Tips & Trick

4 Perbedaan Spandek dan Trimdek Paling Signifikan

Terdapat Perbedaan spandek dan trimdek yang dapat dilihat dari tingkat fleksibilitasnya, profil gelombang, daya serap panas hingga tingkat pemakaian untuk jangka panjang. Mana lebih baik untuk anda? Simak penjelasan detailnya berikut ini.

Banyak orang masih belum tahu perbedaan trimdek dan spandek. Bahkan banyak yang mengira kalau kedua atap ini sama saja.

Meski memang memiliki bentuk mirip, ternyata terdapat perbedaan spandek dan trimdek yang bisa dilihat pada beberapa bagian. Perbedaan juga dilihat dari karakteristik ketika dipergunakan.

Dengan mengetahui ini, anda bisa mempertimbangkan pemilihan atap yang lebih tepat, sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat Perbedaan spandek dan trimdek
Ilustasi gambar atap spandek. Foto: Bukalapak.com

Kegunaannya

Secara prinsip tidak ada perbedaan spandek dan trimdek karena utamanya sama-sama dipakai untuk atap. Selain itu, anda juga bisa menggunakan keduanya untuk membuat penutup dinding yang elegan.

Daya Serap Panas

Perbedaan spandek dan trimdek juga terletak dari tingkat penyerapan daya panas. Atap spandek punya daya serap lebih tinggi terhadap cahaya matahari. Itu karena spandek dibuat dari seng dan aluminium yang mana sebagai konduktor yang baik untuk panas.

Sementara atap trimdek memiliki daya serap panas lebih rendah yang disebabkan materialnya yang memakai upvc serta tambahan lapisan pelindung sinar upvc. Artinya, atap trimdek memberikan suhu lebih sejuk ketika dipergunakan.

Baca Juga  Cara Membuat Rak Dinding dari Triplek Supaya Melayang

Beda Profil Gelombang

contoh atap trimdek
Foto: bahanbangunan-jambi.blogspot.com

Spandek memakai tipe profil ST 680 yang dirancang khusus untuk atap kontemporer pada bangunan perumahan maupun kebutuhan komersial lain.

Sementara atap trimdek menggunakan ST 750 yang dipergunakan untuk penutup atap dan dinding yang estetik. Memakai trimdek dapat membuat pembuatan penutup dinding dengan desain industrial hingga rustic. Trimdek juga efisien dalam pemakaian volume kebutuhan material.

Pemakaian jangka panjang

Bagaimana perbedaan spandek dan trimdek dari segi ketahanan? Mana yang lebih lama bertahan?

Nah, baik atap spandek maupun atap trimdek sama-sama punya ketahanan yang baik terhadap berbagai kondisi cuaca. Keduanya awet digunakan selama bertahun-tahun lamanya. Kedua atap ini juga tidak mudah rusak selama penanganannya tepat.

Semoga bermanfaat qhomelovers. Belanja semua kebutuhan atap semua hanya di supermarket bangunan qhomemart. Beli secara daring melalui whatsapp kami di 0811-2863-773

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini