Dekorasi

Kenali 3 Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Perbedaan kompor induksi dan kompor listrik perlu Anda ketahui supaya tidak salah pilih. Meskipun keduanya menggunakan daya listrik untuk memasak, tetapi kedua benda tersebut memiliki perbedaan yang signifikan yang dapat dilihat dari cara kerja dan efisiensi energi yang digunakan ketika memasak.

Berikut 3 perbedaan kompor induksi dan kompor listrik.

Kompor Listrik

Gambar Kompor Induksi

Kenali 3 Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Gambar Kompor Listrik

Jika dilihat sekilas, keduanya tampak memiliki tampilan yang sama, tetapi jangan salah, lho! Simak dulu penjelasan di bawah ini biar paham perbedaan keduanya.

Kinerja Teknologi yang Digunakan

Salah satu perbedaan kompor induksi dan kompor listrik yang paling utama dilihat dari kinerja teknologi yang digunakan masing-masing kompor. Kompor listrik bekerja dengan menggunakan elemen pemanas yang digunakan untuk memanaskan permukaan kompor. Setelah kompor dialiri listrik, elemen tersebut akan menjadi panas yang kemudian mentransfer panas ke wadah memasak dan makanan yang sedang dimasak.

Sementara itu, kompor induksi bekerja dengan menggunakan tekonologi magnetik untuk menghasilkan panas. Kompor ini memiliki induktor yang terletak di bagian bawah permukaan kaca yang menghasilkan energi elektromagnetik. Jadi, ketika panci atau wajan yang ditelakkan di atas kompor, energi elektromagnetik tersebut akan menghasilkan arus listrik dalam panci atau wajan yang terhantar panas dari kompor untuk memasak.

Baca Juga  Wallpaper Anak bikin Kamar Ceria

Penggunaan Energi yang Efisien

Penggunaan energi yang efisien secara umum menjadi salah satu faktor terpenting dari penggunaan kedua benda tersebut. Dalam hal ini, kompor induksi jauh memiliki lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan kompor listrik. Hal tersebut bisa terjadi karena cara kerja kompor induksi hanya diperuntukkan memanaskan wadah memasak dan makanan di dalamnya, sedangkan kompor listrik diperuntukkan memanaskan seluruh permukaan kompor untuk mentransfer panas.

Selain itu, kompor induksi juga memberikan penawaran berupa pengaturan suhu yang lebih tepat dan bisa merespons lebih cepat, sehingga proses memasak bisa lebih efisien.

Properti Memasak

Perbedaan kompor induksi dan kompor listrik yang terakhir adalah tentang properti memasak yang digunakan atau wadah untuk memasak.

Kompor induksi bergantung pada wadah memasak yang berbahan ferromagnetik atau bahan yang mengandung magnet karena bahan tersebut memiliki ketebalan yang cukup satndar bagi kompor ini dan bahan tepat untuk menarik medan magnet. Sementara itu, untuk kompor listrik tidak demikian karena semua jenis bahan alat masak atau wadah memasak bisa digunakan untuk kompor listrik.

Kompor induksi dan kompor listrik memiliki peran yang familier dalam peralatan dapur yang modern. Oleh sebab itu, jangan sampai keliru memilih kompor untuk kenyamanan aktivitas Anda di dapur.

Tiga perbedaan kompor induksi dan kompor listrik di atas bisa Anda jadikan preferensi untuk memilih kompor yang sesuai dengan kebutuhan dan dengan memperhitungkan penggunaan dan perawatan yang tepat supaya bisa berfungsi dengan maksimal.

Baca Juga  Contoh Teras Rumah Yang Nyaman Untuk Rumah Anda

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti postingan artikel terbaru dari blog ini yang pastinya akan memberikan informasi berguna untuk Anda!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang bahan bangunan. Siap berdiskusi bersama, tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini