Tips & Trick

4 Jenis Mortar dan Fungsinya Pada Bangunan

Setidaknya jenis mortar ada 4 berdasar kegunaanya yakni mortar keramik, mortar perekat bata, acian dan plesteran. Masing-masing mortar hanya memiliki 1 fungsi, jadi anda tidak bisa mencampur suatu jenis ke penggunaan yang berbeda.

Mortar diproduksi dengan bahan pengikat seperti semen dan air yang dicampur agregat halus (pasir dll). Untuk tujuan konstruksi bangunan, mortar dikelompokkan dalam 4 macam. Berikut penjelasan lengkapnya :

Mortar Perekat Bata (Thin Bed)

jenis mortar
Foto: wonderful engineering

Biasanya dipakai untuk merekatkan bata ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete), yakni jenis bata ringan yang umum dipakai pembangunan berbagai proyek. Mortar ini sering kali disebut lem hebel, karena seberapa setipis bahan yang dipakai akan menempel dengan sangat kuat.

Jenis mortar ini dapat menyambungkan bata ringan dengan sangat baik, sehingga kuat dipakai untuk proyek bangunan bertingkat. Banyak brand yang memproduksi mortar perekat atau thin bed, yang bisa anda dapatkan di supermarket bangunan qhomemart.

Mortar Keramik

6 10
Tersedia Mortar keramik dari MU Weber di Qhomemart

Sesuai namanya, ini adalah jenis mortar khusus untuk keramik. Dengan mortar ini, pemasangan keramik dapat dilakukan secara sempurna serta tidak mudah lepas. Dapat dipakai untuk keramik lantai maupun dinding, kedua area ini membutuhkan mortar karena daya rekat sangat penting.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Terlebih untuk dinding, mortar sangat berguna agar tidak mudah lepas. Itu karena dinding tidak sama dengan lantai, mengingat keramik menempel dan hanya bertumpu pada tingkat daya rekat saja. Mortar amat kuat sebagai perekat keramik dinding selama puluhan tahun.

Sebagai tambahan, ada juga tipe mortar keramik khusus eksterior. Jadi, pemakaian mortar ini khusus untuk area luar atau eksterior, yang mana lebih rentan terjadinya panas atau pemuaian.

Acian Mortar

mortar acian mu 270
Tersedia mortar acian MU di supermarket bangunan qhomemart

Ada juga jenis mortar khusus acian. Acian sendiri ialah proses membuat dinding lebih halus dengan menutupi pori-pori dinding. Nah, mortar khusus acian sangat baik menutupi pori dinding tersebut yang menghasilkan permukaan dinding lebih halus.

Disisi lain, penggunaan mortar ini dapat mencegah keretakan dinding. Keretakan dinding dapat terjadi oleh banyak sebab, yang salah satunya menyebabkan berkurangnya estetika dinding.

Mortar acian juga dapat memaksimalkan pengaplikasian cat dinding. Dengan dinding yang rata, cat lebih terexpose lebih maksimal.

Mortar Plester

mortar plesteran mu 301

Jenis mortar plester dapat digunakan untuk bata merah. Daya rekat mortar plester lebih kuat terutama jika anda hanya mengaplikasikan hanya memakai mesin semprot.

Semoga artikel jenis mortar ini bermanfaat! Dapatkan mortar hanya di qhomemart.

Qhomemart adalah supermarket bahan bangunan yang memiliki store offline di yogyakarta. Kami juga melayani pembelian bahan bangunan secara online di qhomemart.com dengan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan yang anda butuhkan.

Baca Juga  15 Desain Interior Ruang Tamu Yang Super Cozy

Anda juga bisa tanya informasi seputar produk di supermarket bangunan qhomemart, CS kami dapat menjelaskan secara detail dan perkirakan ekspetasi kebutuhan anda.

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Jam Buka: 08.00-21.00

Alamat : Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Ayo segera transaksi!

5/5 - (11 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini