut pada material kayu. Ini berguna untuk ketika anda ingin menyatukan potongan kayu jadi satu bagian. Memakai siku memperkirakan seberapa tepat kemiringannya, sehingga hasilnya lebih bagus dan presisi.

Gerinda

alat teknik Gerinda Tangan MAKITA 9553 B Angle Grinder 710 Watt

Fungsi gerinda untuk alat tukang kayu biasa dipakai untuk memotong, menghaluskan bahkan memoles kayu. Ini membuat kayu lebih rapi sesuai kebutuhan. Gerinda sangat penting untuk pembuatan furniture kayu dan sebagainya.

Ada beberapa pilihan pengaturan yang bisa disesuaikan. Misalnya pemakaian mata gerinda tertentu untuk mendapatkan hasil yang halus dan lebih presisi.

Mesin gerinda mempercepat proses pengolahan kayu daripada pengolahan secara manual.

Alat Ukur Panjang

tukang kayu profesional membutuhkan alat ukur panjang sebagai lini peralatan alat tukang kayu penunjang produktivitas. hal ini

ada berbagai alat ukur panjang dalam pengaplikasiannya, yang paling digunakan untuk tukang kayu biasanya penggaris karena permukaan kayu yang (kebanyakan) datar.

ada juga alat ukur roll, biasaya dipakai untuk kebutuhan ukuran produk dari kayu yang cukup besar. simak lebih lengkap dalam artikel “4 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya”.

Palu

alat tukang kayu
via: kingsfinewoodworking.com

alat tukang kayu palu diperlukan guna menumbuk benda pada area kayu, tekanan yang diberikan tentu disesuaikan dengan material kayu supaya tidak merusak kayu itu sendiri.

palu biasanya disematkan bersamaan dengan fitur pencongkel kayu pada bagian dalam, ini memudahkan tukang untuk produktivitas yang tidak terpisahkan dari pengolahan produk kayu.

Mesin Amplas Kayu

mesin amplas kayu

Mesin amplas kayu mempermudah proses pengamplasan serta lebih cepat dan efisien. Waktu pengamplasan manual yang dipakai dapat diperpendek dengan adanya mesin amplas ini.

Selain itu, ada banyak opsi yang ditawarkan dari mesin ini seperti tingkat kehalusan yang diinginkan. Ini dapat diatur dengan memakai nomor kertas amplas tertentu sesuai keinginan.

Obeng Kayu

obeng

alat tukang kayu satu ini jadi peralatan yang harus anda miliki, obeng dapat digunakan menghasilkan konstruksi produk yang berkualitas guna mengencangkan baut baut didalamnya.

Baca Juga  4 Langkah Mudah Cara Pemasangan Batu Alam Andesit

produk kayu selain dipaku, menggunakan baut adalah cara tepat untuk itu. disisi lain, terdapat banyak jenis obeng dapat dipakai, entah itu berukuran slot besar, sedang hingga kecil.

semua memiliki fungsi masing masing. misalnya untuk slot kecil dan sedang, ini akan berguna untuk mengerjakan lemati atau tempat sempit dalam pengerjaan kayu

Nail Shet (Set Paku)

jenis paku

anda memerlukan set paku untuk menyambung tiap tiap bagian dari kayu, meskipun tidak semua. memakai paku akan memperkokoh sambungan antar bagian, sehingga membuat produk kayu lebih kokoh.

bahkan, anda wajib memiliki beberapa ukuran jika masuk secara profesional di dunia pertukangan kayu. tiap tiap jenis memang memiliki bentuk berbeda, anda perlu tahu secara spesifik untuk memaksimalkan tiap jenis pakunya.

terdapat setidaknya 20 jenis paku yang perlu anda tahu, simak lebih dalam dalam artikel 20 Jenis Paku Bahan Bangunan Berdasar Kebutuhannya”.

Alat Pahat

alat pahat untuk kayu

alat tukang kayu yang terakhir ada alat pahat, yang mana termasuk alat yang penting dan wajib dimiliki.

alat pahat (chisel) memungkin kan tukang profesional membentuk produk kayu sesuai desain maupun pesanan pembeli. skill dibutuhkan untuk memakai alat pahat, untuk membuat produk yang bagus serta memiliki estetika yang tinggi.

nah, itu tadi peralatan tukang kayu lengkap untuk anda para profesional maupun pemula. tentu, alat alat ini dapat mendukung produktivitas dan pengolahan produk kayu. whomemart memiliki alat tukang kayu yang lengkap untuk anda, jaminan barang original dan berkualitas,

kami juga menyediakan layanan konsultasi secara GRATIS, klik link tautan whatsapp dibawah.

Perlu penjelasan produk lebih dalam atau penjual langsung?

Anda juga bisa tanya informasi seputar produk tersebut di supermarket bangunan qhomemart karena tersedia disini. CS kami dapat menjelaskan secara detail dan perkirakan ekspetasi kebutuhan anda. (Tanya-tanya ke CS Gratis)

Whatsapp Store (online) : 0811-2863-773

Alamat Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Jam Buka & Operasional : 08.00-21.00 (Setiap Hari)

Ayo segera transaksi! Bisa Kirim Kemanapun!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini