Tips & Trick

Tips Merawat Bunga Adenium Agar Subur

Melihat taman yang berbunga tentu dapat membuat hati bahagia. Salah satu bunga yang umum ditanam di halaman rumah adalah bunga adenium. Bunga adenium biasanya dapat disebut sebagai bunga kamboja Jepang. Tanaman ini terbilang umum ditemui di halaman rumah.

Bunga kamboja Jepang ini memiliki bunga yang cantik dengan berbagai jenis warna yang cocok untuk menghiasi taman di rumah Anda. Akan tetapi, membuat bunga adenium atau bunga kamboja Jepang ini berbunga lebat memerlukan beberapa perlakuan dan perawatan khusus.

Mengenal Bunga Adenium

Bunga Adenium adalah tanaman hias yang memiliki batang besar di bagian bawah. Batang bunga ini terlihat mirip dengan umbi dan tidak berkambium. Bagian akar pada bunga ini pun dapat membesar menyerupai umbi. Daun yang terdapat pada tanaman ini cukup beragam, yaitu ada yang membentuk panjang lonjong, runcing, kecil, dan ada pula memanjang besar. Bunganya memiliki berbagai jenis warna yang dapat mempercantik hunian dan halaman Anda.

Bunga ini pun dapat pula disebut dengan mawar padang pasir karena karena berasal dari daerah kering, yaitu di padang pasir Afrika Selatan dan daerah Timur Tengah. Bunga ini juga cocok tumbuh di kondisi media tanam yang kering dibandingkan yang terlalu basah karena daerah asalnya tersebut. Terdapat dua jenis bunga adenium, yaitu bunga dengan kelopak bersusun dan bunga yang bentuknya mirip dengan bunga mawar.

Baca Juga  5 Perbedaan Oven dan Microwave Yang Paling Utama

Cara Merawat Bunga Adenium

Tentunya tanaman hias perlu dirawat dengan baik. Untuk menumbuhkan bunga kamboja Jepang dengan baik dan berbunga lebat, Anda perlu memperhatikan beberapa cara perawatan berikut ini.

Pilih Tanah yang Tepat dan Sirkulasi Udara yang baik

Tanah yang cocok untuk ditanami bunga ini adalah tanah yang memiliki porositas yang baik. Tanah berporositas baik adalah tanah yang dapat dengan cepat menyerap air dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tanah dengan campuran sekam mentah, akar sekam, cocopeat, dan juga kompos.

Bunga adenium tidak menyukai lingkungan yang lembap. Sebaiknya Anda menaruh bunga adenium di tempat yang agak kering dan bersih serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, bunga ini akan tumbuh dengan subur dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Siram Bunga dengan Teratur

bunga adenium
source: freshpetals.in

Bunga ini dikenal dengan bunga yang tahan terhadap daerah kering karena berasal dari padang pasir. Akan tetapi, Anda tetap perlu menyiramnya lho. Anda tidak perlu terlalu sering menyiram bunga ini. Tanaman ini memiliki cadangan air yang cukup banyak di bagian batang, akar, dan seluruh bagiannya sehingga dapat bertahan hidup di cuaca kering.

Sebaiknya siram bunga kamboja Jepang ini satu atau dua kali sehari di saat musim panas. Jika cuaca sedang sering turun hujan, Anda bisa menyiram bunga tersebut 3 hari sekali. Jangan sampai Anda menyiram bunga ini terlalu berlebihan agar tanaman tidak busuk. Hal terpenting adalah Anda perlu menjaga media tanam tetap lembap namun tidak terlalu berair.

Baca Juga  Ide 7 Model Lampu Dinding Modern

Berilah Pupuk yang Tepat

Untuk membuat tanaman tumbuh lebih subur, tentu Anda memerlukan pupuk. Terdapat berbagai macam pupuk yang memiliki khasiat yang berbeda, untuk itu Anda sebaiknya tidak sampai salah dalam memberi pupuk.

Pilihlah pupuk yang mengandung kalsium tinggi, yaitu kalsium organik. Campurkan 1 gram pupuk dengan 1 liter air secara merata, lalu semprotkan ke tanaman adenium yang Anda miliki. Anda bisa memberi pupuk sekitar dua minggu sekali. Gunakan secukupnya dan tidak berlebihan agar bunga dapat tumbuh dengan lebat dan mekar lebih lama.

Tanam di Tempat yang Cukup Sinar Matahari

Bunga kamboja Jepang suka dengan musim panas. Ia juga memerlukan sinar matahari yang cukup banyak untuk membuatnya tumbuh subur dan cepat berbunga. Untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga ini, Anda bisa menaruhnya di bawah sinar matahari selama 4 jam per hari. Anda juga bisa menaruhnya di halaman yang terkena sinar matahari langsung agar dapat tumbuh dengan subur.

Pada musim hujan, pertumbuhan adenium akan melambat dan menggugurkan daunnya. Bunga-bunga adenium akan bermekaran kembali di awal musim panas dan di akhir musim hujan.

Jika Anda menginginkan pot untuk menanam adenium, Anda bisa berbelanja di Qhomemart. Selain itu, Anda juga bisa membeli berbagai keperluan rumah tangga mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, perlengkapan dapur, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Baca Juga  12 Produk Cat Jotun Exterior Untuk Perlindungan Mumpuni
https://youtu.be/OJ_KQBfwVaM
Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini