DekorasiTips & Trick

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Terakota

lantai terakota menjadi salah satu pilihan terbaik untuk lantai hunian atau bangunan. tapi, apa saja detail dari lantai ini? apa kelebihan dan kekurangannya dibanding lantai lain? simak penjelasannya melalui artikel qhomemart berikut

area lantai menjadi area yang vital dalam sebuah bangunan. apalagi jika anda penghuni rumah baru, mempertimbangkan bagaimana lantai akan berwujud nantinya mungkin membutuhkan inspirasi yang baik , yang tentunya bertujuan guna memaksimalkan penampilan dari rumah, khususnya pada bagian interior.

nah, pilihan terakota tentu jadi cara yang bagus untuk anda yang ingin mengaplikasikan lantai dengan cara yang berbeda, dan tentu dengan tema berbeda pula.

namun, bagaimana ya detail dari jenis lantai ini? simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini

lantai terakota
source: bing.com

Mengenal Lantai Terakota

lantai terakota merupakan jenis model lantai yang dibuat dari pembakaran tanah liat, itulah sebab kenapa warna dari lantai terakota memiliki warna merah coklat hingga orang yang sedikit kusam seperti halnya genteng.

dari dulu hingga sekarang, lantai terakota dibuat secara tradisional, meskipun ada pula yang menggunakan mesin press. namun mesin ini hanya berfungsi ketika hanya ada bantuan dari tangan. jadi, kemungkinan anda akan menemui bentuk lantai yang tidak sama dari segi ukuran antar satu dengan yang lainnya, karena hal itu didapat dari pembuatan yang masih tradisional.

Baca Juga  12 Warna Granit Teras Yang Bagus & Berkesan "Menarik"

meski begitu, orang orang banyak mencari jenis lantai ini karena sisi artistik dan kesenian yang tinggi yang begitu melekat, juga sekaligus menjadikan properti lebih unik dari segi penampilan.

Ciri-ciri

beberapa ciri yang menandakan lantai terakota dapat anda simak pada daftar berikut:

  • warna coklat dan orange khas dari tanah liat
  • permukaan lantai yang lebih berpori dibanding lantai lain
  • ukuran yang kadang tidak presisi, karena dibuat tradisional

Kelebihan

keramik terakota
source: salvageeurope.com

kalau anda memilih jenis lantai ini, ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan. diantaranya adalah :

nyaman dan tidak keras

menggunakan lantai terakota memiliki sisi kenyamanan bagi para penghuninya. ini berkaitan dengan kenyamanan dari lantai itu sendiri. karakter dari lantai terakota memiliki pijakan yang tidak keras di kaki.

hal ini dapat berasal dari material yang dipakai yakni tanah liat, pijakan tubuh ke area lantai dapat terforsir dengan keempukan dari material tanah liat itu sendiri.

dari sini, berjalan jalan di area rumah bisa dilakukan lebih menyenangkan dan nyaman untuk para penghuninya.

lantai yang tetap dingin

selain itu, kelebihan dari jenis lantai ini yakni lantai yang tetap dingin meskipun suhu yang meningkat. bagi anda yang tinggal di perkotaan, percepatan suhu mungkin lebih drastis ketika siang hari.

hal itu memicu panas didalam ruangan dan akhirnya berpotensi membuat suasanam dalam rumah jadi gerah. dengan adanya lantai terakota, berpijak dalam lantai ini menjadi cara yang bagus untuk meredam suhu tetap stabil.

Baca Juga  5 Keramik 50x50 Warna Cream Cocok Untuk Berbagai Gaya Rumah

sebaliknya, jika suhu pada area bangunan sedang dingin maka lantai terakota dapat lebih hangat ketika dipijak. dengan begini, terakota bisa jadi pilihan untuk anda yang memperhatikan suhu pada sebuah lantai

bentuk yang cukup variatif

kalau anda salah satu orang yang memikirkan bentuk dari lantai, terakota memiliki stock desain yang cukup banyak dan bervariatif. nah, beberapa desain bisa anda dapatkan seperti segi enam, segi empat, persegi panjang hingga bujur sangkar.

dari bentuk satu dan bentuk lain tentu memiliki tingkat, pengaplikasian yang cukup unik, apalagi dibarengi dengan warna terakota yang unik pula.

Kekurangan

nah, meskipun begitu ada sisi kekurangan yang dimiliki oleh terakota. adapula sisi kekurangan yang dimiliki oleh terakota.

jenis lantai ini memiliki karakter permukaan yang terlihat cepat lusuh, namun bagi sebagian orang malah kesan ini menimbulkan sisi kharismatik tersendiri yang tidak dimiliki lantai lain.

jika anda tetap menimbang hal ini, dengan perawatan yang baik maka lantai terakota dapat tampil tetap bersih dan nyaman. jadi, tertarik dengan model lantai yang satu ini?

qhomemart pusat belanja terlengkap
qhomemart: supermarket bangunan dengan koleksi keramik terlengkap

wujudkan lantai terakota bersama qhomemart supermarket bangunan. ada banyak pilihan keramik terakota untuk anda, beli sekarang juga melalui chat whatsapp dibawah

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini