Mengenal Art Deco : Definisi, Karakteristik Hingga Penerapannya Gaya Arsitektur

sudah tahu tentang art deco? barang kali anda perlu mengetahui tentang seni dan gambaran arsitektur dari jenis yang satu ini. seperti apa kelanjutannya?

proses building sebuah bangunan melibatkan begitu banyak proses. dari proses olah perencanaan lahan, bahan yang digunakan, arsitektur termasuk dari sisi karakteristik dari bangunan.

hal ini dilakukan tentu guna mendapatkan atau memberikan hasil akhir yang sempurna dari sebuah proses pembangunan.

bicara karakteristik, ini merupakan sisi tidak boleh dilewatkan, apalagi jika bangunan tersebut merupakan bangunan ikonik atau guna untuk kepentingan bisnis.

sisi karakteristik dari banguanan dapat eksekusi, salah satunya menggunakan gaya arsitektur art deco. nah, mungkin anda masih bertanya – tanya tentang gaya arsitektur ini? berikut penjelasan lengkapnya

Apa itu art deco?

dilansir dari britannica, art deco merupakan gerakan seni serta arsitektur yang dekoratif yang muncul sekitar tahun 1920. selanjutnya, gaya ini berkembang menjadi gaya arsitektur yang populer terutama di eropa bagian barat hingga amerika 10 tahun setelahnya, atau sekitar tahun 1930.

Baca Juga  Apa Itu Bidet Pada Kamar Mandi? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Asal usul nama art deco

dari mana nama ini didapat? tepatnya, nama ini berasal dari Exposition Internationale des Arts Décoratifs et Industriels Modernes, tepatnya diadakan di kota paris, tepatnya pada tahun 1925.

gaya arsitektur ini sendiri mewakili sisi modernisme yang mana seiring perkembangan waktu berubah menjadi sebuah mode. tipe gaya arsitektur ini lebih mengedepankan keanggunaan bangunan yang melambangkan kekayaan dan kecanggihan.

Ciri khas art deco

bangunan tipe gaya ini sedikit berbeda dengan tipe bangunan lain. mulai bentuk rumah bagian paling atas bahkan hingga dari sisi interior, art deco punya ciri khasnya sendiri.

nah, anda perlu mengetahui beberapa ciri dari gaya arsitektur ini yang perlu dikenali, berikut beberapa contoh bangunan art deco diantaranya :

1. Struktur yang bertingkat

biasanya, gaya arsitektur menampilkan sisi bangunan yang mana di beberapa area terdapat semacam struktur yang berjenjang atau bertingkat. dilihat dari depan, ini membentuk semacam tangga yang mana memberikan tingkatan dari rendah ke tinggi.

dari sini pula, bentuk tipe gaya arsitektur ini dapat pertama kali dikenali.

2. Bentuk atap Datar

arsitektur art deco via france.fr

sama seperti model beberapa model rumah industrial, sisi bangunan dari art deco menggunakan model atap datar pada beberapa model bangunannya.

ditambah ukuran bangunan yang luas, ini memberikan hasil akhir banguanan yang megah, apalagi jika dilihat dari kejauhan.

Baca Juga  Jual Sepatu Boots Jogja di Qhomemart

3. Bentuk bangunan sedikit ramai

via pinterest

kebanyakan bentuk bangunan art deco punya tampilan yang sedikit ramai, apalagi dari sisi bagian luar (eksterior).

sebut saja, penggunaan beberapa kaca – kaca yang sedikit banyak. bahkan hingga penggunana pilar yang menyambung pada bagian depan bangunan.

terkadang pula, terdapat simbol tertentu baik berbentuk patung ataupun motif baik pada bagian depan, beberapa tipe juga menggunakan di beberapa bagian samping maupun belakang.

Dari mana inspirasi gaya arsitektur ini?

beberapa unsur ikut mempengaruhi pembentukan dari gaya arsitektur ini. seperti di antaranya sumber – sumber dari karakteristik india klasik, mesir hinggga amerika.

beberapa diantaranya juga dipengaruhi seni dan beberapa unsur lain seperti, seperti :

Art nouveau

suatu filosofi untuk gaya seni dekoratif

Kubisme (cubism)

seni avart grande yang didirintis oleh seniman terkenal dunia pablo picasso. seni ini dikenal pada abad ke 20

Sekolah Bauhaus

bauhaus merupakan sekolah seni yang didirikan oleh walter grophius, yang mana terletak di negara jerman.

Serge Diaghilev’s Ballets Russes

serge diaghilev’s merupakan seorang yang merupakan pendiri dari ballet russes, perusahaan balet dari rusia.

Sisi dari art deco interior

menuju ke bagian interior. nah, jika point sebelumnya menekankan dari sisi eskterior, tentu anda perlu tahu juga pada bagian dalam bangunan (sisi interior). seperti apa tampilannya ?

Kombinasi beberapa warna

via home-designing.com

sisi indah dari interior gaya art deco dapat juga menggunakan kombinasi beberpaa warna, itu pun dalam satu ruang. tentu menarik menilik ruangan yang punya vibes “joyful” tapi dalam takaran yang elegan.

Baca Juga  Tangga Lipat Jogja

baik datang dari warna furniture hingga dinding, jadi pilihan menarik untuk diaplikasikan.

Sisi interior elegan

via vogue.com

dimulai dari penggunaan furniture hingga beberapa aksesoris yang diaplikasikan pada beberapa area, ini jadi satu hal yang menarik untuk digunakan sebagai hunian yang nyaman.

sesuai tujuan dari art deco, menampikan sisi kekayaan dari nilai seni arsitektur. tidak jarang pula menggunakan strip emas diterapkan pada beberapa sisi samping baik dari meja hingga kursi yang dipakai. beberapa diantaranya juga pada aksesoris yang dipakai.

menarik ya? tertarik membangun jenis gaya arsitektur ini untuk hunian anda? semoga bermanfaat!

cek juga kebutuhan bahna bangunan lainnya DISINI


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini