Shop

8 Nama Alat Masak dan Fungsinya, Wajib Ada!

Berikut nama alat masak dan fungsinya yang wajib ada di dapur. Alat-alat seperti wajan, spatula, panci dan sebagainya lebih banyak digunakan untuk mengolah berbagai masakan ketimbang alat lainnya. Jika ingin membeli, alat-alat inilah yang pertama harus ada di dapur.

Mengetahui nama alat masak dan fungsinya sangat penting terlebih bagi ibu rumah tangga maupun pasutri baru. Memulai kehidupan rumah atau secara mandiri pasti tidak jauh-jauh dari memasak.

Maka sangat penting untuk tahu apa saja alat-alat masak yang dipakai, dan juga fungsi dari alat itu. Nah, supaya lebih jelas simak penjelasannya dibawah ini.

Wajan

Wajan-Anti-Lengket-BOLDE-Frypan-22-Cm-BlackPink

Nama alat masak dan fungsinya pertama yang perlu anda tahu adalah wajan. Nampaknya orang banyak sudah mengenal wajan, namun untuk spesifik jenis-jenis wajan mungkin banyak belum tahu.

Alat wajan terdapat pula jenis anti lengket. Ini membuat permukaan wajan dengan bahan masakan tidak mudah menempel ke dinding.

Jenis anti lengket juga lebih mudah dibersihkan sehingga tidak perlu effort lebih besar daripada menggunakan wajan biasa.

Spatula

Spatula Berlubang BOLDE Super Utensile

Spatula digunakan untuk mengolah atau mengaduk masakan yang ada pada wajan. Biasanya nama alat masak dan fungsinya dibuat bahan seperti kayu maupun silikon.

Kedua bahan ini kuat dan lebih mudah dipergunakan untuk mengaduk-aduk masakan. Spatula ialah alat yang wajib ada ketika memasak karena hampir semua masakan memerlukan hal ini.

Baca Juga  10+ Desain Dinding Cafe Kekinian Unik & Aesthetic

Mungkin qhomelovers bertanya-tanya apa fungsi dari lubang-lubang dibagian tengah tersebut?

Dengan lubang yang lebar dan banyak itu, masakan jadi lebih mudah tercampur. Lubang dibuat lebih dari satu agar sekali pengadukan bahan masakan lebih mudah tercampur.

Panci

Panci Anti Lengket

Fungsi panci sebagai peralatan dapur sangat banyak, mulai dari merebus, mengukus ataupun merebus air. Panci biasa dipergunakan membuat makanan seperti sayuran atau makanan yang berkuah.

Jika rice cooker sedang rusak ataupun belum memiliki sama sekali, alat ini juga dapat digunakan menanak nasi. Lebih fleksibel bukan?

Pisau

pisau set alat masak

Pastinya qhomelovers sudah tidak asing dengan yang satu ini. Semua hal yang dipergunakan mengiris pasti memerlukan pisau. Anda bisa memotong daging, sayuran, buah-buah hingga rempah-rempah menggunakan alat ini.

Meski begitu, ada baiknya pilih pisau set dengan beberapa jenis pisau. Untuk pemotongan lebih maksimal, karakter pisau memang berbeda-beda.

Anda juga perlu menggunakan telenan, yakni bagian bawah ketika sedang melakukan pemotongan. Baik pisau dan telenan itu satu kesatuan yang tidak dipisahkan.

Parutan

parutan alat masak yang wajib ada

Nama alat masak dan fungsinya selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu parutan. Terkesan sepele, namun ini sangat dibutuhkan apalagi untuk memasak sayur.

Misalnya anda biasa memasak sayur lodeh hingga lontong, pastinya membutuhkan santan. Santan dibuat dari kelapa yang diparut, itulah kenapa parutan wajib ada pada dapur.

Parutan bisa juga untuk bahan lainnya seperti keju, singkong dan bahan sebagainya. Fungsi parutan sejatinya digunakan menghaluskan atau memperkecil partikel dari bahan masakan.

Baca Juga  Kompor Induksi Terbaik 2024 Mulai Dari 1 Jutaan di QHomemart

Baskom Makanan

Baskom Makanan alat masak

Sebagai tempat atau wadah dari makanan untuk transit, alat ini sangat dibutuhkan terlebih ketika dalam proses membuat masakan. Kebanyakan baskom dibuat dari plastik maupun stainless steel.

Nama alat masak dan fungsinya Baskom makanan banyak digunakan untuk menampung adonan seperti tepung ketika membuat roti. Bisa juga menampung sayuran yang sedang dikupas dan masih banyak lagi.

Blender

alat masak blender

Blender dapat membantu menghancurkan bumbu-bumbu dapur. Blender membuat proses pembuatan bumbu jadi lebih cepat daripada menumbuk dengan cara yang tradisonal.

Bagi anda penggemar jus, blender membantu anda menghancurkan buah hingga ke sarinya, sehingga jus lebih cepat dibuat dan dinikmati.

Blender tersedia dengan beberapa wadah yang berbeda, jadi untuk proses pembuatan blender atau bumbu menggunakan botol yang berbeda.

Penjepit Makanan

penjepit makanan alat masak

Memastikan makanan steril ketika diambil, penjepit makanan membuat anda tak perlu menggunakan tangan ketika mengambil makanan.

Nama alat masak dan fungsinya seperti penjepit makanan berupa capit 2 dengan yang digunakan untuk menjepit. Penjepit juga digunakan membolak-balikkan makanan yang sedang digoreng.

Beberapa makanan mungkin cukup sulit jika hanya mengandalkan spatula, penjepit makanan akan memudahkan pengguna memudahkan penggorengan.

Anda juga bisa tanya informasi seputar produk di supermarket bangunan qhomemart, CS kami dapat menjelaskan secara detail dan perkirakan ekspetasi kebutuhan anda.

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Jam Buka: 08.00-21.00

Alamat : Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Baca Juga  8 Macam Macam Alat Semprot Pertanian Terbaik

Ayo segera transaksi!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini