Shop

Kenalan Dengan Kompor Induksi, Kompor Tanpa Api dan Anti Meledak!

Kompor induksi adalah jenis kompor canggih yang bekerja menggunakan induksi elektromagnetik untuk menghasilkan panas dengan tanpa nyala api.

Kegiatan memasak tentu saja memerlukan kompor sebagai perangkat yang menghasilkan api untuk mengolah makanan.

Salah satu jenis kompor yang kini mulai banyak dipergunakan yakni kompor induksi, hadir sebagai alternatif dari beberapa jenis kompor lain.

Tapi, bagaimana sebenarnya produkl kompor induksi? apakah layak dibeli? apa saja kelebihannya? Qhomemart punya ulasannya berikut ini.

Mengenal Kompor Induksi

kompor induksi
Ilustrasi kompor induksi. Photo: Cookinglife.eu

Kompor induksi adalah perangkat yang memanaskan dan dapat digunakan untuk berbagai jenis persiapan makanan menggunakan medan induksi elektromagnetik.

secara sederhana, jenis kompor ini bekerja dengan energi listrik yang diubah menjadi energi panas yang bergerak melalui jenis logam tertentu – dalam hal ini, baja.

Panas yang dihasilkan oleh kompor induksi berasal dari gesekan antara elektron dalam baja dan yang ada di dalam medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh koil induksi yang terletak di dalam unit dasar unit Anda.

Kompor induksi tidak menjadi panas, hanya saja panci makanan Anda yang memanas.

Jenis kompor ini termasuk kompor yang canggih dan aman digunakan, anda juga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya pada artikel kelebihan dan kekurangan kompor induksi.

Baca Juga  Kenali 3 Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Cara Kerja

tips membeli kompor induksi
Photo: Google

Memasak secara induksi bekerja dengan mengirimkan medan elektromagnetik dari dasar panci ke dasar kompor.

Hal ini menciptakan muatan listrik di dalam panci, yang memanas ketika bersentuhan dengan elemen magnetik.

Hasilnya adalah cara memasak yang lebih efisien dan aman, karena tidak ada api atau api terbuka yang terlibat dalam pemanasan

Dengan begini tentu saja tidak ada kekhawatiran tentang kebakaran yang tidak disengaja bukan?

Hal Yang Perlu di Ingat

Ketika menggunakan kompor induksi, beberapa hal yang perlu diingat:

  • Hanya gunakan panci magnetis di atas kompor tanam. Panci non-magnetik atau yang tidak dilapisi akan meleleh atau terbakar, dan Anda bisa terluka parah.
  • Jangan gunakan panci atau wajan kaca, keramik, atau penyok di atas kompor Anda. Ini juga sangat berbahaya karena dapat meledak menjadi api jika dipanaskan terlalu cepat.
  • Pastikan semua panci dan wajan Anda dalam kondisi baik sebelum menggunakannya di kompor induksi. Panci yang melengkung akan menyebabkan distribusi panas yang tidak merata ke seluruh panci, yang dapat menyebabkan makanan gosong sementara hanya setengahnya yang matang dengan benar.

Cara Lebih Aman Untuk Memasak

kompor induksi
Photo: Google

Kompor induksi lebih aman daripada kompor gas atau listrik karena tidak menggunakan api.

Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang bahaya kebakaran dan risiko membakar diri sendiri.

Baca Juga  Pusat Freezer Box Jogja Paling Lengkap [Beserta Harga 2024]

Memasak dengan induksi juga lebih efisien daripada kompor gas atau listrik karena memanaskan makanan Anda dengan cepat dan menggunakan lebih sedikit energi, yang dapat menghemat uang untuk utilitas.

Memasak dengan induksi jauh lebih dapat diandalkan daripada kompor gas atau listrik karena tidak ada kemungkinan perangkat Anda tiba-tiba meledak menjadi api saat Anda memasak makan malam.

Disisi lain, Produk ini juga sangat ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis metode pemanasan lainnya karena tidak menghasilkan asap atau emisi karbon dioksida saat berjalan dengan kapasitas penuh – hanya uap air dari air mendidih yang menguap ke udara dalam beberapa detik setelah dikeluarkan dari kompor.

Jadi, begitulah pengertian kompor beserta manfaat induksi.

Jika anda sedang dalam keputusan melakukakan pembelian, semoga artikel ini dapat membantu ya qhomelovers!

Ingatlah bahwa bagian paling penting adalah model yang anda cukup aman dan andal untuk kebutuhan sehari-hari tidak hanya hari ini tetapi juga besok.

Qhomemart adalah pusat perbelanjaan khusus bahan bangunan dan rumah tangga yang menyediakan kompor induksi

Informasi dan pembelian chat whatsapp kami di 0811 2863 773

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini